Belajar Ke Luar Negeri Pertama Kali (Singapore)

Untuk yang belum pernah ke Luar Negeri biasanya tujuan pertama yang murah dan mudah adalah Singapore, apalagi bagi yang mau menjadi pejalan mandiri atau istilah kerennya backpacker.

Sekedar diketahui bahwa untuk negara Asean kita tidak memerlukan Visa untuk memasuki negara tersebut, cukup dengan tiket pulang pergi di tangan dan paspor kita sudah bisa memasuki negara-negara di Asean. Sebenarnya selain negara Asean ada juga negara lain yang bebas visa bagi WNI jumlahnya cukup banyak ada sekitar 20 an negara dan yang paling akhir saat ini yaitu Jepang yang membebaskan WNI untuk masuk tanpa Visa.

Karena judulnya mengenai Singapore jadi yang dibahas bagaimana bisa ke Singapore dengan cara hemat dan selamat versi Roda dan Roti  😀 mengapa saya memilih Singapore? karena Singapore adalah negara yang paling dekat dengan Indonesia, teratur dan aman sehingga mudah bagi yang belum berpengalaman dan semua tujuan bisa dicapai dengan menggunakan MRT dan Bus.

Pertama yang harus dilakukan adalah apakah anda punya Paspor? bila jawabannya TIDAK maka harus buat paspor terlebih dahulu. Caranya ada 2 macam, bisa dengan versi online atau versi langsung datang ke kantor Imigrasi. Untuk yang versi online bisa buka web imigrasi indonesia di https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml sedangkan cara lainnya bisa datang ke kantor imigrasi terdekat yang ada di kotamu. Untuk wilayah Surabaya bisa datang ke kantor Imigrasi yang ada di Waru atau yang paling baru dan nyaman ada di Maspion Square lantai 1 (Giant Margorejo Surabaya). Yang pasti saat ini layanan Imigrasi sudah sangat maju, kita tidak perlu pake calo. Bila persyaratan sudah lengkap maka paspor bisa kita miliki cuma kurang dari 1 minggu. Syarat ketentuan dan biaya silahkan buka http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan

Nah kalo paspor sudah ditangan maka step berikutnya adalah tiket pesawat. Saat ini banyak promo-promo tiket pesawat murah antara lain Air Asia, Tiger Air, CitiLink dll. Biasanya secara berkala mereka akan promo tiket murah dibeberapa tujuan. Untuk itu kita mesti pintar-pintarnya memasang mata dan telinga karena biasanya maskapai tersebut memasang iklan di beberapa media misal di surat kabar antara lain Jawa Pos, Kompas dll. atau di sosial media seperti Twitter Facebook atau Instagram mereka. Jadi sebaiknya kita juga like atau follow sosmed mereka. Bisa juga kita masuk di grup perjalanan yang ada di facebook karena biasanya teman-teman grup akan memberikan info bila ada promo tiket murah.

Bila ada promo segera booking tiket bila memang tertarik, karena tiket promo biasanya sangat terbatas bisa jadi dalam hitungan jam tiket tersebut sudah habis ditiap penerbangan pada tanggal-tanggal favorit. Ingat untuk mendapatkan harga termurah kita hanya akan membeli tiket saja, bila ada tawaran asuransi perjalanan, memilih tempat duduk, bagasi atau makanan selama proses pembelian saran saya DIABAIKAN atau DITOLAK, kecuali tidak ada pilihan karena harusnya memakai koper kabin size saja bawaan kita bakal lebih dari cukup jadi kita tidak perlu beli bagasi.

Tiket termurah yang pernah saya dapatkan untuk Surabaya-Singapore PP sebesar 550 rb/ orang

tiket murah singapore tiger air

Tiket Tiger Air Mandala Surabaya Singapore PP untuk 2 orang

Setelah mendapat tiket maka step berikutnya adalah mencari tempat penginapan. Ada banyak cara untuk tidur hemat di Singapore yaitu dengan :

