Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara

“May Day…. May Day…… May Day, pesawat Java Star bermesin ganda dengan tujuan Juanda International Airport mengalami gagal mesin, mohon bantuannya”

Berita diterima, silahkan landing, bantuan sudah dipersiapkan….”

Secuplik pembicaraan antara pilot Java Star dengan menara pengawas versi saya, karena aslinya udah lupa MCnya bilang nya gimana 😀

Semua traveler pasti sudah akrab dengan yang namanya bandara udara, malah yang sering bepergian pasti sudah mengenal bandara dari ujung kanan sampai ujung kiri.

Tetapi kita sebagai orang awam pasti taunya hanya sebatas kulitnya saja, mungkin jarang yang berpikir mengenai berbagai pekerjaan dan petugas yang ada di bandara, terutama yang menyangkut keselamatan penumpang.

Kita taunya cuma kalo udah kecelakaan maka yang menolong pasti tim SAR dan penyelidikannya dilakukan oleh KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi). Padahal untuk menghindari segala macam bencana dan kecelakaan, tiap-tiap bandara pasti sudah mempunyai prosedur baku yang akan diterapkan pada saat terjadi bencana atau kecelakaan pesawat.

Ternyata bandara di Indonesia ngga kalah hebat dengan luar negri, baik peralatannya, petugasnya maupun prosedurnya sudah sangat profesional, dan hebatnya lagi setiap beberapa waktu diadakan simulasi kecelakaan pesawat terbang, ancaman terorisme, kebakaran dan berbagai jenis ancaman yang ada di bandara, dan itu semua bakal dinilai apakah semua petugas sudah  sesuai dengan prosedur yang ada dalam menjalankan tugas penyelamatan tersebut.

Saya sendiri baru mengetahui ini semua setelah berkesempatan mengikuti acara tersebut. Selain menambah pengetahuan juga seperti masuk dalam film action, seakan-akan ada di universal studios hahahaha.

penangulangan bencana bandara 01

Simulasi Kopaska sedang menangani terorisme

Banyak yang dilatih atau disimulasikan, awalnya disinyalir ada gerombolan terorisme yang akan meledakkan bandara Juanda. Tetapi terorisnya akhirnya tertangkap dan dilumpuhkan. Ada juga yang berhasil lolos tetapi akhirnya berhasil ditembak mati oleh pasukan khusus. Bom ditemukan dan segera dilumpuhkan oleh pasukan gegana.

Eh ternyata cobaan masih berlanjut hotel transit yang berada di kawasan bandara ada yang terbakar salah satu kamarnya. Untungnya semua karyawan sudah siap dengan masing-masing tugasnya, ada yang membantu memadamkan, ada yang membantu evakuasi tamu, dan menenangkan tamu dll.

penangulangan bencana bandara 05

Simulasi penanganan kebakaran, evakuasi dan psikologis tamu hotel di bandara

Puncak dari simulasi adalah jatuhnya pesawat karena gagal engine, tim SAR dan regu pemadam kebakaran siap sedia untuk penyelamatan. Dibantu dari berbagai pihak. Ternyata Team Pemadam kita ngga kalah hebat dengan yang biasa kita lihat di film-film hehehe. Selain peralatannya sudah sesuai standar international juga petugasnya sudah terlatih sesuai SOP.

penangulangan bencana bandara 02

Simulasi Team Pemadam Kebakaran dan Evakuasi Penumpang

Hanya dalam hitungan detik setelah pesawat jatuh, Team Pemadam sudah tiba dilokasi dan melakukan penyelamatan. Ada yang berusaha memadamkan api, ada yang membuat tenda darurat untuk relokasi penumpang. Ambulance juga secara sigap membantu membawa penumpang yang membutuhkan pertolongan pertama ke Rumah Sakit. Tidak ketinggalan Heli dari Tim Basarnas wira-wiri membawa korban yang membutuhkan penanganan cepat.

penangulangan bencana bandara 03

Simulasi persiapan team kesehatan dan BASARNAS

Juga disimulasikan ada beberapa korban jiwa yang jatuh ke danau, untuk itu tim SAR berusaha mencari dan meng-evakuasi korban-korban tersebut.

penangulangan bencana bandara 04

Simulasi pencarian korban jiwa yang tenggelam

Penanganan bencana telah sesuai prosedur. Semoga kejadian yang asli tidak pernah ada ya. Salutnya meski tidak pernah ada kejadian,  Tim Penyelamat harus selalu siap sedia 24 jam.

Setidaknya dengan tulisan ini kita sebagai traveller tau kalo ternyata bandara di Indonesia sudah sangat profesional dalam menangani segala macam bentuk bencana dan kejahatan terorisme.

Iklan

One thought on “Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s