Wisata Surabaya

Sebagai warga kota Surabaya asli sering kali saya ditanya oleh teman atau saudara bila sedang berkunjung ke kota saya.

“Di Surabaya ada apaan sih?”

“Wisata Surabaya dimana aja?”

“Gimana cara keliling kota Surabaya?”

“Nginap dimana yang murah dan enak di Surabaya?”

Nah daripada rumit rumit mending baca aja ulasan saya ini ya, siapa tau berguna juga buat kalian yang mau ke kota saya yang tercinta ini. Dijamin bakal ngga pulang-pulang hehehe…..

Jaman dulu atau jaman saya masih SD, dipelajaran sekolah selalu Surabaya itu disebut sebagai kota Maritim atau INDAMARDI yang artinya kota Industri, Dagang, Maritim dan Pendidikan. Jadi biasanya yang kesurabaya itu dulu tujuannya cuma bisnis dan sekolah aja. Tapi itu duluuuu pas saya masih Sekolah Dasar, sekarang kota Surabaya udah jauh beda.

Saat ini sudah banyak hiburan yang ada di kota Surabaya. Selain banyak pusat perbelanjaan juga banyak hiburan untuk keluarga dan wisata kuliner yang tersebar di seluruh Surabaya. Nah ada sekarang kita bahas satu persatu yuk….

Wisata belanja:

Biasanya ibu-ibu nih yang suka tertarik dengan wisata belanja alias nge-mall. Banyak mall atau pusat perbelanjaan di Surabaya, mau yang belanja mewah ala selebritis atau belanja buat bahan jualan? Nah untuk mall ala selebritis coba aja mampir di Galaxy Mall, Tunjungan Plaza, Surabaya Plaza (Delta Plaza), Pakuwon Supermall (PTC).

Sedangkan untuk belanja kulak/grosir bisa dicoba di Pasar Atum, ITC, Pasar Turi, Pusat Grosir Surabaya (PGS), Darmo Trade Center (DTC / Pasar Wonokromo) dan Royal Plaza.

Wisata Kuliner:

Nah ini dia info yang biasanya ditunggu-tunggu oleh orang luar kota Surabaya. Karena sekarang Surabaya udah terkenal dengan Wisata Kulinernya. Wisata kuliner ini biasanya dari makanan tradisional hingga makanan ala cafe dan resto. Tapi kali ini saya tulis makanan yang bernuansa kedaerahan dan tradisional dulu deh.

  1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Letaknya di jalan Walikota Mustajab.
  2. Tahu Campur Jalan Kalasan.
  3. Tahu Tek Pak Ali Jalan Dinoyo depan Roti Suzana.
  4. Soto Madura Gubeng Pojok. Sekarang ada dijalan Kusuma Bangsa 30, Surabaya.
  5. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi. Ada di Jalan Ambengan 3A, Surabaya
  6. Gado-gado Arjuno. Ada di jalan Arjuno 127, Surabaya.
  7. Rawon Setan Jalan Embong Malang Surabaya. Lokasinya persis depan hotel JW Marriot.
  8. Semanggi Surabaya Jalan Dempo. Si Ibu jualannya dipekarangan depot Bakwan Dempo.
  9. Lontong Balap Pak Gendut. Adanya di Jalan Kranggan.

Nah itu sebagian dari wisata kuliner tradisional yang ada.

Wisata Religi:

Selain belanja dan makanan kadang ada juga sih yang mencari kedamaian batin di Surabaya dengan mendatangi beberapa lokasi yang bisa menyejukkan hati. Caranya dengan mendatangi tempat tempat keagamaan yang dianut wisatawan. Tapi kalo kamu ngga seagama dan ngga sealiran tetep boleh kok berkunjung asal tidak mengganggu dan mengikuti aturan yang ada.

Agama Islam:

Bisa mampir di Masjid Agung Surabaya (Masjid Al Akbar) yang terletak di Jalan Pagesangan Surabaya. Masjid Ampel yang terletak di daerah Pegirian, Semampir. Masjid Al Falah yang ada di Raya Darmo, Surabaya. Masjid Muhammad Ceng Hoo yang ada di Jalan Gading, Surabaya.

Agama Katholik:

Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria yang ada di Jalan Kepanjen. Gereja Hati Kudus Yesus (Katedral). Kedua gereja ini merupakan bangunan belanda yang mempunyai arsitektur unik dan indah.

Agama Kong Hu Cu:

Cobalah mampir di Klenteng Sanggar Agung di Kenjeran, disini kalian juga bisa sekalian wisata kuliner dengan mencoba sate kerang dan kupang lontong. Bisa juga mampir ke Klenteng Hong Tek Hian atau yang lebih dikenal dengan nama Klenteng Dukuh karena terletak di Kampung Dukuh. Bila beruntung kalian bisa menyaksikan pertunjukan wayang Potehi yang sudah langka itu.

