Gua Pote, Bukit Jaddih – Bangkalan

Kali ini saya berpetualang ke pulau Madura, tujuan awal adalah Gua Pote. Gua Pote adalah bahasa Madura yang artinya adalah Goa Putih, mengapa disebut goa putih?

Gua Pote terletak di Bangkalan Madura, tepatnya berada di Bukit Jaddih. Disana sebetulnya adalah pertambangan kapur atau bukit kapur yang sangat luas. Tetapi tambang kapur itu kelihatannya milik beberapa orang atau perusahaan pertambangan. Nah bisa jadi wisata gue pote ini kapurnya sudah habis tergali sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi sehingga akhirnya digunakan sebagai obyek wisata.

Sebenarnya ada apa sih di sana? 😀  Saat ini disana terdapat sebuah kolam renang, keunikannya kolam renang tersebut berada di sebuah lembah yang dikelilingi oleh dinding / bukit kapur yang masih terus berproduksi. Gimana ngga unik, kolam renang dengan air yang bening dan melimah tetapi di atasnya bersliweran truk-truk yang besar mengangkut potongan kapur berbentuk bata dengan pekerja yang terus memotong batu kapur di beberapa lokasi.

Untuk menuju ke Gua Pote dari arah Surabaya kita harus melewati Jembatan Suramadu dahulu. Terus saja berjalan sampai mentok belok kiri, nanti saat ada pertigaan belok kiri kembali kearah jalan desa (kalo ke kanan ntar ke bebek sinjay hahaha), terus saja ikuti jalan itu sampai mentok baru belok kanan. Nah kalo udah belok kanan jalan saja sekitar 2km nanti ada gang kecil belok kanan kita masuk saja. Jalannya cukup kecil hanya seukuran 1 mobil sehingga bila ada mobil dari arah depan salah satu harus mengalah. nanti ada portal yang di jaga oleh anak-anak muda bayar saja 2rb untuk sekali masuk dan jangan heran semua pungutan ini tanpa ada tanda terimanya ya. Setelah masuk nanti baru kelihatan pegunungan kapur yang sangat luas.

peta ke gua pote bukit jaddih bangkalan madura

Peta Google Map dari Suramadu ke Gua Pote, Bukit Jaddih

Sekarang terserah kalian mau berenang atau hanya melihat dari atas saja. Kalo mau masuk ke kolam renang kita harus bayar lagi. Berapa bayarnya? teorinya 1 orang bayar 7,5rb dan mobil 10rb tapi kemaren saya tawar masuk rombongan tanpa bayar parkir mobil, dan lagi-lagi tanpa karcis resmi. Setelah masuk nanti mobil akan turun dan parkir persis disebelah kolam renang 😀

pintu masuk gua pote bukit jaddih bangkalan

Loket/pintu masuk ke kolam renang Gua Pote

Jadi keluar mobil langsung bisa renang sepuasnya  Ada seluncuran untuk anak dan guyuran air dari timba yang diisi air. Kedalaman kolam hanya sekitar 1 m saja sehingga aman untuk anak-anak. Untuk sepeda motor dapat berteduh di dalam gua-gua yang terdapat di sekeliling kolam renang.

Panorama Gua pote bukit jaddih bangkalan

Kolam renang Gua Pote dengan air yang jernih

Ada tempat untuk ganti baju dan beberapa penjual jajanan disana jadi jangan kuatir. Air kolamnya sangat jernih karena itu air tanah yang langsung di pompa keluar dari perut bumi. Air gunung kapur beda dengan air tanah pada umumnya, biasanya sangat jernih karena tidak terkontaminasi oleh tanah.

Bila sudah puas bermain air bisa naik ke atas menuju ke pertambangan kapur. Untuk ke atas ini sementara gratis, tetapi ada beberapa lokasi yang dipungut bayaran karena beda pemilik rasanya. Jadi terserah mau lanjut atau hanya melihat lokasi yang dekat-dekat saja.

Gunung kapur bukit jaddih

Pemandangan dari atas Kolam Renang

Berada di Gunung kapur ini sangat berdebu dan berbahaya sebetulnya terutama di lokasi bagian atas karena banyak truk bersliweran juga medannya yang curam, apalagi banyak jurang dengan ketinggian puluhan meter sehingga bila membawa anak disarankan sangat berhati-hati.

Udah siang tadi gara-gara terlambat bangun jadi berangkatnya kesiangan. Laper, mampir dulu ke bebek sinjay ah hahaha…. 😆

brosur wp

Iklan

3 thoughts on “Gua Pote, Bukit Jaddih – Bangkalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s