Manta Point, Taka Makasar, Pulau Kalong – Kepulauan Komodo

Meski tujuan utama hoping island kepulauan  komodo ini sudah kami lalui tapi tetap saja ada beberapa destinasi  menarik yang saya belum ketahui sebelumnya yaitu Manta Point, Taka Makasar dan Pulau Kalong.

Manta point ini sebenarnya adalah sekumpulan karang dimana disini kelihatannya cukup banyak plankton sehingga setiap harinya beberapa ikan manta atau ikan pari mencari makan berenang kesana kemari. Ikan Manta ini berenang di atas sehingga dari kapal pun kita bisa melihat dengan jelas.

Nah bagi yang mau mengejar manta sambil berenang bisa juga, asal didampingi oleh guide karena arusnya cukup kuat.

Tampak titik hitam diantara birunya laut

Bagi kamu yang masih penasaran bisa melihat video dibawah ini.

Dari manta point ini kami lanjut menuju ke taka makasar. Entah kenapa kok tempat ini dinamakan taka makasar, padahal taka makasar ini hanyalah gosong pasir yang cukup luas. Sebenarnya gosong pasir ini ngga terlalu lucu karena terlalu luas, saya pernah berfoto dengan gosong pasir yang cukup mungil di kepulauan karimunjawa. Mungkin hanya sekitar 10m saja, sehingga bila di foto menjadi tampak lucu karena seluruh pulau masuk didalam frame.

Nah akhirnya kami hanya foto-foto sebentar saja yang penting udah numpang eksis di taka makasar ini hehe.

Selepas dari Taka Makasar kapal berjalan santai sambil menunggu sore hari. Tujuan terakhir hari ini adalah pulau kalong. Dipulau ini kami bisa melihat ribuan kalong atau kelelawar terbang untuk mencari makan. Sayang mereka keluarnya sangat sore menjelang gelap sehingga foto tidak bisa terlalu bagus. Tetapi bila kamu melihat secara langsung maka akan tampak sangat indah dan langka peristiwa ini.

Kenapa bisa ada ribuan kalong bersarang di pulau ini? karena pulau ini mempunyai hutan bakau yang cukup luas dan lebat, sehingga kalong-kalong ini bisa bersembunyi pada siang hari.

 

View this post on Instagram

Apa yg kamu pikirkan setelah melihat foto ini? 🤔🤔🤔🤔🤔 . Lensa camera saya kotor? . Bukan 😁😁😁 . Ini adalah ribuan kelelawar yang sedang terbang pergi mencari makan. . Pulau Kalong, salah satu pulau unik yang ada di kepulauan Komodo. Bila saat matahari terbenam maka akan ada ribuan kelelawar atau kalong yang terbang keluar pulau untuk mencari makan. Mengapa bisa ada ribuan kalong disini? Karena ada hutan bakau yang cukup lebat yang bisa menjadi sarang mereka. Bila kamu ke kepulauan komodo jangan sampai terlewatkan atraksi sore hari ini. #pulaukalong #kalongisland #labuanbajo #komodoisland #sailing #alone #beach #beborneotour #cruise #adventure #backpackernusantara #holiday #sunset #SunRise #TravelBlogger #TravelBlog #AyoPiknik #wonderfulindonesia #indonesiadestination #instatravel #travelgram #IGTravel #ig_travel #komodotrip #kompasnusantara #indonesiantourism #indonesianpassport #photooftheday #PhotoStory

A post shared by Roda dan Roti Travel Blog (@rodadanroti) on

Bagi kamu yang masih penasaran bisa lihat videonya dibawah ini

Selepas menonton pertunjukan alami ini persis jam makan malam dan kapal pun bermalam disekitar pulau kalong ini.

Apakah perjalanan ini sudah berakhir? Tidak secepat itu Ferguso. Simak cerita saya selanjutnya ya. Tapi jangan lupa untuk subscribe Youtube saya dan Follow IG saya yah.

 

klik for info

Klik for info

klik for info

Klik for info

Klik for info

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *