11 Hal Unik di Hainan versi Roda dan Roti

Hainan merupakan salah satu propinsi terkecil yang ada di China dimana letaknya berada paling selatan, sehingga musim yang ada di Hainan seperti musim di negara tropis pada umumnya yaitu musim hujan dan kemarau dimana Hainan tidak mengalami musim dingin seperti propinsi yang terletak di utara.

Karena itulah maka sekarang Hainan sedang menggalakkan pariwisatanya untuk menggaet turis manca negara dan turis dalam negeri di China sendiri. Pada musim dingin, orang-orang yang berada di utara seperti Beijing, Harbin dan sekitarnya berbondong-bondong berlibur ke Hainan untuk menikmati cuaca  hangat.

Selain sebuah propinsi, Hainan sendiri adalah  merupakan sebuah pulau dengan luas hanya 34 km². Ibukota Hainan adalah Hai Kou yang merupakan kota terbesar di Hainan, Hai Kou berada di sisi Utara pulau. Meski Hai Kou ibukota propinsi, tetapi biaya hidup di Hai Kou tidak lah terlalu mahal, karena di Hai Kou tidak terlalu banyak obyek wisata. Hai Kou hanyalah kota biasa dimana kebanyakan penduduknya bekerja sebagai pedagang/bisnis dan di Hai Kou ada salah satu Universitas terbaik yang ada di Hainan.

Sedangkan kota terbesar kedua di Hainan adalah kota Sanya yang berada di Selatan pulau. Sanya merupakan kota pariwisata, sehingga biaya hidup di Sanya jauh lebih besar dari pada di Hai Kou.

Nah beberapa keunikan yang saya temui di Hainan adalah:

  1. Karena di Hainan ini kebanyakan mata pencarian penduduknya adalah bertani, maka banyak sekali olahan kelapa, nanas, kopi yang dibuat di Hainan.

    Opak, permen kelapa dan kopi seperti di Indonesia

  2. Saking banyaknya nanas sampai-sampai di bandara Phoenix Sanya diatapnya ada patung nanas dan di kota ada bangunan yang berbentuk nanas.
  3. Di Hainan khususnya dan China umumnya banyak sepeda motor menggunakan tenaga listrik, sebagai akibatnya, mereka merasa kendaraan ini adalah sepeda dan bukan motor sehingga pengemudinya tidak menggunakan helm.  Jadinya sepeda motor ini bersliweran di trotoar. Sebaiknya waspada aja kalo jalan di trotoar, pasti bakal banyak yang klaksonin kita kalo ngga minggir, apalagi motornya ngga bersuara karena pakelistrik.
  4. Mobil parkirnya ngga ditepi jalan, tapi di trotoar juga. Lha trotoarnya gede banget. Rata-rata lebarnya 10 meteran.
    Lihat videonya di Youtube kami ya
    https://www.youtube.com/watch?v=yQZQBdOW-x0
  5. Karena hawa yang cukup panas kebanyakan penduduk laki-laki Hainan punya kebiasaan ngga pake baju atau pake kaos tetapi perutnya dibuka agar ngga panas. Kok keingetan seperti penduduk di kampung-kampung di Indonesia yah 😀
  6. Saya kadang ngga habis pikir, katanya Hainan mau dijadikan pusat pariwisata tahun 2020 tapi lha kok penduduknya semua ngga bisa bahasa Inggris, trus gimana caranya agar wisatawan mau datang dan bisa mengerti. Di hotel aja semua tulisan dan tombol lampu bertulisan huruf China, padahal itu bintang 5 lho.
  7. Wisatawan nomer satu yang paling banyak datang adalah wisatawan dari Rusia. Hal ini terlihat dari beberapa toko yang memasang tulisan Rusia di barang dagangannya.
  8. Meski penduduk Hainan kebanyakan berasal dari suku Han, suku Li dan suku Miao tapi banyak juga penduduk Hainan yang berasal dari Indonesia. Lha kenapa bisa begitu? Nah ceritanya pada jaman dulu tahun 1959 ada yang namanya Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 10 tahun 1959 tentang perdagangan yang harus dialihkan pada pribumi, tetapi ujung-ujungnya adalah sentimen anti orang keturunan Tionghoa dimana mengakibatkan hampir setengah orang Tionghoa di Indonesia eksodus besar-besaran kembali ke RRT. Oleh pemerintah RRT pada jaman itu, semua imigran asal Indonesia ditempatkan di Hainan dimana pada jaman itu Hainan masih sangat terbelakang dan merupakan pulau tersendiri yang dikhususkan untuk orang orang yang terkena masalah politik. Jadi hingga kini masih banyak ex orang Indonesia turunan pertama dan kedua yang masih fasih berbahasa Indonesia. Termasuk kue-kue tradisional Indonesia pun masih banyak dibuat oleh mereka. Jadi jangan rasan-rasan pake bahasa Indonesia ya, siapa tau yang dirasani juga mengerti 😀

