9 Macam Scam di Bangkok – Thailand yang sering dialami turis

Banyak orang takut ke Luar Negeri secara mandiri dengan alasan takut tersesat dan takut ditipu, tapi sebetulnya meski ikut tour tidak menjamin juga kalo kamu tidak ditipu atau bisa jadi malah ngga sadar kalo sedang di tipu. Biasanya penipu atau bahasa gaulnya scam melakukannya secara halus atau bahkan terang-terangan atau bisa jadi bukan penipuan tetapi secara tidak sadar kita memilih fasilitas yang mewah dan bagus tanpa diberi tau kalo ada opsi yang lebih murah.

Beberapa macam scam di Thailand, utamanya di Bangkok yang pernah saya tau atau bahkan pernah saya alami sendiri saat berkunjung di Bangkok:

Diajak bicara oleh orang asing

9 Macam Scam di Bangkok - Thailand yang sering dialami turis
MBK Mall di Bangkok

Beberapa kali saat saya sendirian menunggu keluarga berbelanja di sekitar MBK mall saya didekati seseorang yang mengajak berbicara. Dari gerak geriknya saja saya sudah tau kalo niatnya ngga baik. Berhubung saya ngga paham bahasa inggris sekalian saja pasang tampang bloon daripada ntar keterusan. Mungkin benar nasehat orang tua kita saat kita masih kecil “Jangan pernah bicara dengan orang yang tidak kita kenal”

Pemberi jagung dilapangan Sanam Luang

B Sanam luang scam by richardbarrow twitter
Merpati di lapangan sanam luang. Photo by Richard Borrow

Ada sebuah lapangan didekat Grand Palace yang sangat terkenal, yaitu sanam luang, disana kalian bisa melihat burung merpati yang begitu banyak. Agar merpati mau mendekat biasanya harus diberi makan dan penipu akan memberikan kita sekantung kecil jagung untuk di sebar. Jangan pernah menerima jagung tersebut karena nantinya kamu akan diminta membayar jagung tersebut dengan harga yang sangat mahal walaupun awalnya dibilang gratis.

Grand Palace tidak pernah tutup

Saat berkunjung ke Grand Palace biasanya kita berada disamping bangunan dan harus berjalan cukup jauh untuk sampai ke pintu masuknya. Nah biasanya penipu akan memanfaatkan turis yang belum paham situasi dengan mengatakan bahwa Grand Palace masih tutup, renovasi dan berbagai macam alasan dari pada menunggu lebih baik jalan-jalan dulu diantar dia ke tempat oleh-oleh atau tempat perhiasan secara free. Padahal aslinya Grand Palace tidak pernah tutup.

Taxi Boat menuju Grand Palace dan Wat Arun

Saat berada di dermaga Saphan Thaksin untuk menuju ke dermaga Tha Tien (Tha Tien Pier) harusnya ada public boat yang seharga 40 Bath tetapi bila kita tidak tau maka didepan pintu ada meja dengan tulisan Tourist Information yang menjual private boat dengan harga 180 Bath.

Foto dengan Ladyboy

B simoncabaretshow by maynard
Photo dengan ladyboy, selalu diapit kiri dan kanan

Thailand terkenal dengan Ladyboynya atau kalo bahasa Indonesianya “Banci Show”. Nah bisanya selesai pertujukan para penonton bisa berfoto dengan para pemain dengan memberikan tips pada pemain tersebut, scam yang umum di seluruh dunia dan kamu pasti tidak menyadarinya adalah bila kamu mendekati ke seorang pemain untuk meminta foto, pasti rekan pemain yang lain akan menempel disisi sebelah kamu sehingga saat memberi tips kamu harus mengeluarkan dobel tips scam model begini terjadi diseluruh dunia.

Taxi tanpa meter

Bila kamu hendak menggunakan taxi di Bangkok sebaiknya sebelum masuk, pastikan bahwa driver mau menggunakan meternya bila tidak sebaiknya batalkan saja dan tunggu taxi berikutnya. Memang susah mencari taxi yang jujur tetapi bila kamu tidak terburu-buru lebih baik sabar menunggu taxi yang mau menggunakan meter. Sebagai bayangan, saya dari MBK menuju ke bandara Don Mueang menghentikan 4 taxi baru mendapat driver yang mau memakai meter. Harga memakai meter adalah 170 Bath sedang harga tawar menawar adalah 300-400 Bath.

Sewa Motor

Bila kamu berencana jalan sendiri dan hendak menyewa motor atau jetair dan lain-lain, pastikan saat serah terima difoto dahulu barang yang akan disewa didepan pemilik. Bisa jadi penipu akan mempersoalkan motor yang penyok atau baret di motor itu dan meminta ganti rugi, padahal kondisi saat di sewa sudah begitu.

Patpong Sex Show

b Patpong by bangkok.com
Patpong Night Club by AsiaWeb

Hindari menonton Sex Show, biasanya di Patpong betebaran live sex show. Saat kamu berjalan akan ditawari dengan berbagai janji manis seperti gratis dengan hanya membeli beer dan lain-lain. Tetapi bisa jadi didalam kamu akan dilibatkan dalam show seperti meminjam barang atau banyak sekali kemungkinan yang ada dan kamu harus menebusnya dengan ribuan bath saat keluar.

Penukaran uang atau membayar pembelian

Saat menukarkan mata uang sebaiknya berhati atau catat nomer seri uang yang akan kamu tukar, karena bisa jadi penjual akan menukar uang kamu dan bilang kalau yang diberikan adalah uang dengan nilai lebih kecil.

Kesimpulannya:
Intinya kamu tidak usah ketakutan yang berlebihan, tetapi tetap waspada karena tidak semua orang disana adalah penipu dan penipuan bisa terjadi dinegara manapun bila kamu tidak waspada.

Tulisan ini sudah terbit di Phinemo.com

 

klik for info
Klik for info
klik for info
Klik for info
Klik for info

 

 

2 thoughts on “9 Macam Scam di Bangkok – Thailand yang sering dialami turis

    1. kl yg ladyboy itu saya udah siap om, cara ngelesnya siapkan aja uang pas. pas mau ditagih sy pura2 cari uang trus sy kasih aja 50 bath sambil bilang “sorry sorry…. no money again” sambil lari wkwkwkwkwk scam balas scam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *