Singapore-LegoLand 4D3N

Meski ini udah yang ke sekian kalinya saya ke Singapura tapi baru kali ini bisa buat tulisan mengenai perjalanan ke Singapura.

Perlu diingat bahwa ke Singapura dan Negara Asean lainnya adalah bebas Visa, jadi syaratnya hanya perlu Paspor dan Tiket Pesawat Pulang Pergi, itu saja.

Agar murah sering-seringlah lihat promo Airlines Low Cost atau promo jalur baru. Saya kali ini mendapat tiket Tiger Air Mandala Rp 550 rb pulang pergi (pergi bayar pulang free) 4 hari 3 malam, kali ini saya mendapatkan jadwal yang menguntungkan karena berangkat pkl 7.30 pagi dan pulangnya 19.30 dari Singapura.

HARI PERTAMA

Datang ke Juanda Airport 2 jam sebelumnya yaitu pkl 5.30 karena masih pagi kita bawa  makan pagi sendiri. Begitu masuk Juanda cari counter Tiger Air Mandala, biasanya diujung kiri (counter terakhir) karena kita ngga pake bagasi maka cuma tukar print email kita menjadi tiket dan bayar airport tax 150rb/orang, trus naik ke lantai2 untuk cek imigrasi. Sebelum masuk ruang tunggu kita sarapan dulu (bawa sendiri ya kl beli disana mahal hehehe), karena setelah masuk ruang tunggu kita sudah tidak boleh bawa air minum lagi, jadi kl mau minum sebaiknya sebelum masuk ruang tunggu.

Surabaya Singapura memerlukan waktu 2 jam perjalanan dan Singapura lebih maju 1 jam dari Surabaya sehingga kalau kita pergi pkl 7.30 maka sampai di Singapura menjadi 10.30. Turun dari pesawat kalo haus ada watertap, free drinking water adanya didepan toilet, kalo bawa botol bisa diisi sekalian buat bekal di jalan sehingga ngirit ngga usah beli minum lagi. Juga ada free local phone misal mau hubungi hotel atau apartemen yang kita pesan.

Begitu turun pesawat dan keluar imigrasi hal pertama yg harus dilakukan adalah cari stasiun MRT. Stasiun MRT ada di terminal 2, jadi bila turun di terminal 1 atau 3 ya harus ke terminal 2 dulu. Kebetulan Tiger Air mendarat di terminal 2 jadi keluar dari ruang ambil bagasi jalan aja ke kanan mentok sampai ada escalator kita turun 2 lantai, nah didepan eskalator itu terdapat counter untuk beli kartu MRT, namanya EZ Link bisa digunakan untuk naik MRT dan naik Bus. Harga kartu perdananya 12 SGD isinya  7 SGD berlaku untuk 5 tahun. Jangan lupa untuk minta peta MRT kalo ngga bisa keliru masuk kita nantinya. Bisa juga beli STP Card, kartu khusus Turis yang berlaku untuk 1 hari, 2 hari ato 3 hari, kalo beli STP ini keluar masuk berapa kali pun ngga masalah selama waktu yg ditentukan.

Tujuan pertama ke Boon Keng naruh tas dulu sambil check in apartemen. Kita berlima kena 135 SGD/malam (2 kamar). Free wifi dan free dapur, bisa buat sarapan sendiri, jadi dari Indonesia sudah bawa beras, abon dan indomie hehehe.

Apartemen di boonkeng

Setelah beres-beres tujuan selanjutnya ke St. Andrew Church, gereja berumur ratusan tahun ini punya bangunan yg menarik untuk dikunjungi.Dari MRT Boon Keng kita menuju ke MRT City Hall. Cari petunjuk yang mengarahkan kita ke St. Andrew Church, jangan kuatir karena petunjuknya sangat jelas. Jangan lupa di St. Andrew Church juga ada drinking water tap, dingin lagi, sekalian isi botol minum kita J. Setelah puas ber-narsis ria tujuan selanjutnya adalah CHIJMES.

St Andrew Church, gerejanya dibelakang Stasiun MRT Persis

CHIJMES terletak 500 meter dari St. Andrew Church jadi tinggal jalan kaki saja sudah sampai. CHIJMES awalnya adalah sebuah gereja,bangunan ini lebih besar dan lebih bagus dari St. Andrew. Sayangnya sekarang CHIJMES digunakan sebagai pub dan bar, tetapi tetap tidak merubah wajah aslinya. Sangat artistic dan romantis kalo malam hari. Dari CHIJMES kita tidak perlu balik ke MRT City Hall karena sudah jauh, langsung aja cari MRT Bras Basah yang lebih dekat.

