Klenteng Sam Poo Kong – Semarang

Klenteng Sam Poo Kong, nama yang sudah tidak asing lagi kita dengar bila ke Semarang. Pasti orang yang kita ajak bicara akan bertanya “Sudah mampir ke Klenteng Sam Poo Kong?”.

Nah berhubung ini hari terakhir di Semarang, kita sempat-sempatkan berkunjung ke sini. Lokasinya disebelah barat kota Semarang, alamat resminya Jalan Simongan tetapi saat ini pintu masuk dan tempat parkir dirubah menjadi di jalan Kali Garang (Klenteng Sam Poo Kong berada di pojokan). Kurang lebih sekitar 4 km dari simpang lima. Dari jauh sudah terlihat dinding khas klenteng yang berwarna merah, dan begitu kita masuk pelataran parkir terlihat tulisan raksasa SAM POO KONG dari Stainless Steel.

Continue reading

Brown Canyon – Semarang

Ada satu tempat yang sebetulnya bukan obyek wisata di Semarang tetapi menarik dan layak untuk dikunjungi, terutama bagi yang doyan adventure atau wisata anti mainstream. Namanya Brown Canyon, terletak di Rowosari, Tembalang, Semarang Timur.

Sebenarnya Brow Canyon ini merupakan tambang batu yang ada di Semarang Timur. Tetapi sisa petambangan ini bentuknya unik dan menyerupai grand canyon yang ada di Amerika sana.

Continue reading

Pagoda Avalokitesvara Watugong – Semarang

Kalo ke Semarang via Jogja kita pasti melewati Vihara Buddhagaya Watugong atau ada yang menyebutnya Pagoda Avalokitesvara. Letaknya di Raya Semarang – Jogja, kalo kita dari Jogja Viharanya ada disebelah kanan. Agak sedikit luar kota emang, sekitar 45 menit dari pusat kota Semarang.

Continue reading

Waroeng Semawis alias Pasar Semawis Semarang

Kalau ke Semarang usahakan hari Jumat, Sabtu atau Minggu, karena di malam hari-hari tersebut kita bisa jalan-jalan santai ke Pasar Semawis. Waroeng Semawis, yang juga dikenal sebagai Pasar Semawis, merupakan pasar malam daerah Pecinan kota Semarang yang berkonsep kuliner dengan tenda-tenda yang menjajakan makanan/minuman dan lainnya.

Continue reading

Susan Spa Bandungan – Ambarawa

Kalo ke Ambarawa jangan lupa naik ke Bandungan, selain udaranya sejuk, pemandangannya juga bagus.

Salah satu tempat yang bagus untuk santai dan foto-fotoan yaitu Susan Spa di Bandungan, Ambarawa. Tapi disana bukan cuma ada spa lho hehehe tapi tempat peristirahatan semacam resort plus chapel. Nah yang menarik dan bagus tuh chapelnya. Modelnya unik, karena berada ditepi lereng gunung dengan pemandangan belakang lembah yang indah. Sedangkan didepan Chapelnya terdapat taman yang juga indah, ada beberapa sangkar burung dan ayunan, jadi sambil bersantai bisa menikmati indahnya panorama.

Continue reading

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa berletak di jalan Stasiun no. 1 Ambarawa. Kalo dari Jogja sekitar 2 jam perjalanan atau menempuh jarak sekitar 80 km. tapi kalo dari Semarang lebih dekat cuma sekitar 1 jam atau 38 km.

Yang dilihat disana tentu saja aneka lokomotif berbagai macam bentuk dengan berbagai usia, juga terdapat alat-alat langsir, aneka macam peralatan stasiun jaman dahulu. Tiket masuknya 10rb untuk dewasa dan 5 rb untuk anak.

Continue reading

Wisata Malam Yogyakarta

Kadangkala kita bingung terhadap wisata malam saat liburan. Masa mau tinggal dihotel saja tanpa beraktifitas. Nah waktu ke Jogja ini saya juga bingung, enaknya mau ngapain. Setelah pulang saya rangkum saja beberapa aktifitas malam hari di Jogjakarta yang bisa kita lakukan.

Continue reading

Hutan Pinus Mangunan – Jogjakarta

Hutan pinus Imogiri – Jogjakarta masih satu lokasi dengan Kebun buah Mangunan dan Goa Gajah. Untuk rute menuju kesini bisa dibaca di Kebun Buah Mangunan. Saat menuju ke Hutan Pinus ini agak bingung sebetulnya karena dari jauh sudah banyak pohon pinus di kanan kiri jalan, tapi dimana parkirnya? akhirnya jalan terus. Ternyata di tengah jalan terlihat lahan parkir yang cukup luas, rupanya disinilah pusat segala kegiatan dan kegembiraan.

Continue reading

Goa Gajah, Dlingo – Yogyakarta

Goa gajah? Bukannya Goa Gajah adanya di Bali? ya pertama kali saya dengar juga rada-rada heran. Sebenarnya Goa gajah ini ngga masuk dalam itinerary holiday saya, tapi saat pulang dari Kebun Buah Mangunan dan tanya jalan pulang ke Jogja pada satpam, saya malah di tawari datang ke Goa Gajah. Ya sekalian saja wong sudah sangat dekat. Ternyata cuma 20 menit dari Kebun Buah Mangunan udah sampe.

Lokasinya terletak di dusun Lemahbang, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul cuma kalo mau kesini acuannya ya kebun buah Mangunan itu (baca post Kebun Buah Mangunan). Ternyata tempat ini masih betul-betu deso so so banget, belum di poles secara apik. Mau parkir saja bingung dimana, mungkin biasanya pengunjungnya pake motor semua. Padahal cuma saya satu-satunya pengunjung saat itu, akhirnya parkir didepannya gapura persis. Saya disambut oleh seorang bapak penjaga sekaligus guidenya untuk diantar masuk.

Continue reading

Kebun Buah Mangunan Bantul – Jogjakarta

Salah satu wisata alternatif di Jogjakarta adalah kebun buah Mangunan, Dlingo, Bantul. Tapi sebenarnya lebih dekat dengan Imogiri. Untuk menuju kesana cuma 21km dari Jogja atau sekitar 45 menit-an. Dari Jogja cari saja rute ke makam raja-raja Imogiri, bila sudah sampe ke sana berarti jalan anda sudah benar hehe, tinggal sekitar 3-4 km lagi sampe. Kebun buah ini sudah lama sebenarnya ada kata orang sudah mulai tahun 2003 an, tapi terus terang saja saya baru dengar sekarang hahahaha. Cukup membayar 5rb/orang kita sudah bisa masuk ke dalam. Dari pintu masuk kita masih harus berjalan cukup jauh dan sedikit naik melewati beberapa lokasi parkir hingga sampai disebuah rumah yang bisa jadi kantor dari kebun buah Mangunan. Sebenarnya mobil dan motor masih bisa naik lagi tetapi saya lihat jalannya sangat curam, sehingga saya memutuskan parkir disini saja dan jalan kaki naik menuju anjungan pos pantau sekalian melihat-lihat pemandangan.

Continue reading