Syarat Pembuatan Paspor Kantor Imigrasi Giant Margorejo dan Kantor Imigrasi Waru

Membuat paspor baru memang sudah direncanakan jauh-jauh hari karena paspornya mau dipakai bulan April sedangkan masa kadaluarsa hanya sampai bulan Agustus. Niatnya sebenarnya daftar via online, tapi berhubung anak saya libur hari raya Rabo Abu jadinya dadakan saja perpanjang paspornya alias datang langsung. Maunya sih coba daftar di Kantor Imigrasi yang ada di Giant Margorejo (Maspion Square). Malam hari sudah survey duluan ke sana. Ternyata apa yang saya baca lewat beberapa blog yang ada, sudah berbeda semua aturan mainnya.

Dulu Kantor Imigrasi Giant Margorejo berada dilantai 2, sekarang ternyata sudah pindah ke bawah, tepatnya persis disamping eskalator pintu utama yang dulu ditempati stand sepatu Bata. Jadi saat ini kantor Imigrasinya sudah punya pintu sendiri menghadap parkiran sebelah barat. Nah jadi kalo dulu bukanya mengikuti jadwal buka mall sekarang kantor imigrasinya buka mulai pukul 7 pagi dan antriannya sudah dibuka mulai pukul 5 subuh. Beberapa teman ada yang menyarankan supaya titip “absen” saja pada pak satpam, jadi ngga usah datang subuh, cukup saat kantor buka. Tapi ternyata sekarang udah ngga bisa πŸ˜€ satpamnya pada ngga berani, karena dikaca kantor udah ditempel kertas yang diprint yang tertulis “TIDAK MENERIMA NOMER URUT DARI ORANG LAIN” hehehe setelah saya cari info katanya ada beberapa satpam yang diberhentikan karena menjadi “calo” dikantor Imigrasi Giant.

Setelah tau semua trik akhirnya diputuskan besoknya bangun pukul 5 pagi, plus bawa bekal untuk dimakan dijalan. Tapi ternyata ALARM SAYA NGADAT sodara-sodara, pukul 5:45 saya baru bangun, alhasil sampe Giant Margorejo pukul 6:30 dan ternyata sudah abis nomer antriannya 😦 (Di Kantor Imigrasi Giant Margorejo cuma dibatasi 90 pemohon tiap harinya). Sekedar info, mending parkir dulu aja diluar, kalo udah pasti dapat nomer baru masuk. Saya kena PHP pak satpam, suruh masuk, saya udah tanya katanya ada-ada. Eh begitu udah ambil tiket, istri saya balik katanya udah abis. Terpaksa bayar 5 rb padahal cuma lewat aja 😦

Show must go on, karena anak saya cuma libur hari ini, kalo ditunda besok bakalan harus ijin. Akhirnya pake plan ke 2 (padahal asli ngga ada itu plan ke 2 dalam pikiran kami), yaitu mengejar yang di Kantor Imigrasi Kelas 1 Waru. Pukul 7 kami sudah tiba di kantor Imigrasi Waru. Parkir mobil sekarang cukup luas, ada gudang selisih 2 rumah dari Kantor Imigrasi yang dipakai sebagai tempat parkir mobil, bayar 10rb.

Nah ternyata di kantor Imigrasi Waru pun aturan juga sudah berubah. Penerimaan berkas TIDAK DIBATASI, yang dibatasi hanya waktunya yaitu berkas masuk terakhir maksimal pukul 10 pagi. Saat saya datang yang antri sudah sekitar 100 orang lebih. Antrian cukup teratur saya lihat karena petugas yang bernama Pak Prie cukup tegas namun sabar dan banyak memberikan info pada pengunjung.