  • Sewa Apartemen, banyak orang Indonesia yang mempunyai apartemen yang di sewakan harian/kamar, dengan sewa apartemen anda bisa menghemat makan pagi/malam. Karena di apartemen biasanya kita bisa meminjam perlatan masak pada yg punya apartemen. Biasanya setiap apartemen dijaga oleh seorang yang berasal dari indonesia juga (PRT). Nah kita misa minta ijin sama si mbak untuk memakai dapurnya untuk masak nasi, goreng telur/sosis yang bs dibeli di minimarket atau bisa juga bawa keringan dari indonesia. Jangan lupa untuk mencuci setelah memakai karena biasanya semua harus self service.
  • Tidur di Dorm, yang dimaksud dorm disini adalah hostel/losmen dimana 1 kamar besar yang diisi oleh 6 tempat tidur atau bahkan lebih. Biasanya terdiri dari kamar laki atau kamar perempuan, tetapi ada juga yang 1 kamar diisi oleh laku dan perempuan. Jadi silahkan pilih mana yang sesuai dengan anda. Perhatikan aturan yang ada disana sebelum booking, karena kebanyakan dorm tidak menerima anak dengan usia dibawah 12 tahun. Dengan memilih tidur di dorm berarti privasi anda akan terbatas, jadi sebelum booking silahkan hitung dulu plus minusnya.
  • Ada beberapa media pertemanan yang bisa diikuti salah satunya adalah couchsurfing yaitu media dimana kita bisa mendapatkan tumpangan tidur diseluruh dunia dengan free. Tetapi CS ini susahnya kita harus pandai bergaul dan memerlukan referensi yang menyatakan kl kita layak untuk mendapatkan tumpangan. Semakin banyak referensi kita semakin mudah kita dipercaya untuk mendapatkan tumpangan.

Sudah menentukan tempat tinggal kita selama di Singapore? step berikutnya adalah menunggu hari H 😀

Jangan lupa untuk menggunakan pesawat kita harus tiba di bandara minimal 1 jam sebelum waktu keberangkatan karena kita harus check in tiket, antri imigrasi dan antri masuk pesawat. Saat ini masih diberlakukannya airport tax, jadi pada saat check in kita akan diminta membayar sejumlah uang biasanya sekitar 150 rb. kedepannya airport tax akan jadi satu dengan harga tiket, jadi sudah tidak perlu bayar lagi.

Sampai di bandara Changi Singapore kita harus menuju ke Terminal 2, jadi misal kita turun di T3 atau T1 maka carilah train/MRT yang bisa mengantar kita ke T2. Nah dari T2 ini baru kita bisa meggunakan MRT untuk keluar bandara.

Sekedar info saja bahwa setelah keluar pesawat bisanya ada beberapa telopn umum yang bisa dipakai, nah keunggulan telpon umum ini adalah bisa digunakan secara gratis ke semua lokasi di singapore (telpon rumah) jadi bisa memberi kabar ke apartemen/teman bila kita sudah sampai di Changi.

Untuk menggunakan  MRT bisa dengan 3 jalan :

  1. Membeli EZlink, kartu ini adalah kartu sakti selama di Singapore, harganya SGD 12, dimana harga kartunya SGD 5 dan isinya SGD 7 (kartu tidak bisa dikembalikan). Bisa di top up dimana saja dengan minimal SGD 10 dan  harus mempunyai isi minimal SGD 3  untuk bisa digunakan. Umur dari kartu ini 5 tahun, jadi bila tahun ini dipakai dan anda pulang ke Indonesia maka bila 3 tahun lagi anda ke Singapore maka kartu ini tetap bisa dipake selama isi masih ada. Kartu ini juga bisa di pake untuk naik bus dan masuk Sentosa Island. Kartu perdana ini dijualnya di kantor informasi yang ada didekat pintu MRT
  2. Membeli tiket sekali pake, tiket ini dijual secara selfservice. Biasanya disetiap pintu masuk MRT ada mesin seperti ATM yang nempel di tembok, nah disana kita bisa beli tiket sekali pake dimana kita harus memasukkan tujuan kita dimesin, nantinya akan keluar nominal yang harus kita bayar, setelah memasukkan uang akan keluar tiket sekali pake  tersebut. Untu kartu ini kita harus deposit SGD 1 dmana setelah sampai tujuan kartu ini bisa dikembalikan ke mesin dengan memilih menu return deposit, nanti uang deposit akan keluar dari mesin.
  3. STP, yaitu Singapore Tourist Pass. Kartu ini memberlakukan sistem waktu, jadi selama waktu tertentu kartu ini bisa dipakai secara tak terbatas baik naik MRT maupun bus sudah free. Untuk pass 1 hari (24 jam) seharga SGD 10, 2 hari (48 jam) SGD 16 dan 3 hari (72 jam) SGD 20. Kartu ini mulai berlaku semenjak jam pembelian. STP ini mengunakan sistem deposit sebesar SGD 10 dan akan dikembalikan bila kartu yang sudah kadaluarsa anda kembalikan. Maksimal pengembalian kartu STP adalah 5 hari dari pembelian, selebihnya tidak bisa dikembalikan dan menjadi kartu EZlink biasa Lokasi pembelian biasanya beda dengan loket EZlink. Untuk di bandara Changi T2 pembelian STP card ini berada dibawah eskalator. Jadi bagi anda yang baru ke Singapore dan berjalan seperti kutu loncat naik turun MRT pindah banyak lokasi dalam 1 hari sebaiknya membeli kartu ini.

