Waroeng Semawis alias Pasar Semawis Semarang

Kalau ke Semarang usahakan hari Jumat, Sabtu atau Minggu, karena di malam hari-hari tersebut kita bisa jalan-jalan santai ke Pasar Semawis. Waroeng Semawis, yang juga dikenal sebagai Pasar Semawis, merupakan pasar malam daerah Pecinan kota Semarang yang berkonsep kuliner dengan tenda-tenda yang menjajakan makanan/minuman dan lainnya.

Berlokasi di kawasan Pecinan Semarang yaitu Jl. Gang Warung, Waroeng Semawis buka setiap hari Jumat hingga Minggu pukul 18.00 – 23.00 WIB, dan merupakan gagasan dari Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) yang bermula pada tahun 2004 saat diadakannya Pasar Imlek Semawis setelah diresmikannya Tahun Baru Imlek sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia.

Waroeng Semawis menjadi pusat jajanan kuliner yang terpanjang di daerah Semarang, dan berbagai macam hidangan khas Tionghoa, Oriental, ataupun Nusantara banyak disajikan di sana: mulai dari nasi ayam, es puter, bermacam-macam bubur dan kue, aneka snack, sate, dan berbagai macam menu unik lainnya.  Salah satu menu unik dan rasanya menjadi maskot Semawis adalah Jamu Jun. Bentuknya menyerupai sup rempah yang disajikan di dalam mangkuk, rasanya sedikit pedas dan konon bisa membuat badan segar dan tidak masuk angin.

Pasar semawis

Pasar Semawis dan Jamu Jun

Setiap akhir Minggu malam saat Waroeng Semawis digelar, beberapa jalan di Pecinan ditutup salah satu ujungnya, yaitu jalan Gang Besen, Gang Tengah, Gambiran, Gang Belakang, dan Gang Baru. Jalan-jalan tersebut dapat digunakan untuk parkir kendaraan pengunjung Waroeng Semawis.

Tak hanya itu, Waroeng Semawis juga membuka tenda khusus ‘karaoke jalanan’ yang dapat diikuti oleh siapa saja, dan umumnya dikunjungi oleh generasi senior ataupun lanjut usia atau yang fasih menyanyikan lagu-lagu Mandarin. Lantunan lagu Mandarin ini menambah suasana Pecinan  pada Waroeng Semawis ini.

Sayang saya tidak terlalu banyak dokumentasi di Semawis ini karena bingung memilih makanan yang akan dibeli. Terlalu banyak pilihan 😆

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s