Tepat pukul 7:30 kantor dibuka, antrian dibagi menjadi 3 bagian yaitu antrian datang langsung / walk in, antrian daftar on line dan antrian manula diatas 65 tahun. Jadi masuknya bergantian diantara 3 antrian itu. Sebelum mendapatkan formulir semua pengunjung dicek satu persatu apakah semua berkas sudah dibawa dan dipersiapkan, terutama berkas aslinya. Kalo udah lengkap semua baru kita dapat nomer antrian sesuai cara kita datang dan map berisi formulir yang harus diisi. Kode A sekian adalah untuk manula, kode B sekian adalah untuk yang datang langsung dan kode F sekian adalah yang datang menggunakan jadwal online.

Nah tunggu saja sampai mbelenger dan berharap jangan sampai kena waktu istirahat pukul 12:00-13:00. Kami nyaris saja kena jam makan siang, untung setelah pukul 11 antrian manula dan online udah abis sehingga antrian walk in jalannya cepat dan pukul 11:30 akhirnya dipanggil juga masuk. Jangan takut saat masuk, karena petugasnya sekarang rata-rata masih muda dan nyantai, proses wawancara pun hanya sekedar formalitas apalagi bila kita sudah punya paspor. Jangan lupa untuk mengisi form permohonan pengembalian paspor lama kita, sudah disediakan oleh imigrasi tinggal isi dan tanda tangan kok.

Setelah foto dan scan jari kita mendapat kupon untuk membayar di BNI cabang mana saja dan setelah 3 hari kerja paspor bisa diambil di loket pengambilan di depan.

Persyaratan permohonan paspor:

  1. KTP
  2. KSK
  3. Akte lahir / surat nikah / ijasah (SD/SMP/SMA) / surat baptis
  4. SBKRI (Surat Bukti Kewarganegaraan RI) bila diperlukan
  5. Surat ganti nama (bila diperlukan)
  6. Surat ijin / rekomendasidari instansi bagi TNI / PNS / POLRI / BUMN
  7. Paspor lama (bagi pemohon penggantian)
  8. Surat kehilangan dari Kepolisian setempat bila permohonan

Semua persyaratan harus dilampirkan surat aslinya beserta 1 lembar fotocopy ukuran A4, untuk KTP harus diperbesar dan kertas A4-nya jangan dipotong. Untuk paspor yang difotocopy adalah halaman depan yang ada fotonya dan halaman belakang yang ada keterangan nomer paspor lama kita (dibuat dalam 1 lembar A4).

Untuk paspor anak (dibawah 18 tahun) persyaratannya:

  1. Surat pernyataan dari orang tua diatas meterai (surat diberi oleh pihak imigrasi, kita tinggal isi dan pempel meterai)
  2. KTP kedua orang tua dan fotocopynya masing-masing
  3. KSK (Kartu Susunan Keluarga) dan fotocopynya
  4. Paspor lama (bila ada) dan fotocopynya
  5. Paspor orang tua dan fotocopynya (Syarat ini tidak ditulis di kantor imigrasi, tetapi kenyataannya diminta)
  6. Harus didampingi oleh orang tua

Semua surat harus difotocopy diatas kertas ukuran A4, jangan lupa bila anak dan orang tua habisnya bersamaan maka berkas anak dan orang tua syarat fotocopynya sendiri-sendiri. Jadi misal KTP orang tua harus fotocopy 3x untuk ayah, ibu dan anak. Begitu juga untuk KSK dan paspor lama.

Sebenarnya kalo dipikir-pikir meskipun kita nunggu antrian sampai bosan tetapi yang lebih kasihan itu petugas foto / wawancaranya, karena dalam sehari pemohon paspor itu bisa sampai 500-700 pemohon dan biasanya mereka baru selesai bekerja itu sore / malam hari. Saya tanya pada tukang majalah kalo kantor imigrasi sering baru selesai setelah pukul 19:00.

Untuk pengajuan paspor online bisa membuka https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml

Bila antrian terlalu lama dan ingin ditinggal, saat ini info antrian sudah memakai sistem online jadi dari mana saja dapat dipantau apakah antrian hampir mendekati nomer kita. Buka saja http://surabaya.imigrasi.go.id/infoantrian/ otomatis nomer antrian akan terlihat realtime.

