Hal hal unik yang bakal kamu temui di Vietnam

Nama alias
Semua sudah tau kalau nama orang Vietnam agak susah disebutkan terutama oleh lidah orang eropa, seperti Thuong, Tran, Pham,Duong dan lain-lain. Nah bagi para pekerja wisata di Hanoi hal ini tentu menyulitkan untuk berkenalan dengan turis yang datang ditempat mereka, untuk itu kebanyakan orang hotel atau guide mempunyai nama alias supaya mudah bagi tamunya memangil mereka. Seperti ketika saya berada di Hanoi, resepsionis memperkenalkan namanya dengan Yan padahal aslinya Nguyen, juga local guide yang bernama Phuong memperkenalkan diri dengan Peter atau Pu’oi menjadi Smile. Hal ini saya ketahui karena saat berkenalan mereka memberi 2 nama, nama asli saya adalah ini tetapi kalian bisa memanggil saya dengan sebutan ini.

Kondisi lalu lintas yang kacau
Saat berjalan kaki Hanoi, Vietnam sebaiknya selalu waspada setiap saat terutama saat hendak berjalan menyebrang jalan. Karena meski kita sudah terbiasa melihat lalu lintas yang kacau di Indonesia, tetapi saat berada di Vietnam kondisi lalu lintasnya 10x lebih kacau dari Indonesia. Banyak sepeda motor yang suka menyerobot jalan atau melawan arus, bahkan hingga naik ke trotoar. Jadi saat kita menyebrang jalan sebaiknya selalu waspada dengan melihat kanan kiri depan belakang. Jangan dipikir setelah sampai di trotoar kita akan aman. Saya pernah hampir tertabrak mobil saat berjalan di atas trotoar karena saking asiknya melihat kanan kiri ternyata ada mobil yang melaju di trotoar karena melawan arah. Tapi herannya disana saya jarang melihat polisi lalu lintas juga tidak melihat adanya tabrakan antar sesame motor, mungkin karena motor yang mereka kendarai tidak terlalu cepat sehingga bisa mengerem mendadak.

lalu lintas hanoi vietnam yang crowded

Lalu lintas di Hanoi – Vietnam yang kacau

Helm unik Khusus Wanita
Gambaran wanita Vietnam yang kecil, langsing dan berambut panjang selalu ditampakkan seperti itu di lukisan atau souvenir di Vietnam. Nah karena rambut yang panjang itu selalu di kuncir kuda tentu saja bila memakai helm akan kesulitan. Untuk itu pembuat helm di Vietnam membuat helm khusus wanita dengan cara membuat lubang di Helm bagian belakang sehingga wanita yang mempunyai kuncir kuda tidak perlu bingung untuk membuka kuncirnya.

Helm khusus wanita di hanoi vietnam yang unik lubang belakang

Helm khusus wanita yang unik

Plat nomer kendaraan hanya satu sisi.
Bila di Indonesia dan sebagian Negara lainnya plat nomer kendaraan bermotor ada didepan dan belakang. Tetapi di Vietnam plat nomer kendaraan hanya berada di belakang saja.

Sepeda motor vietnam yang tanpa plat nomer didepan

Sepeda motor di Vietnam yang tanpa plat nomer depan

Masker unik untuk motor
Salah satu kebiasaan warga Vietnam dalam bermotor adalah memakai masker dari kain yang menutup rapat wajah mereka dengan bentuk masker yang unik dengan kain yang berwarna warni. Anehnya kebiasaan ini juga terlihat saat mereka naik bis atau berjalan-jalan di tempat umum.

