Pantai Banyu Tibo – Pacitan

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, kecamatan Donorojo –  Pacitan, cuma berjarak sekitar 3 km atau 15 menit perjalanan dengan mobil dari Pantai Buyutan (baca post Pantai Klayar dan pantai Buyutan). Perjalanan lumayan lancar karena petunjuk arahnya sudah cukup banyak meski jalan yang dilalui sangat kecil, itulah enaknya bepergian dalam suasana low season. Saya ngga bisa bayangkan bagaimana crowdednya jalan kecil ini bila saat liburan / high season.

Berhubung sudah siang dan perut sudah mulai berontak, saatnya mengisi tenaga lagi. Untunglah di Pantai Banyu Tibo masih ada satu dua  warung yang buka meski menunya terbatas. Hanya nasi+telor goreng dan mie instant 😀

Pantai banyu tibo ini cukup unik dan bisa disebut juga air terjun karena pertemuan sungai dengan laut dimana air sungainya jatuh ke laut dengan ketinggian yang lumayan jauh. Setau saya hanya ada beberapa muara sungai yang membentuk air terjun seperti ini antara lain air terjun Toroan di Sampang, Madura dan air terjun Banyu Anjlok Malang.

pantai banyu tibo pacitan

Beberapa sudut pandang di banyu tibo

Kelihatannya air sungai yang jatuh membentuk air terjun ini sebenarnya cukup kecil, tetapi begitu jatuh bisa membentuk air terjun yang cukup besar. Ditepi air terjun disediakan tangga yang terbuat dari bambu agar pengunjung bisa mendekat ke air terjun. dan turun ke pantai, tetapi saat saya ke sana air laut sedang pasang sehingga pengunjung tidak bisa turun hingga pantai hanya diperbolehkan sampai disebelah air terjun saja, sedangkan tangga yang menuju ke pantai ditarik sehingga pengunjung tidak bisa turun. Sebenarnya bila air laut sedang surut kita bisa persis berdiri atau mandi dibawah air terjun.

sungai banyu tibo

Sungai yang tampak tenang ini sumber air terjunnya

Idealnya ke pantai ini pagi hari karena matahari masih menghadap pantai.

Selain pemandangan Banyu Tibo, bagi yang menyukai tantangan bisa menyusuri jalan setapak di tebing belakang warung tempat parkir mobil. Disana ada jalan setapak menyusuri tebing yang kata penduduk sana ujungnya sampai di pantai sebelah. Saya hanya mencoba berjalan sekitar 100 m saja untuk sekedar tau. Bagi yang takut ketinggian jangan mencoba deh daripada ntar ngga bisa balik 😀

pantai banyu tibo pacitan1

Panorama tebing dibelakang warung

Untuk tiket masuk pantai banyu tibo dewasa 3 rb dan anak 1 rb, sedangkan parkir mobil 3 rb dan motor 2 rb. Tetapi saat mau pulang saya kembali diminta uang parkir sebesar 5 rb olah penjaga lokasi.

Jangan lupa follow Instagram kami di RodaDanRoti

brosur wp

agoda2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s