Belajar Smartphone Videography untuk Traveling

Dalam setiap bepergian atau traveling saya selalu membawa beberapa pocket camera atau setidaknya minimal ada 2 camera yang pasti saya bawa. Pasti ada yang tanya “kok banyak ?” “Buat apa sih, kok ribet amat ?” hehehe…. padahal itu yang dihitung baru camera lho belum termasuk HP atau smartphone.

Nah penjelasannya gini, saya bawa 1 camera semi manual supaya bisa dibuat low speed, high ISO dan lain-lain. Juga keunggulan camera ini flashnya cukup kuat. Satu lagi biasanya saya bawa Bpro (action cam) untuk lokasi-lokasi yang butuh wide angel atau bahasa sederhananya memotret panorama. Karena camera biasa ngga selebar Bpro cakupan sudutnya, tapi camera jenis action cam ini hasil yang didapat ngga sebagus camera pocket biasa, jadinya ya cuma buat cadangan aja. Nah yang terakhir underwater camera. Ini saya biasa bawa kalo tujuan traveling-nya ada yang ke pantai seperti bakal snorkling atau swimming. Camera ini kekurangannya flashnya kurang kuat, jadi kalo malam susah dipakenya.

Pasti kalian ngebayanginnya  capek dan ribet ya hahahaha…. Mungkin karena background saya photographer ya, jadi kalo file foto ngga besar ngga puas, karena biasanya bakal saya olah lagi untuk hal-hal lain.

Selain foto, biasanya saya juga membuat video dari camera-camera tersebut. Cuma biasanya hanya sebagai pelengkap aja ngga sebanyak foto yang saya hasilkan.

Tapi perkembangan jaman terus berubah, orang sekarang kebanyakan justru membuat video dari pada foto. Mungkin gara-gara si Kaesang anak Pak Jokowi ya 😀 lha anak SD sampe emak-emak aja kalo ditanya pengen jadi youtuber atau vlogger.

Mungkin kamu yang dulunya berpandangan sama dengan saya trus bertanya “Emang mudah jadi vlogger ?” atau dalam hati tanya “boro-boro video, foto aja ngga paham kok”

Nah ternyata sekarang buat video dan edit video itu mudah banget lho. Cuma bekal Smartphone aja kamu udah bisa jadi youtuber atau vlogger lho, apalagi saat ini smartphone udah sangat canggih.

Minggu lalu saya sempat punya pengalaman yang dapat membuka pikiran saya dimana saya mendapat kesempatan langka belajar dengan salah satu master Smartphone Videography yang ada di Indonesia yaitu mas Teguh Sudarisman.

Mas Teguh Sudarisman ini sudah cukup punya nama dikalangan para traveler Indonesia, tapi mungkin bagi sebagian orang awam kadang bertanya “Siapa sih beliau ini” hehehe… Nah bagi yang belum kenal mungkin bisa saya jelaskan bahwa beliau ini adalah Founder Penulis Pengelana dan VloggerID, editor in chief TGIF! Magazine di http://TGIFmag.com juga merupakan editor in chief KALSTAR Inflight Magazine. Eh ada lagi, beliau juga merupakan penulis buku Travel Writer Diaries 1.0

Nah lo, sampe segitu panjangnya status dan jabatan mas Teguh hahaha. Singkat cerita, entah ada angin apa tiba-tiba mas Teguh bisa ada di Surabaya dan membawakan workshop dengan judul “Creating Your Video Stories With Smartphone” bagi saya sih sangat menarik apalagi saya belum pernah mengedit video pake smartphone.

Workshop mas Teguh di Primebiz Hotel Surabaya

Disana kami  para peserta workshop diajarkan bagaimana cara mengambil video dengan hasil yang maksimal, peralatan apa aja yang dibutuhkan plus langsung praktik dilapangan. Setelah praktik shooting video langsung kami praktik editing dengan bimbingan mas Teguh secara langsung. Dari hasil yang kami ambil dan kami praktikkan emang belum sebagus contoh-contoh yang mas Teguh hasilkan, lha belajar 2 jam vs belajar tahunan tentu beda hasil hahaha.

Mas Teguh Sudarisman

Kemarin sih Workshopnya diadakan di Primebiz Hotel Surabaya yang ada di jalan Gayung Kebonsari Surabaya. Hotelnya unik bergaya minimalis ala kekinian. Type hotel bisnis yang terletak di lokasi yang strategis kalo saya bilang, karena terletak dekat pintu kota tapi juga dekat dengan pusat kota.

Primebiz Hotel Surabaya

Nah hasil dari workshop kemarin jadinya seperti ini. Tolong jangan diketawain ya karena masih belajar beberapa jam aja. Lagu dan aplikasinya masih pake yang gratisan punya hehehe………..

Btw kalo kamu-kamu pengen bisa ikutan workshopnya mas Teguh Sudarisman kontak aja,  beliau ada di Instagram dan Twitter @TeguhSudarisman Facebook.com/Teguh.Sudarisman atau email Teguh.Sudarisman@gmail.com siapa tau beruntung pas mas Teguh datang ke kotamu.

Foto dengan peserta workshop yaitu blogger Jawa Timur

 

Jangan lupa klik foto diatas ya. Buku Traveling dengan kata pengantar dari mas Teguh Sudarisman

Bareng master #smarphonephotography Di #primebizhotelsurabaya

A post shared by Roda dan Roti Travel Blog (@rodadanroti) on

 

Iklan

7 thoughts on “Belajar Smartphone Videography untuk Traveling

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s