Bunut Bolong Jembrana – Bali

Pernah dengar Bunut Bolong? Bunut dalam bahasa Bali kalo ngga salah artinya pohon yang berakar sedangkan bolong kita semua udah tau artinya yaitu lubang. Jadi Bunut Bolong artinya pohon yang berlubang. Tapi pohon dan  lubangnya bukan sembarang pohon berlubang tapi pohonnya buesar banget yang udah ratusan tahun dengan lubang yang juga besar dimana besarnya bisa dilalui oleh 2 mobil. Uniknya pohon ini berada di tengah jalan desa sehingga bila warga desa keluar masuk selalu melewati lubang yang ada dibawah pohon ini.

Mungkin jarang yang tau Bunut Bolong ini karena sebenarnya bukan obyek wisata. Tapi bagi penggemar wisata anti mainstream kita tentu saja tertarik untuk melihat secara langsung. Jadi disempat sempatkan untuk mampir.

Bunut Bolong terletak didaerah Jembrana, sekitar 1-2 jam perjalanan dari Gilimanuk (sekitar 60 km). Awalnya kita pengen kesini pas berangkat tapi karena udah kemalaman akhirnya diputuskan ntar aja deh saat pulangnya baru mampir. Nah saat pulang disempat-sempatin untuk mampir deh dari pada ntar nyesel 😀

Akhirnya saat pulang terkabul juga keinginan kita ke Bunut Bolong. Pukul 12 kurang kita sampai disana setelah mengikuti arahan dari om gugel. Untuk parkir bisa disebelah pohon persis. Lewat saja dibawah pohon dan parkir di kiri jalan. Bunut bolong ini terletak di samping pura persis di tengah jalan desa sehingga di kanan kiri masih terdapat beberapa tanah kosong dan alang-alang.

Kebetulan hari itu ada upacara keagamaan Hindu cuma saya lupa apa. Karena pas ada upacara jadinya lumayan rame dan cukup menarik. Selain banyak penduduk desa yang bersembahyang disana juga ada beberapa warung yang menjajakan makanan.

Untung ada saat-saat tertentu yang sepi dari ritual sembahyang jadinya kita bisa foto-fotoan. Karena waktu udah tidak memungkinkan jadinya cuma sekitar 25 menit kita langsung cabut yang penting acara selfie udah terlaksana.

Lokasi bunut bolong di google bisa diklik disini

dimana-bunut-bolong-bali

Bunut Bolong dari sisi depan

bunut-bolong-bali

Bunut Bolong dari sisi belakang

bunut-bolong-jembrana-bali

Selfie dibawah pohon

 iklan-dendeng-wp

buku cara mudah dan murah ke hanoi vietnam

ShopBack

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s