CHIJMES

Lanjut perjalanan ke Pinnacle@Duxton, disana kita bisa lihat Singapore dari atas bayarnya 5 SGD pake EZ link juga. Kalo mau kesana kita keluar dari MRT Outram Park cari gedung yg tinggi warna abu-abu, begitu keluar dari Outram Park udah kelihatan tuh gedung, cari tower G (paling ujung) disana kita naik ke lantai atas.

Pinnacle@Duxton

Capek jalan? Waktunya santai, masuk lagi ke MRT tujuan selanjutnya adalah Clarke Quay. Menuju sana cari saja di peta MRT Clarke Quay,setelah sampai cari petunjuk pintu keluar yang menuju Boat Quay. Di Clarke Quay kita dapat menemukan pedestrian disepanjang Singapore River, terdapat café, bar dan boat. Suasananya nyaman untuk bersantai menunggu malam tiba. Kalau mau naik boat keliling Singapore River bayar 22 SGD/orang. Kalo ngga ya menikmati suasana sore menjelang malam saja sambil duduk-duduk di tepi sungai.

Clarke Quay

Kaki udah ngga capek, mata udah segar. Masih ada waktu, kita lanjut menuku Orchard Road. Orchard adalah salah satu surga belanja di Singapura. Disana banyak berderet toko-toko dengan branded International seperti LV,Gucci, Prada dll. Pedesteriannya yg lebar menambah suasana jalan menjadi semakin nyaman. Ada banyak makanan pinggir jalan juga seperti kebab, es potong, mini café dll. Juga seniman jalanan yang meminta sumbangan suka rela dari show mereka. Banyak mall yang berlomba-lomba menarik pengunjung dengan membuat mall mereka semenarik mungkin seperti air mancur didepan, permainan lampu yg atraktif, patung dan boneka thematic disaat waktu tertentu seperti natal, imlek, idul fitri, deepavali dll.

Orchard Road

HARI KEDUA

Bangun pagi  sarapan dengan nasi yang kita masak sendiri di apartemen. Hari ini jadwalnya ke LegoLand di Johor Bahru. Karena kemarin  kita naik Tiger Air maka kita berkesempatan dapat free tiket bus dari Changi ke Johor Bahru. Ada beberapa maskapai yang secara berkala menyediakan free busdari Changi to Johor Bahru seperti Air Asia, Tiger Air atau Jetstar. Kita tinggal googling saja dengan kata kunci “free bus Tiger Air Changi Johor Bahru” nanti akan ketemu link pdf file yang bisa kita print.

Lokasi bus ada di terminal 2 Changi, misalkan kita baru keluar dari ruang pengambilan bagasi, informasi bus ada dikanan searah menuju MRT station cari counter “ts1 transtar cross border” sedangkan lokasi parkir bus ada disebelah kiri mentok, disana cari slot no 9 atau 10. Bus berangkat tiap jam mulai pkl 8.15, 9.15 dan seterusnya. Jepret voucher yg kita print dengan sisa tiket pesawat kita dan serahkan pada driver. Busnya on time banget, dari terminal 2 dia muter dulu ke terminal 1 dan 3 abis gitu langsung ke Johor Bahru tanpa berhenti.

Tempat informasi free bus di Changi T2

Lokasi informasi dan lokasi shuttle bus click foto untuk detailnya

Lokasi parkiran bus sy kira naik yg orange ternyata naik yg biru yg belakang

Begitu sampai di perbatasan kita akan diturunkan dulu diimigrasi singapura, naik ke kantai 2 antri dan jangan lupa siapkan paspor untuk di stempel. Setelah keluar dari loket imigrasi kita turun kembali ke lantai 1 disisi yang beda, disana bus kita sudah menanti untuk melanjutkan perjalanan keperbatasan Johor Bahru. Setelah menyeberangi selat sekitar 10 menit kita tiba di kantor Imigrasi Johor Bahru. Berakhir sudah perjalan kita dengan bus ts1, kita harus kembali naik ke lantai atas untuk stempel paspor.

Keluar dari loket jangan turun tapi cari pintu yang kearah kiri, nanti kita akan berjalan disamping gedung dan ujungnya menuju jembatan penyebrangan kearah terminal JB Sentral. Setelah sampai seberang jalan baru turun ke lantai 1 cari parkiran bus LM1, JB sentral sepintas mirip mall karena banyak outlet makanan dan café.