Wisata Keluarga:

Nah bagi yang datang berombongan sekeluarga dan membawa anak wisata yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Wisata ini juga bisa dianggap sebagai wisata selfie atau wisata foto kekinian, dijamin pasti banyak yang tanya “lho ini dimana? kok bagus banget” hehehe…

  1. Transmart Mini Studio, terletak di jalan Kali Rungkut. Transmart ini baru aja dibuka bulan Maret 2017 ini. Jadi masih baru banget.
  2. Surabaya  Carnival Night Market, terletak di Jalan A. Yani. Tepatnya dibelakang Korem/ Gedung Golkar, sebelah pintu masuk jalan tol.
  3. Kolam renang Ciputra Waterpark yang ada di Citraland Surabaya.
  4. Food Festival yang ada di Pakuwon City Surabaya. Disini selain ada berbagaimacam makanan dan jajanan juga ada berbagai macam mainan keluarga seperti naik kuda poni, naik becak mini, sepeda tandem, carousel dan aneka permainan dan hiburan keluarga. Jam bukanya hanya malam hari ya.
  5. Ekowisata Mangrove Wonorejo, terletak di daerah Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Disini kalian bisa jalan atau jogging diseputaran hutan mangrove atau bisa juga naik kapal dan jalan-jalan di tengah hutan mangrove sembari duduk istirahat di gazebo yang ada.
  6. Hutan Bambu dan Taman Sakura yag ada di sebelah terminal Keputih.
  7. Kebun Bibit Wonorejo, disini selain taman kalian juga bisa bersantai di tepi danau atau bisa juga sekedar mencicipi kuliner di sentra kuliner disamping kebun bibit ini.
  8. Surabaya North Quay ini ada di Gapura Nusantara Perak. bagi yang doyan selfie datang ke tempat ini wajib hukumnya. Bila beruntung kalian dapat menyaksikan kapal pesiar dari luar negri yang sedang bersandar dipelabuhan.
  9. Monumen Kapal Selam yang ada di samping Surabaya Plaza, disini kalian dapat masuk kedalam kapal selam sesungguhnya lho.
  10. Museum Sampoerna ini terletak di jalan Sampoerna daerah Kalisosok Surabaya Utara. Meski namanya museum tapi museum ini dikelola secara menarik dan profesional. Ada juga cafe disebelah museum bila kalian lapar atau sekedar istirahat. Pada jam-jam tertentu ada bus wisata yang akan mengantar kalian berkeliling kota Surabaya beserta guide yang menjelaskan berbagai lokasi di Surabaya. Hebatnya city tour ini gratis lho, cuma siapa cepat dia dapat hehehe….
  11. Air Mancur Menari dan Sentra Ikan Bulak yang ada di kenjeran.

Nah sekarang kamu udah tau kan kalo ke Surabaya harus kemana dan ngapain.

Trus pertanyaan berikutnya “kalo udah tau semua, nginapnya dimana dong?” hehehe jangan kuatir, kalo cuma bermalam aja di Surabaya buanyakkk pilihan penginapan. Mulai dari dorm, losmen, homestay, hostel hingga hotel bintang 5. Carinya mudah kok, tinggal klik disini kalian udah bisa melihat semua hotel di Surabaya yang tersedia.

Urusan penginapan beres selanjutnya cara keliling kota Surabaya. Sebenarnya ada banyak cara untuk keliling kota, antara lain bisa nebeng teman kalo punya teman di Surabaya hehehe… naik angkutan umum (angkot), naik taxi (di Surabaya udah ada Grab, Uber dan Gojek) atau kalo mau murah dan santai ya sewa mobil.

Nah untuk sewa mobil di Surabaya cukup kontak Roda dan Roti Team. Dengan sewa mobil kalian ngga perlu susah-susah antri tumpangan, tinggal bilang mo kemana drivernya langsung cuzzz meluncur.

Nah tunggu apa lagi yuk segera datang ke Surabaya dan nikmati keseruan yang ada.

Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria Kepanjen Surabaya

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay

Air Mancur Menari Kenjeran Surabaya

 

Kebun Bibit Wonorejo

 

Hutan Bambu dan Taman Sakura Surabaya

Wisata Mangrove Surabaya

Eh lupa, abis berkunjung ke Surabaya kalo mau bawa buah tangan alias oleh-oleh bisa coba pesen kue di Caryabudi Klappertaart. Kue kesukaan Pak Ignatius Jonan lho.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s