Jangan lupa pada saat membeli kartu MRT, anda juga harus meminta peta MRT karena dengan peta itu anda tidak akan tersesat.

Peta MRT Singapore

Peta MRT Singapore, klik untuk memperbesar

Cara membaca peta MRT kita harus melihat posisi kita saat ini ada dimana. Misal kita berada di Changi dan akan menuju ke Bugis maka yang harus diperhatikan start awal dari Changi semua pasti akan menuju ke MRT Tanah Merah.

Peta MRT Singapore 2

Dari Changi semua harus ke Tanah Merah dahulu

Setelah itu kita HARUS TURUN (kalo ngga kita bakal balik lagi ke Changi 😀 ), dari Tanah Merah misal tujuan kita Bugis maka kita cari Bugis ada dimana. Ternyata bugis ada di line hijau/biru. Karena Tanah merah juga berada di line Hijau berarti kita 1 jalur. Nah cara baca petanya kita harus perhatikan setiap ujung line. Misal line hijau ujungnya adalah Pasir Ris dan Joo Koon, karena Bugis diantara Tanah Merah dan Joo Koon maka kita harus mencari pintu yang tujuannya Joo Koon karena setiap tujuan MRT yang tertulis adalah tujuan akhirnya.

Satu contoh lagi, misal kita sudah di Bugis dan ingin ke Harbour Front. Karena Harbour Front line ungu dan bugis line hijau maka kita harus mencari persimpangan ungu dan hijau yaitu Outram Park. maka kita harus menuju ke Outram Park. Karena Outram Park berada diantara Bugis dan Joo Koon maka kita harus menuju MRT arah Joo Koon, nanti sampai Outram park kita turun dan pindah jalur ungu. Nah kebetulan Harbour Front berada di ujung line ungu maka kita tinggal cari yg tujuan Harbour Front. Ingat selalu perhatikan nama lokasi ujung line warna anda karena di MRT Station tidak ada tujuan Orchard, Clarke Quay, Little India dll, yg ada selalu tujuan akhir seperti Harbour Front dan Punggol (ujung line ungu), Jurong East dan Marina Bay (jung line merah), Pasir Ris dan Joo Koon (ujung line hijau), Marina Bay dan Harbour Front (ujung line orange), Chinatown dan  Bugis (ujung line biru).

Peta MRT Singapore 2 copy2

Studi Kasus 2 dari Bugis menuju Harbour Front

Ingat selama kita tidak keluar pintu, meski kita tersesat kita tidak akan bayar lagi cuma habis waktu karena putar-putar keluar masuk MRT.

Yang harus diperhatikan adalah Singapore adalah negara yang teratur dan taat hukum, jadi anda tidak boleh melanggar aturan yang ada atau terkena denda. beberapa contoh aturan yang harus diperhatikan :