Bus LM1 melayani rute JB Sentral-Larkin-Hello Kitty-LegoLand-Gelang Patah dan sebaliknya. Per orang dewasa tiketnya seharga RM4,5 dananak RM2,3 menuju lego Land. Sampai legoland ingat-ingat saja dimana tempat turunnya karena nantinya pada saat pulang kita akan mencari bus LM1 kembali ditempat yang sama untuk kembali ke JB Sentral. Ikuti saja jalur orang jalan,nanti akan sampai didepan loket. Berhubung kita sudah beli via on line maka tidak perlu antri lagi, ada special loket yang melayani tiket online letaknya di barisan paling kiri (2 loket paling kiri) dekat pintu masuk. Belilah tiket via online karena akan mendapat potongan sebesar 20% dari harga goshow. Untuk anak dan orang diatas 60 tahun ada special harga. Pembelian on line harus dilakukan jauh-jauh hari karena dibawah 7 hari diskon tidak berlaku. Harga tiket dewasa RM140 tetapi dengan via online menjadi hanya RM112. Sedang anak dari RM110 menjadi hanya RM88.

LM1 to legoland Schedule click foto untuk detailnya

Jangan lupa setelah mendapat tiket minta juga peta Lego Land sehingga kita bisa tau permainan mana saja yg bagus dan cocok buat kita, karena sebagian besar permainan diperuntukkan bagi anak kecil. Untuk makan kita cari yang ada menu nasi, jadi kita memilih Market Restaurant  di area Lego City yang jual Chicken Rice atau kalau mau nasi lemak bisa ke Robot kitchen di Area Lego Technic.

Chicken Rise Legoland

Intinya LegoLand mempunyai 6 cluster yg setiap clusternya mempunyai thema sendiri-sendiri. Jangan lupa mampir di Miniland yang berada ditengah area Legoland disana terdapat banyak miniatur berbagai lokasi didunia seperti Menara Petronas, Wat Arun Temple, Singapore River, dan Tanah Lot Bali juga. Legoland buka mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore.

Legoland

Jangan lupa untuk pulangnya juga melalui rute yang sama. Naik bus LM1 menuju JB Sentral dengan harga yang sama RM4,5 untuk dewasa. Dari JBSentral kembali naik ke lantai 2 menyebrang jalan kearah imigrasi, setelah melewati imigrasi Johor Bahru baru kita turun ke lantai bawah untuk antri bus. Cari busCW1 yang menuju ke Kranji MRT. Bayar bisa RM1 atau SGD1 tapi tentu saja lebihmenguntungkan RM1 karena kursnya cuma setengahnya saja. Dari JB sentral menujuke Singapura kita turun lagi untuk di Imigrasi Singapura ikuti saja arus orang jalan. Jangan lupa Kertas ijin masuk singaporenya disiapkan agar tidak terlalu lama antrinya, saya dari pesawat sudah minta dobel sehingga pada saat masuk dari johor sudah saya siapkan. Keluar dari Imigrasi kita kembali turun danantri bus kembali, bus yang kita naiki belum tentu bus yang sama, yang penting rutenya sama (CW1) naik saja dan tidak perlu bayar lagi. Sampai kranji MRT kita turun dan lanjut MRT menuju apartemen.

HARI KETIGA

Tujuan hari ini adalah ke Henderson Wave, jembatan berbentuk gelombang yang berada diatas bukit. Bentuknya yang menarik dan unik, selain itu kita bisa melihat sentosa island dari atas bukit. Terletak di Faber Park, untukmenuju ke sana kita harus ke MRT Harbour Front. Dari sana kita menuju exit C yang ada pemberhentian busnya. Dari sana naik bus 131 atau 145, nanti setelah bus belok kanan kita turun di halte yang ke 2. Kalo takut salah bilang saja pada sopirnya turun di Henderson wave jadi aman. Pengalaman pertama kali kesini, setelah turun bus kita bingung bagaimana naiknya. Ternyata tangga ada diseberang jalan, jadi setelah turun bus harus menyebrang jalan  dahulu, disana ada tangga yg menuju ke atas.Siapkan napas karena naiknya lumayan tinggi. Tapi itu semua terbayar ketika kita sampai diatas. Pemandangan yg indah dan bentuk jembatan yg unik membuat lupa bahwa naiknya begitu capek. Sekalian lihat di lantai kayu, ada tulisan yang menandakan kita berada di berapa ratus diatas permukaan laut.

Henderson Wave

Jalan naik ke Henderson Wave

Untuk kembali kita harus turun kembali ke jalan yang sama. Dibawah jembatan persis ada halte bus dengan arah pulang. Cari saja bus no 131atau 145 bilang sama sopirnya bahwa kita mau turun dicable car/vivo city, turun bus naik jembatan penyebrangan menuju seberang jalan.

Tujuan kali ini adalah mengolah Sentosa Island, ada banyak cara menuju Sentosa yaitu, jalan kaki bayar 1 SGD, naik bus bayar 2 SGD (darihalte kita menuju Henderson wave), naik Train bayar 3 SGD (dari lt3 vivo city),atau cable car 26 SGD. Karena kami sudah pernah naik Train sekarang coba naik cable car meski lumayan juga harganya L. Untuk menuju cable car ikuti saja petunjuk dari jembatan penyebrangan, sangat jelas petunjuknya. Awalnya setelah beli kami bingung akan turun dimana perjalanan cable car ini. Ternyata kita bisa memilih tujuan akhirnya yaitu Sentosa Island, kembali ke Harbour Front, atau ke Faber Park. Ternyata apa bila tujuan kita ke Sentosa Island kita akan diputarkan dahulu ke Faber Park, jadi kita akan melewati Sentosa Island sebanyak2x. Pada pemberhentian pertama (sentosa island) kita jangan turun, biarkan cable car balik lagi sampai Harbour Front, jangan turun karena cable car lanjutmenuju Faber Park, dari sana akan balik lagi ke Harbour Front. Nanti kita akan ditanya mau turun atau ke Sentosa. Bila kita mau ke sentosa kita dipersilahkan tetap didalam, dan akan turun di sentosa Island. Jadi kita muter 1 setengah putaran, lumayan juga ngga rugi . Turun dari cable car kita berada dicluster Imbiah Lookout. Sentosa Island dibagi dalam beberapa cluster yang dihubungkan dengan Train atau bus. Semuanya free kita tinggal lihat peta saja mau kemana. Peta bisa diambil dibagian informasi, jangan lupa peta ini sangat penting karena kita bisa melihat rute bus yang ada. Ada 3 rute bus yang melayani kita keliling, untuk bus 1 dan bus 2 mempunyai rute yang sama hanya rutenya di balik, serangkan bus 3 rutenya beda sendiri. Bila mau naik bus 3 kita harus ke Beach Station disana adalah terminal dari semua bus yang ada.

Dari Imbiah Lookout kita menuju Siloso Beach, pantainya putihdan bersih, banyak orang berjemur juga disana. Dari Siloso lanjut ke ResortWord, tempat casino, mall dan Universal Studio. Berhubung sudah pernah ke USS kita cuma numpang foto aja di globenya . Selanjutnya naik bus lagi ke Beach Station pindah bus 3 kearah Sentosa Cove Isle. Sentosa Cove Isle sebenarnyabukan tujuan turis, tapi tempat kapal pribadi bersandar. Tetapi pemandangannya bagi kami luar biasa, sesuatu yang beda. Tempatnya sepi serasa milik sendiri karena jarang ada turis yang kesini. Setelah puas foto-fotoan kembali naik busmenuju bus station. Dari sana kita naik Train keluar Sentosa Island menuju VivoCity. Dari Vivo City turun ke bawah cari MRT Station.

Pemandangan Sentosa Cove Isle

Dari MRT Harbour Front lanjut menuju MRT Promenade untuk naik Singapore Flyer. Baru tau kl ternyata ada family paket 2 dewasa 1 anak seharga 78 SGD lumayan lah bisa menghemat beberapa dolar. Untung antrian ngga terlalu panjang karena bukan high season. Bagi yang mau romantic dinner diatas Singapore Flyer bisa memesan terlebih dahulu lho. Satu putaran memakan waktu sekitar 30 menit lebih. Diatas kita bisa melihat seluruh Singapore dengan jelas.

Pemandangan dari Puncak Singapore Flyer

Turun dari Singapore Flyer kita jalan kaki menuju Helix Bridge paling hanya 10 menit sudah sampai, dari Helix Bridge kita menyusuri jalan ke patung Merlion yang terkenal itu sambil menunggu waktu laser show. Bagi yang lapar bs makan di Makan Sutra, pujasera murah meriah antara HelixBridge dan Merlion. Untuk laser Show diadakan setiap pukul 20.00 dan 21.30 jadijangan sampe terlewatkan, sayang sekali lho.   Untuk pulang bisa masuk MRT Raffles Place tapi nyebrang jalan naik jembatan penyebrangan dari depan fulerton atau dari MRT Esplanade, masuk gedung Esplanade turun ke parkirannya mengikuti lorong berliku-liku sampe ketemu mall dibawah tanah.

HARI KEEMPAT

Hari terakhir harus dimanfaatkan sebaik mungkin mumpung pesawat masih malam, tempat yg masih harus dikunjungi banyak tapi waktu tinggal sedikit. Cari yang murah meriah aja dulu, uang saku dah mepet, jadi akhirnya diputuskan ke Garden by The Bay. Taman buatan yg ada didekat MBS, kalo mau kesini mending pagi sekali ato malam/sore. Kalo malam efek lampunya bagus dan adashow lampu di jam-jam tertentu. Berhubung kemaren ngga sempat lihat malam hari maka ini lihat pagi hari. Jam 9 kita udah disana, matahari masih belum terlaluterik pemandangan sangat indah dengan birunya langit dan matahari yang menyorot kearah MBS. Oh ya kl mau ke sini keluarnya dari MRT Bayftont. Cari exit yg menuju Garden by The Bay, nantinya keluarnya dilapangan rumput di tengah-tengah antara MBS dan Garden by The Bay, persis seperti kelinci keluar dari sarangnya . Di Garden by The Bay ada beberapa tempat yg bisa di kunjungi dan berbayar, kalo mau yang free ya foto-foto diluar saja sudah cukup menarik terutama dibawah puhon buatan. Kalo mau naik kepohonnya (sebutannya skyway) harus bayar 5SGD dewasa dan 3SGD anak. Kalo masih pagi enak, anginnya dingin dan matahari belum panas. Dari atas bisa melihat seluruh area Garden by The Bay. Paling 15 menit sudah sampai ujung dan turun kembali melalui lift yg beda.

Salah satu pemandangan dari atas Sky Walk Garden By The Bay

Berhubung sudah mulai panas dan belum beli oleh-oleh kita rencana menuju Bugis. Nah enaknya sekarang udah ada Blue Line MRT jadi dari Bayfront ke Bugis ngga usah oper lagi tinggal naik Blue Line MRT. Dibugis cari pasar tradisionalnya, ada 1 lorong yang isinya PKL semua, menjual berbagai macam barang oleh-oleh, seperti gantungan kunci, magnet kulkas, biscuit, baju dll. Lorongnya tepat diseberang jalan tulisan Bugis Junction. Jangan lupa kalo liat toko roti jual kaya bisa dicoba kl dari arah masuk tokonya sebelah kiri, cuma roti tawar yang dioles selai kaya tapi rasanya luar biasa. Udah 2x ke sini selalu beli.  Jalan sampe ke belakang nanti ketemu dengan klenteng, banyak PKL dalam arti sebenarnya, seperti diindonesia. Jual pisau, tukang obat, lampu hiasan, buat segar, dupa sembahyang,baju, alat dapur dll. Diantara lorong orang jualan dan klenteng ada sebuah bangunan seperti pasar isinya pujasera, ada puluhan kios jual berbagai macam makanan. Cari mejanya susah banget, betul-betul seperti pasar, tapi harganya juga murah-murah makanannya.

Pedagang kaki Lima didepan Klenteng

Suasana Pujasera didepan Klenteng

Setelah kenyang makan roti kaya dan nasi bebek panggang kita ke China Town, kembali melalui jalur Blue Line, jadi ngga perlu pindah lagi. Di China Town cari exit Pagoda Street. Isinya hampir sama seperti Bugis disana bisa lihat-lihat dan beli oleh-oleh.

Berhubung waktu sudah sore jadi kita terpaksa kembali ke apartemen untuk siap-siap ke changi. Dari apartemen ke Changi makan waktu kurang lebih 1 jam. Masih ada waktu 5 jam sebelum takeoff jadi bisa sedikit santai. Berhubung di Changi waktunya nanggung terpaksa deh cari makan disana, uang saku tinggal dikit keliling cari yang termurah, akhirnya nemu juga nasi lemak seharga 2,2 SGD di TipTop Café. Nasinya lumayan banyak, kebetulan ada pijat kaki free lagi yang kosong, klop dah rasanya. Makan + pijat . BTW jangan terlalu terlena dengan waktu karena harus selalu lihat layar petunjuk jangan sampai ketinggalan pesawat. Dari cafe2 itu biasanya ke gate memakan waktu 20 menitan.

Selesai sudah perjalanan ke Singapore kali ini.

NB: Singapore flyer dan Cablecar sy goshow karena ngga direncanakan, kl pesan via travel konon bs lebih murah lagi

Tiger Air Mandala saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

Juanda international sudah pindah ke Terminal 2 (T2)