Air Terjun Kakek Bodo – Tretes, Pandaan

Air terjun Kakek Bodo ini adanya udah puluhan taun, dari jaman Belanda udah ada, tapi herannya baru sekarang pertama kalinya saya  pergi sini, padahal jaman SMA udah ngga keitung berapa puluh kali tempat ini dilewati, tapi kok ya ngga pernah mampir.

Terletak di kawasan Tretes yaitu puncaknya Surabaya kalo orang Surabaya bilang hehehe. Setiap orang yang pergi dan pulang dari Tretes pasti mau ngga mau melewati tempat ini karena lokasinya memang diantara jalan menuju pusat hiburan di Tretes.

Untuk pintu masuknya ada 2, di sisi atas dan sisi bawah. Kebetulan waktu saya datang masuknya dari pintu yang sisi bawah. Tiket masuk cuma 10rb/orang ditambah karcis parkir mobil 5rb.

Untuk menuju ke air terjunnya sendiri kita harus berjalan cukup jauh, sekitar 700m dengan kondisi naik turun mengikuti jalan setapak. Tapi jangan kuatir, bila capek ada beberapa tempat duduk dan warung yang berjejer disepanjang jalan, lagian udaranya cukup sejuk jadi kalo capek jalan santai saja sambil menghirup udara yang segar ini. bagi yang bawa anak-anak bisa juga naik ayunan yang disediakan dibeberapa titik.

Dari jauh sebenarnya aliran air dari air terjunnya sudah tampak, tapi mungkin karena saya kesini musim kemarau jadi aliran airnya cuma seperti selokan ngga deras.

Sebelum sampai di air terjun, kita pasti melewati pesarean (makam) kakek bodo. Dimakam ini kita bisa membaca kisah mengenai kakek bodo ini.

makam pesarean kakek bodo pandaan

Makam Kekek Bodo

sejarah kakek bodo pandaan tretes

Sejarah mengenai Kakek Bodo

Tidak jauh dari makam ini air terjun berada, bila musim kemarau kita bisa berjalan diantara bebatuan yang berada ditengah-tengah sungai atau mandi dibawah air terjun. Cuma hati-hati karena disekitar air terjun banyak kera yang bermain diantara pengunjung, biasanya kera-kera ini mencari sisa makanan yang diberikan penunjung.

airterjun kekek boto pandaan yang terkenal

Air terjun kekek bodo

Bagi yang punya anak atau yang suka berenang di kakek bodo ini disediakan kolam renang juga dengan biaya masuk hanya 10rb/orang, letaknya didekat pintu masuk sisi satunya. Cuma ngga bisa banyangin dinginnya gimana hehehehe.

kolam renang yang ada di dalam kakek bodo pandaan

Kolam renang yang ada didalam area kakek bodo

brosur wp

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s