Arung Jeram di Sungai Pakelan Bawah

Sungai Pakelan Probolinggo, bayangan yang terlintas pasti arung jeram atau rafting 😀 . Kebetulan pas melihat diinternet ada promo dari Regulo Adventure  dengan harga 150 rb per orang dan minimal peserta 5 orang. Karena belum pernah merasakan arung jeram, akhirnya daftar untuk 10 orang sekaligus, pas dapat 2 kapal.

Sungai Pakelan terletak di Probolinggo, Jawa Timur. Berjarak sekitar 125km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Surabaya bila lalu lintas lancar. Sungai Pakelan dibagi menjadi 2 yaitu Pakelan atas dan Pakelan bawa, sedangkan Regulo Adventure adalah operator di pakelan bawah.

Untuk menuju ke lokasi kita harus melewati kota Probolinggo menuju Kraksaan, nanti ditengah perjalanan akan ada petunjuk jalan untuk belok ke arah kanan, dari situ ikuti saja petunjuknya hingga sampai di Base Camp Regulo. Base Campnya sendiri berbentuk rumah bambu dimana setelah melakukan registrasi kita bisa minum sebentar disana dan diperkenalkan dengan masing-masing guide perahu kita.

Dekat parkiran kita dibagikan pelampung, helm dan dayung, juga sebotol air mineral untuk bekal. Setelah semua siap baru kita tau bahwa ternyata ini adalah lokasi finishnya, sedangkan lokasi startnya masih jauh. Jadi kita harus ke lokasi start dulu dan hebohnya untuk mencapai lokasi start kita dinaikkan mobil pick up dengan bak terbuka 😀 . Jadi kita naik mobil tersebut masuk jalan desa kira-kira 10 menitan dan turun ditengah jalan, abis gitu berjalan kaki sekitar 200m an menyusuri jalan desa hingga ketepi sungai. Sayang pada saat itu cuaca sedikit hujan sehingga tidak bisa mengambil gambar di suasana start.

Naik pickup bak terbuka menuju ke tempat start

Jarak tempuh antara start dan finish sekitar 13,5 km atau sekitar 1,5 jam an tergantung arus. Ditengah perjalanan kita bisa beberapa kali berhenti untuk foto-fotoan, jangan lupa untuk memberitahu kepada guide kalau kita mau foto-fotoan, jadi mereka nantinya yang atur dimana kita bisa berhenti.

Salah satu tempat kita berfoto ria

Sebenarnya ditengah perjalanan memang ada satu titik dimana kita pasti istirahat, disana kita bisa berenang di sungai, naik ke tebing dan ada sedikit suguhan dari Regulo, yaitu kelapa muda dan gorengan sekedarnya. Juga bisa istirahat duduk-duduk dengan santai.

Tempat peristirahatan dimana kita mendapat kelapa muda dan gorengan

Setelah selesai istirahat, arung jeram dilanjutkan. Bagi yang berani ketinggian dapat meloncat dari tempat peristirahatan langsung ke sungai 😀

Sekitar 1,5 jam perjalanan kita sampai kembali ke titik finish. Disana disediakan tempat membersihkan diri bagi yang mau mandi dan keramas. Untuk yang belum kebagian kamar mandi dapat langsung menuju ke tempat makan, karena makanan sudah disediakan disana. menu beraneka macam sudah disediakan untuk kita santap tanpa adanya batasan. Ada ayam goreng, ikan bakar, tahu, tempe, kerupuk dll. Sambil makan kita dapat melihat sebuah monitor yang berisikan slide show foto-foto para peserta arung jeram yang diambil pada saat ditengah-tengah sungai oleh fotografer mereka. Bila berminat kita dapat membeli foto-foto tersebut.

Foto yang diambil oleh fotografer Regulo yg kita beli

Jangan lupa sebelum meninggalkan tempat kita mampir kembali ke resepsionis karena kita akan mendapat sebuah sertifikat yang menyatakan kita sudah pernah arung jeram di sungai Pakelan bersama Regulo Arus Liar.

Follow Instagram kami di RodaDanRoti

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s