Info tambahan:

  1. Pemohon harus hadir sendiri dan harus ada saat nomer dipanggil, bila tidak ada nomer hangus dan harus antri lagi.
  2. Tidak ada yang namanya denda karena paspor hangus, karena begitu paspor habis masa berlaku maka pengajuan paspor kembali seperti saat tidak mempunyai paspor cuma syaratnya disertakan paspor lama. Jadi bila paspor kadaluarsa, buat saja saat baru diperlukan.
  3. Paspor sudah kadaluarsa atau sudah tidak bisa digunakan 6 bulan sebelum masa kadaluarsa yang tertulis di paspor habis. Jadi bila pada paspor tertulis habis masa berlaku bulan Desember, maka bulan juli kita sudah tidak bisa menggunakan paspor itu untuk ke luar negeri.
  4. Sebelum kadaluarsa kita tetap diperbolehkan memperbarui paspor, misal kadaluarsa bulan Desember maka bulan April pun kita sudah diperbolehkan memperbarui paspor.
  5. Usahakan semua berkas sudah lengkap saat datang karena bisa jadi bila fotocopy dilokasi antrian sangat panjang dan kemungkinan lebih mahal.
  6. Meski KTP diluar daerah, pembuatan paspor bisa diperpanjang / dibuat di kanim mana saja.
  7. Pembayaran paspor dapat dilakukan di semua cabang BNI dengan membawa surat pengantar dari kantor Imigrasi yang diberikan setelah foto dan wawancara. Pengambilan paspor bisa dilakukan 3 hari kerja setelah melakukan pembayaran.
  8. Bila lupa membayar paspor dan sudah terlewat dari 7 hari sebaiknya kembali ke meja wawancara yang dulu diduduki dan tanya apakah berkasnya masih ada dan belum hangus. Solusi ada pada meja tersebut bisa tetap bayar ataukah harus mengulang dari awal (info saya dapat dari loket informasi).
  9. Bila sudah pernah membuat paspor dan paspor lama secara fisik sudah hilang bertahun-tahun yang lalu, bila hendak membuat paspor lagi harus tetap melampirkan surat kehilangan dari kantor polisi meski hilangnya dirumah.
  10. Sudah bukan jamannya urus paspor pake calo, karena toh sangat mudah, cuma sediakan saja waktu 1 hari. Karena toh mau ngga mau kita harus datang untuk foto dan wawancara meski memakai calo sekalipun.
  11. Sedikit akal-akalan agar orang tua kita tidak terlalu lama antri.Β  Coba cek daftar antrian online pada pukul 8:30 di http://surabaya.imigrasi.go.id/infoantrian/ , nah bila grup A terlihat sedikit (dibawah 50) langsung saja datang ke Kanim Waru (Pastikan sebelum pukul 10) dijamin sebelum pukul 12 (waktu istirahat makan siang) orang tua anda sudah selesai.

Bagi yang mau mengajukan e-paspor biayanya 600rb sedangkan untuk paspor biasa 48 halaman adalah 300rb masih ditambah 55rb untuk biometrik dan 5rb admin bank.

Saya terus terang tidak terlalu tertarik dengan adanya e-paspor karena belum ada rencana perjalanan ke negara yang bisa mendapat fasilitas e-paspor. Mungkin bagi saya yang mungkin adalah ke Jepang, dan bila diitung-itung harga visa Jepang dengan selisih harga E-paspor adalah hampir sama, sedangkan pada saat saya apply awal bulan Februari ini e-paspor sedang ada kendala dimana paspor baru jadi sekitar 1,5 bulan lagi atau sekitar pertengan bulan Maret, itupun bila tidak molor. Padahal paspor sudah akan digunakan bulan April, jadi rasanya tidak worth it.

tata tertib pembuatan paspor

Sebelum datang pastikan sudah sesuai aturan

kantor imigrasi waru

Pak Prie, petugas yang mengatur antrian agar tertib

 

antrian imigrasi waru

Antri untuk masuk ruangan

loket penomeran imigrasi waru

Loket tempat meminta nomer urut

informasi antrian kantor imigrasi surabaya

Informasi nomer antrian berapa yang dipanggil

 

informasi panggilan kantor imigrasi waru surabaya

Informasi dimeja berapa kita duduk

nomer urut dan formulir paspor gratis imigrasi waru

Nomer urut dan map berisi formulir permohonan paspor

formulir permohonan paspor

Formulir permohonan paspor

permohonan paspor ruang tunggu

Ruang tunggu ber AC dan tersedia mineral gelas

masjid di kantor imigrasi waru

Bila hendak sholat tersedia Masjid dibelakang

 

warung di kantor imigrasi waru surabaya

Bagi yang lapar tersedia warung disebelah Masjid

 

fotocopy di kantor imigrasi waru

Usahakan jangan salah, karena pagi hari biasanya fotocopy antri

persyaratan permohonan paspor online

Prosedur paspor online

alur permohonan paspor online

Alur permohonan paspor online

 

syarat izin keimigrasian untuk WNA

Syarat permohonan ijin keimigrasian WNA

bukti pengantar pembayaran paspor

Bukti pengantar pembayaran paspor untuk Bank BNI

bukti bayar paspor untuk bukti pengambilan

Bukti pembayaran paspor dari BNI

loket pengambilan paspor imigrasi waru surabaya

Loket pengambilan Paspor

gambar di paspor

Akhirnya dapat juga paspor baru dengan latar belakang gambar yang indah

Nah semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan, ayo rame-rame buat paspor masa kalah sama TKI? bagi yang malas buat paspor sebaiknya baca artikelnya Prof. Rhenald Kasali

UPDATE:

Ternyata Kantor Imigrasi Giant juga tidak terlalu istimewa karena ternyata hasil pengalaman saudara saya yang tgl 24 Maret 2016 menggunakan layanan di Kantor Imigrasi Giant Margorejo ini ternyata agak sedikit kacau. Pengambilan nomer urut berdasarkan kita menulis dikertas yang ditempel dikaca pintu, tetapi ada orang yang iseng/nakal mengganti kertas tanpa sepengatahuan pengantri sehingga orang yang datang sekitar pukul 3 subuh dan sudah mendapat nomer 7 namanya tidak tercantum lagi.

Setelah petugas datang, urutan kembali diacak sehingga terjadi keributan kecil dengan pemohon yang akhirnya pemohon sendiri yang kembali mengurutkan sesuai nomer antrian.

Karena meja yang hanya 2 buah maka layanan lebih lambat dibandingkan dengan Kantor Imigrasi Waru. Sebagai acuan saudara saya datang pukul 5:20 mendapat nomer 42 dan baru masuk pukul 11:45.

Saat ini kanim Waru pindah ke Graha Pena Surabaya

Update April 2017:

Mohon cerita diatas jangan dijadikan acuan karena setiap periode ada perubahan tata cara pembuatan paspor sesuai aturan yang berlaku.

Pengumuman imigrasi giant margorejo

Pengumuman yang ditempel dipintu kaca

Susana imigrasi giant margorejo surabaya

Suasana diruang tunggu kantor Imigrasi Giant Margorejo

kuota kantor imigrasi giant margorejo surabaya

Layar antrian

buku cara mudah dan murah ke hanoi vietnam

brosur wp

ShopBack

Iklan

70 thoughts on “Syarat Pembuatan Paspor Kantor Imigrasi Giant Margorejo dan Kantor Imigrasi Waru

  1. Belum ada rencana ke luar negeri sih. Tapi dari sini cukup tau lah tata cara mengurus paspor. Ribet juga ya ternyata mas 😦

    Salam kenal dari Gresik

    Disukai oleh 1 orang

    • Kalo menurut saya rasa ngga ribet, jauh lebih mudah daripada jaman orde baru yang harus pake calo. Kalo ada dana cobalah mengurus paspor mulai sekarang, ke Luar negeri sekarang sudah sangat murah dan mudah. Tiket pesawat ke Malaysia saja kalo promo bisa cuma 500rb udah PP. πŸ™‚

      Suka

      • Iya pak. Semoga bisa ke Luar negeri secepatnya…paling nggak ke negara tetangga dulu lah ya. heheh. Terimakasih saran dan infonya.

        Disukai oleh 1 orang

  2. mau tanya nih

    apa bisa ya ganti ke epaspor dari paspor biasa di imigrasi waru ? sedangkan paspor biasa yg saat ini dimiliki itu masa berlakunya masih panjang (diterbitkan thn 2014 dan sisa 3 tahun lagi )

    terima kasih

    Suka

    • bisa pak, cuma rugi karena baru dipake 2 tahun udah dihanguskan. Btw kalo cuma ke jepang kenapa ngga apply visa saja? rasanya harganya bakal sama dengan apply Epaspor. kecuali Pak Joko mau bolak balik ke Jepang.

      Btw saat ini Imigrasi waru katanya pindah ke Grahapena kalo ngga salah coba dicek

      Suka

      • Mas permisi numpang tanya kebtulan kasus saya sama, kalu bisa tau kira2 brp harga upgrade e-paspor dari paspor biasa? kalau harga apply visa berapa? buat jaga2 sapa tau harus bolak balik… Terima Kasih mohon pencerahan.

        Suka

      • Ngga ada istilah uprade. Jadi kalo mau ya paspor lama dihanguskan diganti epaspor. Biayanya ya harga buat epaspor. Visa bukan ngurus di imigrasi tapi di kedutaan negara yang akan dituju. Jadi tiap negara mempunyai kebijakan tersendiri mengenai harga visa.

        Suka

  3. apakah bisa mengambil no antrian tanpa orangnya langsung? jadi orang tua saya akan mengurus passport, bisa tidak saya antri pagi kesana lalu pada saat akan dipanggil untuk wawancara dsb baru orangtua saya datangkan, bisa seperti itu? agar orang tua tidak lama antrinya, kasihan sudah tua.

    Disukai oleh 1 orang

    • Rasanya bisa, cuma lansia biasanya antrinya paling cepet. kalo rumahnya jauh takutnya ngga nutut baliknya. mending ortunya datang tapi ngga ikut antri jadi duduk saja didalam langsung. Kalo ngga salah sekarang Imigrrasi waru pindah ke graha pena

      Suka

    • bisa diwakilkan tapi sebelum kantor buka harus yang bersangkutan datang. Kalo bisa jangan ditinggal karena takutnya ada yg nakal kertas diganti.
      kl mau save ya sekitar pukul 5 pagi sudah dimasukkan. Ada yg pkl 4 sudah nulis dikertas

      Suka

  4. Selamat sore mas.. apakah bisa bikin Paspport Di surabaya kalau kartu penduduknya dari nusa tenggara Timur. .kartu penduduk saya sudah electrick.. katanya klau kartu penduduk sudah electric, bisa bikin Paspport atau buka bank di mana saja. Apakah itu benar.

    Suka

  5. Artikel yang bagus dan sangat membantu.
    Juga, saya mau tanya, untuk pembayaran di bank BNI, karena sy tidak memiliki atm BNI, apakah di sekitar kantor imigrasi waru maupun giant margorejo ada teller bank BNI? Terimakasih

    Disukai oleh 1 orang

  6. Pak.Jadi pengambilan formulir,pengembalian ,foto jga wawancara itu satu hari pak ya?Mau perpanjangan soalnya.Karena di thun 2011,foto dan wawancara dilakukan di hari lain.Jadi hari pertamanya cm isi formulir dan pengumpulan aja.

