Pagoda Avalokitesvara Watugong – Semarang

Kalo ke Semarang via Jogja kita pasti melewati Vihara Buddhagaya Watugong atau ada yang menyebutnya Pagoda Avalokitesvara. Letaknya di Raya Semarang – Jogja, kalo kita dari Jogja Viharanya ada disebelah kanan. Agak sedikit luar kota emang, sekitar 45 menit dari pusat kota Semarang.

Di Vihara ini ada pagoda yang konon merupakan Pagoda tertinggi di Indonesia dan udah masuk MURI lho. Pagoda ini mempunyai ketinggian 45 meter dengan 7 tingkat yang mempunyai makna bahwa seorang petapa akan mencapai kesempurnaan setelah melalui 7 tingkatan. Didalam pagoda, mulai tingkat 2 hingga 6 terdapat patung dewi Kwan Im yang menghadap ke 4 penjuru mata angin. Pada tingkat ketujuh terdapat patung Amitaba, yakni guru besar para dewa dan manusia.

Pagoda Avalokitesvara Semarang

Pagoda Avalokitesvara Watugong, Semarang

Sedangkan dipelataran terdapat patung Budha duduk dibawah pohon Bodhi. Biasanya pengikut Budha ke Vihara ini untuk melakukan ritual Tjiam Shi, yaitu meramal nasib dengan cara menggoyangkan botol bambu sehingga keluar 1 bilah bambu yang bisa diterjemahkan pada petugas.

Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang

Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang

Untuk masuk ke Vihara ini tidak dipungut biaya, tetapi bila mau menyumbang silahkan menghubungi petugas yang ada. Vihara ini buka mulai pukul 7.00 hingga 21.00. Asal kita  sopan, mengikuti aturan dan tidak berisik tidak ada yang melarang untuk datang ke tempat ini meski berbeda keyakinan.

brosur wp

agoda2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s