    Local guide di Desa Bali, turunan ke dua dari Indonesia

  9. Kalo di Indonesia, kita mengenal Hainan dengan Nasi Hainannya tapi justru di Hainan sendiri Nasi hainan ngga terkenal sebagai kuliner utama hahaha aneh ngga. Jarang banget di Hainan yang menjual nasi Hainan, sampai-sampai guide berusaha memesan nasi Hainan ke Resto kita agar kami-kami dapat mencicipi nasi Hainan yang ada di Hainan 😀
  10. Saya tidak menemukan pasar tradisional yang menjajakan macam-macam oleh-oleh khas Hainan seperti model petaling street di Kuala Lumpur, China town dan Bugis Street di Singapore atau  Dong Xuan Market di Hanoi.
  11. Hainan merupakan salah satu propinsi khusus di China dimana untuk pemilik Paspor Indonesia tidak memerlukan pembuatan visa. Hanya cukup membawa paspor yang masa hidupnya lebih dari 6 bulan kamu udah dapat keliling Hainan secara bebas hingga 15 hari (visa grup).

Yuk yang mau ke Hainan masih ada kesempatan. Hubungi kami di WA 0812.350.9232 untuk info harga trip ke Hainan pengalaman bintang 5 harga backpacker.

Hainan beer. Bagi beer mania kalo ikut tour ke Hainan pasti puas. Lha tiap makan dimeja selalu tersedia 2 botol Hainan beer. Sampai di bus ada berbotol botol dibawa ke bus tapi ngga pwrnah keminum. Mau diminum kapan lha tiap makan selalu dapat jatah baru. Mau ke Hainan juga? Buka www.rodadanroti.com dan baca caranya supaya bisa murah. The story please visit www.rodadanroti.com #photooftheday #tourmurah #travelagent #tourhainan #chinatour #beer #vacation #travel #traveling #travelgram #igtravel #ig_travel #beautifulplace #ayodolan #jalanjalan #hainanbeer #liburanmurah #instatravel #bestplacetogo #bestplace #nanshan #reviewhotel #beach #traveltheworld #arroundtheworld #travelblog #travelblogger #bestvacation #beautifuldestinations #instavacation

A post shared by Roda dan Roti Travel Blog (@rodadanroti) on

Klik foto for info (just for android)

Iklan

9 thoughts on “11 Hal Unik di Hainan versi Roda dan Roti

  1. Kak, kalau pas ke hainan kaka pakai provider apa? Apakah di sana bisa menggunakan aplikasi whatsapp dan google? Mohon infonya 😊

    Suka

    • mau tanya ,saya mau kehainan tgl 19 mei yg lalu .tetapi karena saya dapat infoormasi bahwa ke kehainan tidak perlu visa dr indo tetapi visa on arrival maka saya tidak urus visa di indonesia tetapi mau urus voa saja.ternyata sy tdk bisa berangkat kehainan krn tdk ada visa.mana yg benar sy bingung krn tdk jadi berangkat.tiket pp kehainan hangus.mohon kejelasan.terima kasih.

      Suka

      • Visa sesuai kebijakan dari kedutaan. Kemarin rasanya anda sudah tanya secara pribadi pada saya dan sudah saya beri informasi nomer telp kedutaan china di Surabaya. Silahkan tanya pada yg berwenang. Saya bukan petugas kedutaan dan bukan petugas maskapai.
        Tetapi bila anda berangkat bersama tour kami bisa dipastikan anda akan berangkat.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s