    Suka

  7. FYI, untuk yang tanya apa bisa pakai KTP biasa (belum E-KTP)
    jawabannya tidak bisa,
    kemarin saat saya antri ada yang pakai KTP biasa malah dimarahin oleh petugasnya.
    Harus E-KTP,
    kalau belum ada E-KTPnya harus bawa surat pernyataan sudah rekam data (bisa minta di kecamatan)

    Suka

  8. Bantu jawab untuk yg e-ktp belum jadi.
    Tetap bisa membuat paspor dengan cara: e-ktp yg belum jadi tersebut diganti dengan surat keterangan dari kecamatan. (biasanya diberikan saat kita proses pengajuan e-ktp, diberikan sebagai ganti e-ktp yg belum jadi).
    Surat tersebut juga di fotokopi dan dibawa aslinya sebagai syarat, selain KK, Akte dll..
    demikian yang saya ketahui.

    Suka

  9. Saya dengar untuk pengajuan paspor harus ada surat keterangan kerja ya? Meskipun di syarat2 pengajuan paspor tidak dicantumkan tapi tetap diminta. Apa benar?

    Suka

  10. Terimakasih Infonya, sangat bermanfaat
    Alhamdulillah kemarin saya sudah melakukan perpanjangan passport di kantor Imigrasi Waru.
    info untuk yang tinggal di gresik dan sekitarnya : telah dibuka kantor imigrasi gresik, tempatnya didekat terminal bunder, daerah pasar ikan

    Disukai oleh 1 orang

  11. Pls info, daftar online papor baru utk anak usia 15 thn apakah perlu melampirkan kartu pelajar / tidak, mengingat di kartu pelajar tdk mencantumkan periode masa berlaku.
    Tq..

    Suka

  12. Sangat sangat kecewa mengurus paspor di sini. .mohon kalau memang ada persyaratan tambahan di cantumkan agar persyaratannya bisa di lengkapi sebelumnya sehingga saya tidak rugi waktu karena sudah antri dari pagi dengan meninggalkan pekerjaan saya. .kalau memang ada persyaratan tambahan mohon di cantumkan hitam di atas putih . .pas masuk harus memenuhi persyaratan tambahan padahal saya sudah melengkapi persyaratan hitam di atas putih. .terima kasih sebelumnya untuk pihak terkait agar memperhatikan kepentingan orang lain juga. .jangan birokrasi di buat jadi mainan pihak2 yg tidak bertanggungjawab akhirnya di politisi. .

    Disukai oleh 1 orang

  13. Toling tanya, jika alamat ektp saya berbeda dengan alamat di kk, apakah tidak masalah? Atau harus update data ektp dulu supaya sama dengan alamat di kk? Terima kasih.

    Suka

  14. Kalau nama ortu beda ejaan penulisan gmn y? Misal di kk “kasdu” tp di ijazah “kasdoe” msh tetap bisa atw perlu srt keterangan tambahan?

    Suka

  15. Saya punya Paspor lama yang sudah kadaluarsa th. 2015 dan paspor bikin di bali. Apa masih bisa diperpanjang setelah 2 th kadaluarsa dan apa bisa diurus di surabaya bila paspor dari bali?? Tapi, KTP saya asli surabaya. Thanks

    Suka

  16. Saya mau bikin paspor baru. Enaknya bikin di kanim Waru atau Giant ya? Saya takut kalo gak kebagian nomer urut kalo datangnya gak terlalu pagi. Soalnya saya musti ijin tdk masuk kerja.
    Apa beda dan keuntungan pakai online ya? Apakah gak usah ambil nomer antrian lagi? Atau kemungkinan lebih besar dapat nomer urutnya?
    Mohon diberi petunjuk ya. Terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

    • Sekarang sama aja harus pagi pagian. Kemarin ada teman yang kasih review bahwa di kanim waru juga dibatasi 150 orang saja.Saat ini online sedang tidak bisa, aturannya sering berubah ubah. Harus selalu update.
      Dahulu pake online lebih sedikit antriannya dibanding go show.
      Bila ngga mau antri harus datang ke kanim Gresik yang antriannya tidak sepanjang di kanim Surabaya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s