2. Gili Trawangan

Sesuai dengan rencana, selesai breakfast sekitar pukul 7.30 WITA kami dijemput oleh driver untuk diantar ke pelabuhan bangsal. Dari hotel kami yaitu puri senggigi ke bangsal menempuh perjalanan sekitar 45 menit. Untungnya driver kami bersedia mengantar hingga masuk kedalam dermaga persis didepan loket penjualan tiket, karena biasanya mobil berhenti diparkiran yang berjarak sekitar 200m dari dermaga dan penumpang dipersilahkan naik cidomo untuk menuju dermaga yang hanya berjarak 100m itu dengan membayar sejumlah uang, biasanya sekitar 15rb/orangnya. Tetapi bila kita menolak kita bisa berjalan kaki menuju pelabuhan.

pelabuhan bangsal lombok

Suasana pelabuhan bangsal dimana perahu siap berangkat ke gili

Belilah tiket diloket resmi, carilah bangunan yang seperti foto dibawah ini. Harga tiket ke Gili Trawangan menggunakan public boat 15rb ditambah retribusi pelabuhan 2rb+1rb sehingga total 1 orang 18rb. Setelah bayar segera lihat warna tiket kita, karena keberangkatan kapal berdasar warna tiket kita, ada yang kuning putih dll. Tunjukkan ke petugas kapal atau tanya saja abis ini warna apa yang berangkat. Bila beruntung kita langsung berangkat bila tidak paling hanya tunggu sekitar 15 menit karena pada pagi hari penyeberangan sangat sibuk dalam sekejap perahu pasti penuh. Perahu berangkat kalo udah mendapat penumpang sekitar 30-40 orang. Bila bawa tas/koper kita bisa minta kuli untuk angkat barang kita dengan itungan 1 koper 5rb sekali angkat.

pelabuhan bangsal harga tiket ke gili

Loket di Pelabuhan Bangsal dan harga tiket resmi

Perjalanan ke gili trawangan memakan waktu 30-45 menit tergantung kapal dan cuaca/arah angin. Di gili trawangan kami menginap di Tir Na Nog Hotel, untuk ukuran gili trawangan hotel ini lumayan dekat dengan dermaga. Tapi kalo capek berjalan atau bawa barang/koper berat kita bisa sewa cidomo, yaitu andong/dokar kecil. Sebenarnya ratenya sudah ditentukan tapi ada beberapa cidomo yang bisa ditawar jadi untung-untungan saja siapa tau mendapat tukang cidomo yang lagi baik hati.

cidomo di gili trawangan

Cidomo di Gili Trawangan

Setelah check in di Tir Na Nog Hotel kami segera balik ke pelabuhan karena jadwal berikutnya adalah snorkling diantara 3 gili. Tepat pukul 10.30 kapal berangkat dengan penumpang sekitar 20an orang yang sebagian besar adalah orang asing.

Sesampainya di tengah laut kapal akan berhenti di beberapa titik untuk memberi kesempatan kepada penumpang turun ke laut. Sayangnya menurut saya kali ini operator kurang profesional, pelayanannya jauh bila dibandingkan dengan snorkling di karimunjawa. Di Gili Trawangan ini kami tidak diharuskan memakai life jacket dan guidenya kurang bertanggung jawab, saya sempat mengalami kehilangan kapal. Ceritanya pada pemberhentian pertama, penumpang turun dan mengikuti guide berenang sejauh sekitar 200m-an dan kapal akan jalan menjemput di titik finish. Berhubung saya yang terakhir turun dan bareng anak akhirnya saya ketinggalan. Sempat berpegangan pada kapal lain selama kurang lebih 10 menit agar ngga terbawa arus sampai kapal menemukan saya kembali. Untuk pemandangan bawah laut dan jenis ikan juga tidak sebanyak dan sebagus di karimunjawa. Sekitar pukul 14 WITA kapal berlabuh di Gili Air untuk sekedar istirahat dan makan siang bila ada yang berminat. Kami semua turun tepat dipantai didepan cafe Wonderland Gili Air.

Wonderland cafe gili air

Wonderland Cafe Gili Air

Tempatnya unik karena dibangun dari bambu dan berlantai 2. Disana kami bersantai selitar 1 jam untuk selanjutnya balik ke Gili Trawangan.

Jangan lupa sempatkan foto-foto disekitar pantai di Gili Trawangan karena tempatnya sangat indah, banyak cafe dan tempat santai di sepanjang pantai, sayangnya saya tidak ada waktu keliling gili trawangan karena sudah sore, jadi  cuma jalan-jalan saja disekitar hotel.

pantai di gili trawangan

Suasana Pantai Gili Trawangan di sore hari

Malam hari di gili trawangan yang sederet dengan dermaga akan sangat ramai, cafe-cafe berlomba-lomba menarik pengunjung dengan berbagai macam fasilitas, ada yang live music, DJ party, menyetel layar lebar, music romantis dll. Semua itu berada di pinggir pantai, jadi sekalian mendengarkan deburan ombak. Mungkin sebagian orang mencari ketenangan di pulau lombok sehingga bermalam di gili meno yang sepi, tetapi saya pribadi justru mencari suasana yang rame dimana di gili trawangan mayoritas penghuninya orang asing semua.

Bagi yang berkantong tipis atau ala backpacker jangan kuatir, karena di gili trawangan ada yang namanya pasar seni. Meski namanya pasar seni tapi yang di jual adalah berbagai macam makanan, mulai dari kue hingga makanan berat seperti aneka bakaran, ayam taliwang, aneka juice, gorengan dll dengan harga yang jauh lebih murah daripada makan di cafe pinggir pantai.

pasar seni makan murah di gili trawangan

Pasar seni tempat makan murah di gili trawangan

Keramaian akan berakhir sekitar pukul 11 WITA, untuk pagi hari gili trawangan akan seperti pulau mati, karena penghuninya pada tidur semua. Keesokan harinya waktu saya breakfast pukul 8 WITA yang ada dijalan hanya beberapa petugas hotel sedang bersih-bersih dan cidomo pengangkut sampah bersliweran membawa karung-karung sampah dari berbagai hotel, hanya terlihat beberapa orang asing yang sedang jogging.

Untuk kembali ke bangsal caranya sama seperti waktu datangnya cuma harga tiket tanpa admin pelabuhan jadi lebih murah, hanya 15rb saja. jangan lupa untuk foto di tulisan Trawangan warna warni yang terdapat di dermaga.

pelabuhan trawangan

Tulisan TRAWANGAN untuk kamu yang narsis

Info:
Sewa mobil dari senggigi ke bangsal 150rb.
Paket snorkling 100rb/orang termasuk google, tidak termasuk sepatu katak dan makan siang. Saya titip hotel pas booking hotel via email, kl go show banyak cuma jangan lebih dari 10.30 WITA udah ditinggal.
Harga cidomo dari Tir Na Nog ke pelabuhan 50rb tapi dapat ditawar menjadi 40rb saja.