Selecta, Batu – Malang

Selecta, siapa yang belum tau selecta? Setelah 30 tahun lebih rasanya saya ngga keselecta, baru baru ini saya kembali mengunjungi obyek wisata tersebut. Padahal jaman saya masih kecil, selecta adalah salah satu tujuan wisata utama warga Surabaya bila berlibur.

Selecta terletak di Kota Wisata Batu, Malang- Jawa Timur, terletak hanya sekitar 10 km dari pusat kota batu (alon-alon). Cuma dengan harga tiket sekitar 15 rb per orang udah bisa masuk ke lokasi.Selecta sebenarnya pada jaman dahulu adalah tempat peristirahatan orang-orang belanda yang berada di Indonesia, disana hanya terdapat hotel/losmen, pemandian/kolam renang, restaurant dan kebun yang luas berbentuk seperti mangkuk, jadi  kolam renang ditengah dikelilingi tebing yang tinggi sebagai pembatasnya dengan pemandangan yang indah karena selecta terletak diatas gunung.

Saat ini selecta semakin cantik, saya bandingkan dengan 30 tahun lalu rasanya selecta mulai bebenah mengikuti jaman. Ditengah lokasi ditanam aneka ragam jenis bunga dengan warna yang mencolok. Biia high season kita bisa menikmati fasilitas yang lebih banyak, antara lain naik kuda poni, permainan kapal ayun (kora-kora), flying fox dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau. Sayang fasilitas ini cuma tersedia saat high season saja.

selecta panorama01
Salah satu sudut panorama Selecta
Selecta panorama 02
Salah satu sudut panorama Selecta
kolam renang selecta
Kolam Renang Selecta

Diselecta juga tersedia penyewaan sepeda air untuk anak-anak dengan membayar beberapa ribu saja. Mungkin Selecta bisa menjadi salah satu alternatif wisata murah di Kota Batu, Malang.

selecta suasana
Beberapa fasilitas di Selecta

Untuk oleh-oleh bisa dicari di seputaran parkir kendaraan yang dibawah, disana berderet kios-kios yang menjual berbagai macam sayur dan buah buahan khas batu/malang. Ada juga yang menjual anak kelinci yang bisa dipelihara oleh anak-anak. Bagi yang suka berkebun di sana juga terdapat berbagai macam jenis bonsai yang dijual.

One thought on “Selecta, Batu – Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *