Kebun Buah Mangunan Bantul – Jogjakarta

Salah satu wisata alternatif di Jogjakarta adalah kebun buah Mangunan, Dlingo, Bantul. Tapi sebenarnya lebih dekat dengan Imogiri. Untuk menuju kesana cuma 21km dari Jogja atau sekitar 45 menit-an. Dari Jogja cari saja rute ke makam raja-raja Imogiri, bila sudah sampe ke sana berarti jalan anda sudah benar hehe, tinggal sekitar 3-4 km lagi sampe. Kebun buah ini sudah lama sebenarnya ada kata orang sudah mulai tahun 2003 an, tapi terus terang saja saya baru dengar sekarang hahahaha. Cukup membayar 5rb/orang kita sudah bisa masuk ke dalam. Dari pintu masuk kita masih harus berjalan cukup jauh dan sedikit naik melewati beberapa lokasi parkir hingga sampai disebuah rumah yang bisa jadi kantor dari kebun buah Mangunan. Sebenarnya mobil dan motor masih bisa naik lagi tetapi saya lihat jalannya sangat curam, sehingga saya memutuskan parkir disini saja dan jalan kaki naik menuju anjungan pos pantau sekalian melihat-lihat pemandangan.

Kebun buah mangunan dlingo

Jalan menuju teras pandang

Sebenarnya tujuan utama orang datang kesini bukan untuk mencari buah, karena saat saya tanya sama penjaganya, saat saya datang tidak ada buah sama sekali. Lha terus apa yang dicari kalo tidak ada buah? padahal namanya kebun buah? hahahaha…….

Dikebun Buah mangunan ini yang di cari adalah buah mata alias pemandangan yang sangat super indah. Kalo dari parkiran mobil saya tadi kita cuma naik sekitar 300 meter saja untuk menuju teras pandang. Dari teras pandang ini kita bisa melihat lembah yang sangat indah dengan lika-liku dari sungai oyo yang mengalir kehijauan. Bila di lihat secara detail akan tampak juga jembatan gantung Selopamioro dari kejauhan.

view kebun buah mangunan

Panorama keindahan dilihat dari puncak kebun buah Mangunan

Harusnya bila ada waktu datang ke kebun buah ini subuh sebelum matahari terbit, akan sangat indah seperti negri diatas awan. Sayang saya hanya punya waktu siang hari, tetapi tetap saja indahnya pemandangan tidak bisa dipungkiri. Siapkan saja kamera dengan lensa yang wide agar semua pemandangan bisa terliput dengan sempurna.

Kebun buah mangunan dlingo imogiri

Beberapa sudut pandang dari puncat kebun buah Mangunan

Bila sudah mulai capek dan kepanasan bisa istirahat di beberapa gardu pandang yang sudah disediakan.

Ngga tega rasanya meninggalkan pemandangan yang sedemikian bagus, tetapi waktu sangat terbatas sehingga dengan berat hati saya meninggalkan tempat ini dengan sejuta kenangan indah.

brosur wp

Agoda

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s