Pulau Menjangan, Pulau Tabuhan dan Rumah Apung Bangsring – Watu Dodol Banyuwangi

Setelah keluar dari Baluran kami sempat mencari hotel yang ada disekitar Watu Dodol. Memang hotel di watu dodol ini banyak yan tidak masuk di hotel online karena hanya berupa losmen sederhana saja. Setelah mampir di beberapa losmen akhirnya dapat juga yang termurah dan cukup layak huni karena ber AC dan mendapat breakfast meski toiletnya ngga ada air panasnya.

Hotel Tanjung Wangi, terletak dijalan Raya Situbondo 64 dengan telpon 0333-511.073. Kami mendapat harga 150 rb/kamar, lumayanlah kalo hanya untuk tidur saja meski springbednya agak sedikit kempos yang penting bisa untuk istirahat. Dibelakang hotel persis kita bisa melihat kapal ferry yang akan menyeberang ke Bali. Bila susah mencari hotel ini acuannya terletak persis disebelah anjungan Semen Gresik.

Hotel Tanjung Wangi watu dodol ketapang banyuwangi

Hotel Tanjung Wangi

Setelah mandi waktunya mencari makan malam. Sambil menyusuri jalan kami berjalan kearah penyeberangan ketapang. Sekitar 500 m sebelum pelabuhan ada depot “Warung Ketapang” terletak disebelah kanan. Alamat persisnya jalan Raya Situbondo 41, Ketapang. Untuk harga sedikit over price tapi rasanya memang enak dan mantap. Kami mencoba nasi Rawon Empal Gepuk dan Nasi Tempong Telur.

Nasi tempong warung ketapang

Nasi tempong telur dan price list warung Ketapang

Setelah makan sempat omong-omong dengan mas yang jaga disana, Mas Noviadi namanya. eh ternyata masnya juga suka jalan. Kami sempat mendapat banyak info dari masnya.

Pukul 8 pagi setelah sarapan dan bersiap sesuai rencana yang ada kami akan ke Pulau Menjangan, Pulau Tabuhan dan penangkaran Hiu.  Untuk menuju ke sana kami balik kearah Watu Dodol, tepatnya didesa Bangsring, kira-kira 500m dari patung penari Gandrung. Disana ada sebuah lokasi ditepi pantai dengan lapangan parkir yang cukup luas.

Untuk menuju ke Pulau Menjangan sebenarnya ada operatornya, tapi berhubung setelah tanya sana sini dan WA dengan beberapa marketing yang ada jawabannya selalu “ngga enak” dan lagi pula bulan lalu ada saudara yang pakai operator dimana rencananya pukul 8:00 sudah berangkat tetapi karena perahu kosong akhirnya baru berangkat pukul 10-11 an. Maka kami putuskan langung memakai tukang perahu yang ada disana saja tanpa lewat operator yang ada.

Setelah persiapan selesai pukul 8:30 tepat kami meninggalkan pantai untuk menuju ke Pulau Menjangan. Satu jam persis kami berlayar untuk mencapai Pulau Menjangan. Untunglah selat Bali dalam kondisi tenang setelah pagi harinya mendung dan gerimis. Pukul 9:30 tepat kami tiba di Pulau Menjangan yang terletak di Bali barat ini. Setelah membayar 25rb/orang kami sempatkan berfoto-fotoan di dermaga dan pantainya yang ngga kalah dengan maldive 😛 disana bisa juga duduk santai di gazebo atau bermain ayunan ditepi pantai sambil menikmati suasana.

Pulau Menjangan

Suasana di Pulau Menjangan

Cukup satu jam kami disana, pukul 10:30 kami melanjutkan naik perahu untuk snorkling di titik pertama. Cukup bagus juga underwaternya cuma masih kalah bagus dengan Karimunjawa. Kami disana sekitar 40 menit saja untuk melanjutkan berkeliling pulau.

snorkling di pulau menjangan

Snorkling di Cave Point

Kami sempat melihat Bat Cave disisi pulau. Diujung Pulau Menjangan sisi timur terdapat pura dengan patung Ganesha yang sangat besar. Jangan lupa untuk berfoto disana. Kami ngga turun cuma foto dari perahu dengan latar belakang pura Ganesha tersebut. Setelah berputar dan berada disisi utara pulau kami sempat mencoba kembali untuk snorkling di titik Coral Garden, tapi rupanya arus sangat kuat dan dasar lautnya cukup dalam. Akhirnya kami hanya sebentar disana untuk kemudian melanjutkan ke Pulau Tabuhan.

Bat Cave pura ganesha dan coral garden pulau menjangan

Bat Cave, Pura Ganesha dan Coral Garden

Pukul 13:15 kami tiba di Pulau Tabuhan. Berhubung sudah lapar kami buka bekal dahulu. Jangan lupa untuk bawa bekal makanan dan minum sendiri karena dipulau-pulau ini tidak ada yang menjual makanan dan minuman.

Pulau Tabuhan pasirnya putiiihhhh banget. Matahari bersinar sangat terik saat kami datang, untung ada gubug-gubug kosong sehingga kami dapat berteduh dan makan disana. Mungkin karena saat bulan puasa maka Pulau Tabuhan sangat sepi, layaknya pulau pribadi saja. Pasirnya putih dan air laut yang sangat biru, indah sekali.

pulau tabuhan 1

Pulau Tabuhan seperti pulau pribadi

Karena matahari yang terik, kami hanya sebentar saja disana. Setelah makan, foto dan bermain air sejenak langsung kami lanjut untuk ke Rumah Apung di tepi pantai Bangsring.

Karena rumah apung Bangsring menyediakan boat sendiri maka perahu kami tidak boleh mengantar ke rumah apung, jadi perahu kami mendarat dipantai barulah kami membeli tiket di loket yang ada. Hati-hati terhadap oknum yang nakal, karena daftar harga di loket tidak ada. Awalnya saat kami tanya harga perorang untuk menyeberang 5rb/orang tetapi setelah mereka tau bahwa kami hanya menyeberang dan tidak menyewa alat snorkling harga dinaikkan menjadi 10rb/orang. Kami sempat membantah dan akhirnya harga kembali turun menjadi 5rb/orang.

Dirumah apung bentuknya seperti keramba, jadi 1 kotak berisi ikan kecil-kecil dan satu dua ekor hiu, juga ada penyu. Sayang hiunya ngga mau difoto, lagian saat saya masuk ke keramba dijaringnya banyak kepiting kecil yang bisa gigit jari kita. Akhirnya cuma foto dari atas aja dah daripada susah-susah nyemplung. Lagi-lagi bagusan di Karimunjawa foto sama hiunya.

rumah apung bangsring penangkaran hiu bangsring

Rumah Apung Bangsring

Karena sudah pukul 15:30 kami segera balik untuk naik perahu kami kembali. Pukul 16 lebih kami tiba di titik awal berangkat. Untuk mandi dan bilas cukup bayar 3rb/orang. Oh ya, parkir dan orang harusnya bayar untuk masuk ke area ini, tapi tukang parkirnya korup jadi kami hanya bayar 5rb saja tanpa tambahan lain-lainnya. Syaratnya cuma tanpa tiket, kalo minta tiket harus bayar sesuai peraturan.

peta pulau menjangan

Peta perjalanan di Pulau Menjangan

Perjalanan kami lanjutkan ke Jajag Banyuwangi untuk bermalam disana.

buku cara mudah dan murah ke hanoi vietnam