10 Lokasi di Jawa dan Madura yang mirip wisata di Luar Negeri

Mungkin sudah banyak yang membahas lokasi wisata di Indonesia yang mirip dengan Luar Negeri, tapi taukan kamu bahwa sebenarnya di Jawa dan Madura saja ada banyak lokasi yang mirip dengan luar negeri.

Lokasi ini sebagian besar sudah saya datangi dan nikmati.

  1. Mungkin belum banyak yang tau kalo ada suatu wilayah di Turki yang bernama Goreme, disana seluruh kota terdiri dari lubang-lubang yang menyerupai goa. Nah ternyata di Madura juga ada tuh tempat yang mirip dengan Goreme, Turki. Lokasinya terletak di Bukit Jaddih, Bangkalan Madura. Disana merupakan petambangan kapur yang menyerupai bukit yang hingga sekarang masih aktif digali. Nah ada beberapa lokasi yang sudah tidak bisa dimanfaatkan dan sisanya berupa lubang-lubang yang menyerupai goa. Sepintas ngga jauh beda bila kita berfoto seperti di goa di Goreme, Turki.

    bukit jaddih vs goreme turki
    Goreme Turki ala Bukit Jaddih Bangkalan
  2. Tau yang namanya Hutan Bambu Sagano di Jepang yang sangat terkenal? Kalo belum tau coba googling deh hehehe.
    sagano surabaya
    Hutan Bambu Surabaya

    Di Surabaya ada juga hutan bambu yang mirip dengan Sagano Jepang. Tepatnya bedara di samping terminal angkot keputih, sukolilo, Surabaya. Dulunya tempat ini adalah lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, berhubung TPA di Surabaya sudah pindah ke Benowo maka sekarang oleh Bu Risma tempat ini dimanfaatkan sebagai taman. Salah satunya adalah Hutan Bambu ini. Tapi jangan lupa setelah dari Hutan bambu ini sekalian mampir ke Taman sakura yang berada di seberang jalan atau dibelakang terminal keputih.

  3. Sungai amazon berada di pacitan? benar hehehe sensasi menyusuri sungai menggunakan perahu layaknya di sungai amazon amerika ini bisa kamu rasakan di Pacitan tepatnya di sungai maron. Disana kamu akan diajak menyusuri sungai selama 20 menit menuju muara yaitu pantai pasir besi, setelah sampai dan bosan bermain di pantai kamu akan diantar kembali ke dermaga dititik kamu berangkat. Disepanjang sungai dapat dilitah hutan dan pohon kelapa yang berjejer disepanjang sungai.

    sungai kali maron pacitan
    Sungai Maron Pacitan
  4. Salah satu tempat jujugan wisata di amerika yaitu Grand Canyon yang berupa tebing-tebing tinggi berwarna coklat. Kalo Cuma buat foto-foto saja rasnya ngga usah jauh-jauh ke amrik, disemarang juga ada lho namanya brown canyon letaknya di Tembalangan Semarang timur. Sebenarnya lokasi ini adalah tempat tambang sirtu, tapi ada beberapa lokasi yang rasanya keras dan dibiarkan apa adanya sehingga menyerupai tebing-tebing. Kalo ke sana jangan musim hujan karena tanah menjadi lumpur. Hati-hati terhadap truk super besar yang bersliweran di area tambang.

    Brown canyon semarang
    Grand Canyon ala Semarang
  5. Pengen ke Sahara tapi takut mati kepanasan dan tersesat? Datang saja ke Jogjakarta, di sebelah pantai parangtritis yang terkenal seantero jagad ini ada yang namanya Gumuk Pasir. Konon Gumuk pasir ini satu satunya gurun pasir yang ada di Indonesia. Disana kamu bisa merasakan sensasinya berada di gurun pasir persis seperti aslinya karena bila siang sangat panas dan bila malam sangat dingin. Lokasi ini sering dijadikan manasik haji dan prewedding. Oh ya bila kalian tau Video clip nya Agnes Mo Godain aku dan HiFi Orang ke 3 beberapa adegannya dibuat di gumuk pasir lho.

    Gumuk pasir parang kusumo
    Gurun Sahara ala Gumuk Pasir-Jogja
  6. Kalo kamu tau Petra yang berada di Jordania dan punya cita-cita pergi ke sana, ada baiknya datang dulu ke Bukit bedel Arosbaya-Bangkalan, Madura. Meskipun disana ngga ada pahatan berbentuk istana tapi lorong-lorongnya bisa dibilang mirip dengan perjalanan menuju Petra , Jordania. Kalo dating kesana usahakan siang menjelang sore karena sinar matahari membuat pahatan di bebatuan berwarna keemasan. Sama seperti yang sudah sudah lokasi ini sebenarnya tambang batu yang sudah berpuluh-puluh tahun ditambang sehingga menyisakan lorong-lorong batu yang sudah tidak bisa ditambang lagi.

    Bukit bedel aremata arosbaya
    Bukit Bedel Arosbaya yang mirip Petra Jordania
  7. Temple of Heaven memang berada di China sana tapi di Surabaya ada kembarannya lho. Berada di area kenjeran baru disebelah klenteng sanggar agung duplikat Temple of Heaven ini berada. Biasanya diadakan beberapa acara disana seperti imlek, atau merayakan bulan purnama.

    Temple of heaven kenjeran
    Temple of Heaven Kenjeran
  8. Bila sudah ke Temple of Heaven di Kenjeran sekalian saja kamu mampir ke Bangkok, cukup jalan kaki hahahaha. Ya benar di sebelah utara dari Temple of Heaven ini ada Budha 4 wajah yang lebih besar dari yang ada di Bangkok Thailand. Persis didepan pintu masuk klenteng Sanggar Agung. Budha 4 wajah ini juga merupakan yang terbesar diIndonesia dan sudah masuk rekor MURI
  9. Bila ke Vietnam dan China kita pasti antar ke gua yang besar dengan stalaktit dan stalakmit yang mengantung dan menonjol dari tanah dengan sorotan lampu warna warni yang indah. Tetapi jangan keliru, di Indonesia ternyata juga ada lho, tepatnya di Goa Gong Pacitan, dan merupakan goa yang terbesar di asia tenggara. Pemandangan didalamnya ngga kalah dengan yang ada di Vietnam, malah lebih besar.

    goa gong warna warni
    Goa Gong Pacitan
  10. Untuk melihat pagoda yang tinggi dan besar biasanya kita harus ke Taiwan karena disana ada pagoda yang terkenal besar. Tapi di semarang juga ada lho pagoda yang tinggi dan besar. Pagoda Avalokitesvara yang terletak di watugong semarang ini sudah dicatatkan di MURI sebagai Pagoda terbesar diIndonesia saat ini. Jadi yang pengen lihat pagoda besar cukup datang ke Semarang.

    Pagoda Avalokitesvara Semarang
    Pagoda Avalokitesvara Semarang

Tulisan ini sudah diterbitkan di www.phinemo.com pada 18 Agustus 2015

 

klik for info
Klik for info
klik for info
Klik for info
Klik for info

 

4 thoughts on “10 Lokasi di Jawa dan Madura yang mirip wisata di Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *