Goa Pindul dan Sungai Oyo

Ada yang tau dimana dan pernah dengar mengenai Goa Pindul? Saya sendiri baru tau sekitar 1-2 tahun lalu. Bisa jadi saya yang mungkin kuper atau ndeso ya. 😳   padahal Goa Pindul sudah resmi menjadi tempat wisata semenjak tahun 2010.

Goa Pindul berada di Yogyakarta, tepatnya di Desa Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Sebenarnya Goa Pindul dahulunya cuma sarang kelelawar saja, tetapi karena didalamnya terdapat banyak stalaktit maka terlihat sangat indah, bahkan konon stalaktit di Goa Pindul merupakan salah satu dari stalaktit ke 4 terbesar di dunia wow hebat kan !!.

Untuk menuju kesana dari Candi Prambanan kita harus menuju kearah bandara Adi Sucipto Jogja, tetapi beberapa km sebelum sampai sana ada belokan ke kiri menuju gunung kidul. Terus jalan mengikuti jalan yang berliku naik gunung sampe ketemu gapura desa wonosari.

Agar tidak bingung sebaiknya daftar dulu via online, banyak kok operator yang bisa di booking via online tinggal pilih saja mana yang cocok. Kenapa saya sarankan via online? pertama karena harga sudah deal terlebih dahulu, bisa jadi kl goshow lebih mahal karena ada beberapa operator yang selisih 5rb. Kedua karena untuk menuju kesana sedikit rumit bin mbulet (menurut saya lho ya) bagi yang belum pernah kesana, dan banyak jebakan betmennya. Disepanjang jalan menuju kesana banyak tulisan dengan panah besar seperti petunjuk arah, tetapi ujung-ujungnya mengarah ke kantor biro travel. Tetapi bila kita sudah booking terlebih dahulu biasanya bonus penjemputan. Mereka tunggu kita di SPBU Siyono, Wonosari. Dari sini kita tinggal mengikuti motor mereka (bila tidak booking akan dikenakan 10rb/mobil untuk penunjuk arah ini).

Nah sampe di Goa Pindul kita tinggal menuju ke loket yang sudah tersedia, kebetulan karena kita sudah booking panca wisata maka bayarnya ya di loket panca wisata. Ternyata disana ada beberapa macam kegiatan yang bisa dilakukan selain masuk di goa pindul. Tetapi kami cuma mengambil 2 macam kegiatan saja mengingat waktu yang terbatas, yaitu masuk ke goa pindul / cave turbing dengan biaya 35rb/orang dan ngintir/menyusuri sungai Oyo dengan biaya 45rb/orang.

Setelah bayar kita masing-masing akan mendapat live jacket dan sebuah ban yang buesaaaarrrrr. Tapi yang hebohnya lagi kita harus bawa sendiri ban itu sampai sungai hahahahaha, bisa dibayangkan toh. Tapi jangan kuatir bagi yang ngga kuat, bannya akan dibawakan sama guidenya. Btw si bapak bisa bawa 3-4 ban lho sekali angkut.

goa pindul 1

Suasana loket dan pembagian ban

Ternyata awal dari sungai Goa Pindul berupa seperti lembah kecil, dari sana kita di briefing beberapa saat dan berdoa dahulu agar diberi keselamatan selama perjalanan, abis gitu baru kita masuk ke sungai. Lucunya masing-masing ban kita diikat ke teman yang lain jadi sepur-sepuran dengan ban dan ditarik oleh si bapak guidenya.

pintu masuk goa pindul 1

Lokasi pintu masuk Goa Pindul

Goa Pindul ini cuma sekitar 350m saja panjangnya, terdiri dari zona terang, zona remang-ramang dan zona gelap gulita hehe, tapi jangan kuatir si bapak bawa senter juga jadi tetap kelihatan. Kedalaman sungai ada yang dalam tapi ada juga yang dangkal, jadi kadang si bapak berenang sambil menyeret kita, tapi kadang juga di tempat dangkal dia jalan. Sambil berjalan si bapak terus menceritakan berbagai info yang ada. Dibeberapa tempat kita bisa melihat kelelawar sedang tidur bergelantungan, dan akibat dari sarang kelelawar itu ada beberapa atap goa yang cekung, konon kata si bapak akibat dari kotoran kelelawar itulah yang mengakibatkan batu di atap menjadi cekung.

stalaktit goa pindul 1

Suasana didalam Goa Pindul. stalaktit muda dan salah satu stalaktit besar

Ditengah perjalanan kita bisa melihat stalaktit yang katanya terbesar ke 4 didunia. Juga terdapat mitos bagi laki-laki yang pegang salah satu stalaktit tersebut bisa menambah kejantanan. 😳 Juga ada stalaktit muda, yaitu stalaktit yang baru tumbuh, konon katanya bagi wanita yang bisa kena tetesannya bisa membuat awet muda 😀 ada-ada saja ya orang jualan agar laku hahahaha.

dalam goa pindul 1

Sarang kelelawar diatas atap dan lokasi goa dengan lubang diatas atap

Persis ditengah Goa terdapat sebuah lubang yang cukup besar, sehingga sinar matahari bisa masuk dari sana yang mengakibatkan suasana dalam goa menjadi terang. Lubang tersebut biasa digunakan oleh tim SAR untuk berlatih penyelamatan  vertikal. Bila ada yang berani bisa berenang atau lompat dari atas batu di area ini. Sebaiknya manfaatkan sebaik mungkin waktu diarea ini untuk foto-fotoan karena setelah lokasi ini kita sudah menuju pintu keluar dari goa pindul ini.

puntu keluar goa pindul 1

Pintu keluar Goa Pindul

Keluar dari Goa Pindul kita akan naik ke atas melewati tangga untuk selanjutnya naik keatas pickup terbuka untuk diangkut menuju Sungai Oyo. Sepanjang perjalanan menuju sungai Oyo kita akan melawati perkebunan kayu putih milik PTPN. Tidak terlalu jauh, cuma sekitar 10 menit-an kita  sudah berhenti diujung jalan dan disambung jalan kaki karena start awal masih berada cukup jauh dibawah.

sungai oyo

Naik bak terbuka dan medan yang dilalui untuk menuju titik start turbing Sungai Oyo

Panjang sungai Oyo yang akan kita lewati adalah sekitar 1,5km dengan jarak tempuh sekitar sekitar 2 jam perjalanan. Arusnya sangat tenang bahkan bisa dibilang tidak ada arus sehingga bapak guide selalu menarik ban kita agar bisa berjalan. Disepanjang perjalanan bisa dilihat dinding sungai yang terdiri dari batu karst yang berlapis-lapis khas bebatuan gunung kidul.

sungai oyo 2

Pemandangan sepanjang Sungai Oyo

Ditengah perjalanan ada satu lokasi yang sangat bagus, terdapat air terjun mini dimana bagi yang suka tantangan  bisa naik ke atas dan lompat ke sungai. Juga jangan lupa foto karena lokasi ini sangat bagus, cuma harus berhati-hati pada saat naik karena bebatuannya sangat tajam dan tidak rata seperti karang. Jarak antara air dengan bibir sungai setinggi kurang lebih 5 meteran, tetapi pada musim hujan sungai ini menjadi penuh dan deras sehingga jarak air dengan bibir sungai hanya sekitar 1 meter saja.

sungai oyo 3

Lokasi air terjun, bisa melompat dari atas bagi yang suka tantangan. (klik untuk memperbesar)

Setelah sampai finish kita diangkut lagi dengan menggunakan pickup terbuka yang sama untuk diantar menuju ke tempat awal (kantor/loket operator) disana kita bisa mandi dan ganti baju. Ada beberapa kamar mandi yang bisa dipakai dengan membayar 2rb/orang untuk sekali mandi.

sungai oyo 4

Berfoto di air terjun dan lokasi finish

Sebetulnya ada beberapa kegiatan yang masih ingin kita lakukan berhubung waktu yang sudah mepet terpaksa kegiatan hari ini harus disudahi.

Perjalanan berikutnya bisa disimak di https://rodadanroti.wordpress.com/2014/10/10/karimunjawa/

Info dan Tips :

  • Untuk ke Goa Pindul disarankan booking dahulu karena bisa mendapatkan bonus penjemputan dan harga yang sudah fix.
  • Bila sekalian dengan turbing sungai Oyo sebaiknya datang pagi dan ke Sungai Oyo dahulu baru masuk Goa Pindul karena bila cuaca terik sangat menyiksa terpanggang sepanjang perjalanan ngintir di Sungai Oyo. Sedangkan Goa Pindul kita bisa kapan saja karena tempatnya teduh dan didalam ruangan.
  • Follow Instagram kami di RodaDanRoti atau #rodadanroti

Iklan

5 thoughts on “Goa Pindul dan Sungai Oyo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s