Suroboyo Carnival Night Market

Lebaran 2014 warga Surabaya seakan mendapat hadiah tempat wisata baru, Suroboyo Carnival namanya. Terletak dibelakang Korem / Gedung Golkar jl. Ahmad Yani Surabaya. Jalan masuknya melalui frontage road jl. ahmad yani yang menuju kearah pintu tol juanda. Lokasi parkir sebenarnya cukup luas tapi kalo sampe mbludak bisa parkir di depan/luar. nanti ada bus yang wira wiri antar jemput ke lokasi.

Sebenarnya Suroboyo Carnival ini sudah mulai buka tgl 28 Juli tapi karena ruameee dan bikin macet jadinya sama polisi akhirnya dilarang buka. Tapi entah kenapa keputusannya maju mundur alhasil ada yang bilang buka ada yg bilang ngga bisa masuk karena udah ditutup jalannya sama polisi.

Karena dirumah ngga ada tujuan jadinya tgl 31 juli kemaren untung-untungan aja dateng ke Surabaya Carnival jam 16 kurang. Eh ternyata buka, parkir masih ada lumayan banyak. Untuk mobil parkir bayar 5rb/sekali masuk. Setelah cari parkir langsung aja menuju pintu masuk utama, ternyata belum buka dan yg antri masuk bejubel banget. Untungnya loket ngga rame. Untuk tiket terusan bisa dibeli di loket 1 seharga 150rb dan tiket masuk saja seharga 20rb ada di loket 2. Emang ribet jadinya karena saya beli 3 tiket terusan dan 2 tiket masuk saja.

Beda tiket terusan (gelang) dan tiket masuk saja

Tepat pukul 16 pintu masuk dibuka, untung pada lumayan tertib meskipun umpel umpelan tetap ngga sampe rusuh. Pertama masuk sebenarnya agak bingung karena peta yang ada rasanya ngga terlalu membantu, mbulet. Ya udah dari pada pusing dan buang waktu liat peta mending ngikut arus aja. Pertama melewati food court yang ada panggungnya tapi kita ngga masuk, trus ada kampung arab yang isinya rasanya makanan dan toko-toko, juga melewati kampung china yang isinya juga sama toko2 aja cuma dihias dengan ornamen china. Abis gitu sampai di belokan yg ada patung oscar besar. Nah kalo sudah sampai disitu jangan lupa brenti karena disana ada wahana pertama yang super wajib dikunjungi. Nama wahananya Art & Wax House dipeta tertulis dilokasi no 24.

Suasana sebelum pintu dibuka

Untuk pengunjung dengan gelang/terusan free, tapi untuk yg ngga punya gelang harus beli tiket dengan harga  25rb/ orang. Isinya lucu dan menarik, kita bisa foto2an dengan lukisan 3D yang seakan2 muncul dari tembok atau lantai yang dilukis seakan2 kita berada di jurang yang dalam. Jangan lupa baca aturan dan contoh cara fotonya supaya hasilnya bisa maksimal. Ada juga patung lilin seperti madam tussaud yang terkenal itu, tapi menurut saya tidak mirip sama sekali dan cenderung mirip banci semua 😀 😀 😀

Suasana dalam Art & Wax House

Keluar dari wahana itu kita jalan lagi kearah dalam dan ternyata menuju lapangan yg besar dimana sekelilingnya banyak wahana permainan dengan beberapa tempat disampingnya terdapat foodcourt. Langsung aja mulai hunting mencari permainan yg ngga terlalu panjang antriannya. Untung masih sore jadi ngga terlalu panjang-panjang antrinya karena masih belum banyak yg masuk ke dalam.

Sekitar jam 18 an cari makan disekitar kaki ferrish wheel. Ada bakso, Pangsit mie, Nasi koloke dll. dari yang saya lihat rata-rata harga makanan termurah 20rb hingga 40-50rb an. Sedangkan minuman dari 5rb an yaitu mineral water botol sampe 10rb an yaitu teh botol kemasan. Oh ya cara beli makannya pake kartu seperti ATM, diisi sejumlah uang minimal 50rb dengan uang jaminan kartu 10rb, nanti kartunya digesek ke counter dimana kita beli dan saldo kartu berkurang. Sisa saldo dan uang jaminan bs diambil di dekat pintu keluar nantinya. Yang udah pernah makan di BNS atau Eat n Eat Surabaya pasti ngerti deh.

Abis makan mulai berburu wahana lagi dan ternyata pengunjungnya udah pada titik puncak, jadinya antri 1 wahana bisa 1 jam sendiri X_X udah gitu ada beberapa wahana yang rasanya kurang siap beroperasi, seperti wahana uber uberan (sepeda angkasa), gondal gandul (kursi ontang anting) terlihat beberapa kali macet jadi antrinya tambah puanjangggg. Akhirnya sy lihat wahana gondal gandul ditutup.

Lucunya semua istilah disini pake bahasa suroboyoan sepertu pintu keluar / masuk ditulis metu / mlebu. Juga nama-nama wahananya pake bahasa suroboyoan sepeti munyer serr, sepor-seporan, rumah kinclong dll. Harga rata-rata setiap permainan 15rb an.

Suasana Suroboyo Carnival dan Rumah Lampion dari atas

jangan lewatkan juga beskop 360, sebelum masuk kita digiring per 15 orangan dibawa ke greenscreen untuk disuruh gaya seperti memekik merdeka / senang. nantinya pose kita ditampilkan di akhir tayangan beskop nya. jadi jangan lupa ekspresinya yg mantap karena kita diperbolehkan merekam (foto/video) didalam beskop.

Ada juga beberapa mobil kuno dari museum angkut yang dipajang disana bisa buat foto-an. Juga taman lampion, persis seperti BNS cuma lebih sedikit isinya.

Berhubung mental ngga mau rugi jadinya bertekad ngga pulang sebelum lokasinya tutup hahahaha. Sampai pukul 11.40 setelah turun dari wahana terakhir baru jalan menuju pintu keluar, eh ternyata lewat 1 wahana yang masih buka dan belum sempat dinaiki tadinya karena antri panjang, setelah tanya petugas dan katanya itu putaran terakhir, cepat2 kita masuk ke sana 😀 padahal beberapa wahana sudah mulai mematikan lampunya.

Suasana pintu keluar pada saat pukul 24

Sampai dekat pintu keluar jangan lupa untuk refund kartu makan kita. Ternyata sampe diluar parkiran sudah sepi tinggal beberapa mobil saja yg masih ada. 😀 😀

Catatan :

Setelah dihitung untuk tiket terusan pada saat kondisi high season, kita harus  mulai pukul 16 dan keluar  pada saat mau tutup pukul 24 agar bisa untung. Kalo ngga suka antri mending pake tiket satuan aja karena saya hitung dengan kondisi yg saya ceritakan saya hanya untung sekitar 25rb-40rb saja. Itu saja masih banyak permainan/lokasi yang tidak sempat kita kunjungi karena waktu yang terbatas, kecuali low season mungkin sangat menguntungkan pake tiket terusan.

Ada skuter bagi yang ngga kuat jalan bisa disewa seharga 100rb/ 3 jam

Follow Instagram kami di RodaDanRoti

Brosur Suroboyo Carnival klik gambar untuk memperbesar

Peta Suroboyo Carnival klik gambar untuk memperbesar

Daftar harga Suroboyo Carnival klik gambar untuk memperbesar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s