Taman Nasional Baluran

Setiap kali pergi ke Bali pasti saya lewat tempat ini, tapi hingga hari ini baru sekarang diniatin untuk masuk ke dalam Taman Nasional Baluran gara-gara pernah liat postingan teman.

Taman Nasional Baluran ini letaknya tidak terlalu susah mencarinya. Kalau dari Surabaya menuju Bali pasti selalu melalui tempat ini. Acuannya cukup mudah, kalau sudah didalam  hutan Bajul Mati persis setelah keluar hutan sebelum belok kanan itulah pintu gerbang Taman Nasional Baluran. Letaknya disebelah kiri jalan.

Harga tanda masuk 15rb/orang untuk hari biasa dan 17,5rb/orang untuk minggu / tanggal merah, sedangkan kalau membawa kendaraan roda 2  ditambah 7,5rb/kendaraan hari libur/minggu dan untuk roda 4 ditambah 15rb/kendaraan hali libur/minggu (lihat foto untuk detailnya).

Harga tiket masuk baluran

Harga Tiket Masuk Baluran

Dibaluran ini ada 2 titik wisata yang umum dikunjungi wisatawan yaitu bekol yang isinya padang savana dan pantai Bama tempat melihat pantai dan bersantai ditepi laut.

Dari Surabaya ke Baluran memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Setelah membeli tiket kita masih harus jalan lagi selama 45 menit atau sekitar 12 km. Pasti ada yng bertanya-tanya. “Ngga salah 12 km dilalui selama 1 jam?” 😀 Jawabannya tidak salah, karena jalan yang dilalui masih berupa jalan makadam sehingga mobil hanya bisa jalan 10km/jam kecuali kalo mobilnya mau direlakan untuk hancur dijalan hahaha…..

Baluran padang savana bekol

Salah satu sudut wajib foto di Bekol

Setelah melalui 12 km sampailah kami di Bekol dimana nanti disebelah kanan terlihat padang savana yang sangat luas. Mobil bisa parkir di pos Bekol selama kita foto-fotoan. Ada juga gardu pandang, dimana kita bisa naik untuk melihat savana dari atas.

Hati-hati selama berada di pos Bekol karena banyak monyet nakal berkeliaran dibawah. Kami sempat “kerampokan” sesaat turun dari mobil. Awalnya kami dengan santai membuka biskuit yang berada didalam plastik, tetapi begitu plastik terbuka dengan cepat ada monyet besar dari balik pintu yang “mencopet” plastik biskuit tersebut. Jadi bagi yang bawa makanan siap-siap saja makan didalam mobil atau terkena”rampok”.

Monyet di baluran bekol dan pantai bama

Keluarga monyet dipantai Bama dan monyet yang “merampok” bekal kami

Untuk menuju ke pantai Bama kita harus masuk lagi sedalam 2 km melalui tengah padang savana. Nanti ditengah padang savana sebelah kanan akan terlihat papan nama Bekol. Wajib hukumnya foto disana hahaha.

cara ke Taman nasional baluran

Salah satu papan nama yang bisa dibuat selvie

Jalan menuju ke pantai Bama ini juga berupa makadam. Setelah berjalan sekitar 15 menit sampai juga di Pantai Bama. Pantainya biasa saja, cuma sejuk karena banyak pohon yang rimbun ditepi pantai. Ada juga ayunan dibeberapa titik.

Awas dipantai Bama ini juga banyak monyet, bahkan bisa dibilang lebih banyak dari pos Bekol tadi. Kalo tadi di Bekol cuma satu keluarga, dipantai Bama ini rasanya bisa-bisa satu RT banyaknya.

Pantai bama baluran

Suasana di pantai Bama

Karena sudah siang dan mengingat untuk balik harus melewati satu jam perjalanan lagi maka sekitar pukul 15:00 kami sudah balik untuk menuju ke Watu Dodol – Banyuwangi.

Peta taman nasional baluran

Peta Baluran

buku cara mudah dan murah ke hanoi vietnam

brosur wp

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s