  1. Jangan pernah merokok di dalam MRT atau dalam ruangan, sebaiknya cari tau terlebih dahulu apakah boleh merokok atau tidak di kawasan tersebut.
  2. Didalam MRT selalu terdapat tempat duduk bagi orang tua, ibu hamil, orang cacat dan ibu membawa balita. Bila anda bukan bagian dari yang disebutkan tadi sebaiknya jangan duduk disana atau bakal menerima pandangan sinis orang-orang 😀
  3. Jangan pernah membuang sampah sembarangan, buanglah pada tempat sampah atau kantongi sampah anda sampai menemukan tempat sampah.
  4. Jangan makan minum didalam MRT
  5. Beri jalan orang yang keluar MRT terlebih dahulu baru setelahnya anda masuk, terdapat garis dilantai dimana orang yang mau masuk harus antri disamping pintu.
  6. Bila naik eskalator/lantai berjalan yg ada di MRT station biasakan selalu berdiri disisi kiri karena sisi kanan diperuntukkan bagi orang yang mau menyalip kita.
MRT singapore

Beberapa aturan di MRT Singapore

Bila sudah lolos sampai tahap ini dan berhasil mencapai hotel dengan selamat maka saatnya berkeliling Singapore dengan menggunakan MRT, dibawah ini saya rangkum beberapa lokasi favorit di Singapore dan bagaimana menuju kesana.

Merlion Park (Patung Merlion)
1.Keluar dari MRT Raffles Place menyebrang jalan dengan naik jembatan penyebrangan yg berupa toko.
2.Keluar dari MRT Esplanade naik beberapa tingkat melalui toko-toko bawah tanah yg cukup panjang.

Gardens By The Bay
Keluar dari MRT Bayfront

Universal Studios
Keluar dari MRT Harbour Front naik lantai 3 di Vivo City Mall

Singapore Flyer
Keluar dari MRT Promenade

St. Andrew’s Cathedral
Keluar dari MRT City Hall

CHIJMES
Keluar dari MRT City Hall atau MRT Bras Basah

Mustafa Centre
Keluar dari MRT Farrer Park

Untuk lokasi lainnya biasanya namanya sudah sesuai dengan MRT Stationnya seperti Chinatown, Little India, Clarke Quay, Orchard dll.

Uniknya Singapore adalah negara yang super maju, semua lokasi sudah dijangkau oleh Google Map 3D sehingga sebelum kita pergi ke Singapore pun kita sudah bisa mengintip suasana tempat yang bakal dikunjungi oleh kita, beberapa contoh lokasi yang saya berikan sebagai contoh adalah:
St.Andrews Cathedral, CHIJMES, Patung Merlion, Orchard.

Nanti penampakannya akan seperti ini:

peta singapore

Penampakan Google Map 3D Merlion Park

Salah satu keunggulan Singapore adalah kita bisa minum secara gratis karena disetiap lokasi terdapat water tap yaitu kran air minum yang airnya bisa langsung kita minum tanpa perlu dimasak. Jadi kita tidak perlu kuatir kehausan karena tidak punya uang untuk membeli minum, hanya perlu membawa botol saja. Pada saat air kita habis  kita tinggal mengisi botol tersebut atau minum ditempat.

singapore watertap

Singapore Water Tap, air minum yang bisa langsung diminum

Untuk makanan darurat yang murah kita bisa membeli menu nasi lemak, biasanya itu menu termurah dengan harga sekitar SGD 2-2,5 atau nasi instant di 7/11 (seven eleven) yaitu mini market seperti alfamart atau indomaret. Biasanya mini market di Singapore menyediakan layanan air panas gratis atau microwave yang bisa digunakan untuk memasak makanan instan yang sudah kita beli disana.

Beberapa Facebook fanpage dari berbagai Airlines:
1. AirAsia Indonesia
2. Tiger Air
3. Citilink
4. Garuda Indonesia

Beberapa grup di Facebook juga anda ikuti sebagai salah satu cara menimba ilmu ke luar negeri atau liburan mandiri, antara lain:
1. Backpacker Dunia
2. Liburan Murah

Semoga tulisan ini bisa membantu kalian yang belum pernah keluar negeri / belum pernah ke Singapore.

Bila ada yang kurang sesuai semoga bagi yang lebih berpengalaman bisa memberikan komentar tambahan dibawah.

Follow Instagram kami di RodaDanRoti #rodadanroti

buku cara mudah dan murah ke hanoi vietnam

Iklan

6 thoughts on “Belajar Ke Luar Negeri Pertama Kali (Singapore)

  1. Ping-balik: Singapore – Universal Studios | Roda dan Roti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s