Masker unik di vietnam hanoi

Masker unik dengan motif warna-warni

Warga Vietnam tak beragama
Vietnam adalah Negara komunis dimana 90% warganya tak beragama bila ditanya. Tetapi uniknya dihampir semua rumah di Vietnam mempunyai tempat sembahyang dan banyak kuil Budha yang tersebar disetiap lokasi / kota.

kuil di vietnam

Kuil di Vietnam

Kebiasaan kongkow
Salah satu kebiasaan unik dari warga Vietnam adalah kongkow-kongkow atau cangkruk dalam bahasa jawanya. Disetiap kesempatan baik pagi sebelum masuk kerja atau sepelah pulang kerja mereka akan duduk-duduk diwarung ditepi jalan bersama teman atau tetangga sambil makan kuaci dan minum teh. Untuknya lagi meja dan kursi yang mereka pakai berbentuk mini seperti meja kursi anak TK.

meja kursi aanak tk untuk makan di warung vietnam

Meja kursi pendek seperti anak TK untuk makan di warung

Makanan Khas Vietnam
Bila di Indonesia bakso adalah makanan favorit bahkan presiden Obama saja tau, tetapi di Hanoi, Vietnam makanan pinggir jalannya adalah Banh My, yaitu seperti roti banquette dengan panjang 20cm yang diisi irisan daging dan sayur plus toping telur atau keju. Untuk makanan beratnya Pho, yaitu mie gepeng putih dengan kuah kaldu diberi irisan daging dengan ditaburi seledri.

banh my dan pho bo vietnam

Banh My dan Pho Bo

Camilan telur rebus
Beberapa kali saya melihat PKL menjual telur rebus diarea wisata. Saya piker untuk persembahan di kuil, ternyata menurut local guide telur ini untuk dimakan begitu saja sebagai camilan. Hal ini berikutnya saya lihat juga saat berada di kereta api, petugas restorasi berkeliling menjajakan makanan dengan salah satu menunya telur rebus.

Rumah kecil dan tinggi
Bentuk rumah di Vietnam kebanyakan kecil, hanya selebar 4 meter tetapi dibuat menjulang sangat tinggi hingga sampai 7 lantai. Hal ini karena tanah di Vietnam terutama di perkotaan sangat mahal, sehingga tanah warisan dibuat tinggi keatas dengan harapan dapat menjadi tempat tinggal bagi seluruh keluarga, anak dan cucu.

rumah tinggi kurus di vietnam

Rumah yang tinggi menjulang dan kurus

Kuburan ditengah sawah
Bila diperhatikan saat lewat disawah di Vietnam, akan ada beberapa sawah yang ditengah-tengahnya terdapat kuburan. Biasanya kuburan dari kakek-nenek buyut mereka. Hal ini karena para orang tua berusaha mempertahankan sawah ladangnya agar tidak dijual oleh anak cucunya. Mana ada orang mau beli tanah yang ada makamnya? Pintar juga para orang tua di Vietnam.

Paket Tour tanpa minum
Bagi yang akan ke Vietnam sebaiknya siap-siap bujet terbesarnya digunakan untuk membeli minum, karena di Vietnam semua tour/hotel tidak menyediakan air minum. Kamu hanya akan diberi welcome drink sebotol kecil, itu pun bila local tournya bonafide. Sedangkan saat makan siang minum harus beli sendiri.

Kabel listrik yang semrawut
Disepanjang trotoar kamu akan melihat kabel-kabel listrik yang bergelantungan seperti benang kusut. Uniknya lagi kabel-kabel ini terhubung antara yang diatas dengan yang dibawah tanah sehingga ditiang listrik kadang bergelantungan gulungan kabel yang cukup menakutkan, tapi anehnya tidak ada yang tersetrum listrik meski kabel begitu semrawut.

kabel listrik semrawut di hanoi vietnam

Kabel listrik yang semrawut di Vietnam

Tulisan ini sudah dimuat di Phinemo.com

Kalo kamu pengen ke Hanoi tapi takut nga tau caranya bisa klik foto dibawah ini.

brosur wp

ShopBack

Iklan

2 thoughts on “Hal hal unik yang bakal kamu temui di Vietnam

  1. Kyaa helmnya lucuk bingits <— agak alay komennya hahaha.

    Barusan aku baca buku yang bilang bahwa kecepatan kendaraan di Vietnam (hmm apa kota besarnya aja ya?) hanya 40 km/jam. Bisa jadi karena itulah jadi jarang tabrakan.

    Makin gak sabar buat ke sana, Vietnaaaam tunggu akuuuu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s