Cara keliling Kuala Lumpur – Malaysia dengan mudah

Dengan banyaknya tiket murah Air Asia dari dan ke Indonesia – Malaysia pasti membuat para traveler selalu ngiler melihat murahnya harga tiket yang ada.

Tapi bagi para pemula selalu ada kekuatiran, kalo udah beli tiketnya trus gimana mau jalannya? masa pake tour? lha sama juga boong, jadi mahal dong ngga murah lagi.

Nah yang perlu di ketahui pertama kali agar ngga takut pergi ke Malaysia adalah Malaysia itu negara tetangga terdekat dengan Indonesia dimana bahasanya sebagian besar memakai bahasa melayu yang bisa dibilang 90% sama dengan bahasa Indonesia. Nah trus kenapa harus takut? kan sama aja seperti kalo kamu misal orang Medan pergi ke NTT atau kamu yang orang Kalimantan pergi ke Bali kan bahasanya sama. begitu juga kalo kamu dari Indonesia ke Malaysia atau sebagian besar pasti ke Kuala Lumpur dan sekitarnya, jangan kuatir karena orang Malaysia bisa mengerti bahasa kita kok. Apalagi banyak juga orang Indonesia yang bekerja di Malaysia, dijamin setidaknya paling sedikit kamu pernah bertemu sekali sama mereka selama ada disana.

Kalo udah selesai untuk masalah bahasa, sekarang gimana cara keliling Kuala Lumpur dan sekitarnya dengan mudah dan murah.

Sekedar tau aja kalo di Kuala Lumpur tuh ada 2 bandara utama yang beroperasi yaitu KLIA dan KLIA2. Nah Air Asia menggunakan bandara KLIA2. Karena biasanya tiket murah selalu ada di Air Asia maka yang saya bahas cukup KLIA2 aja ya, paling tidak dengan mengenal bandara ini kamu udah bisa sampai dengan selamat kok di Malaysia.

Langsung to the point aja ya. Semisal pesawat kamu sudah tiba di bandara KLIA2 dan turun pesawat, ikuti aja aliran orang keluar dari pesawat. Nanti ujung-ujungnya kamu akan tiba di antrian loket Imigrasi. Masuk saja ke salah satu loket yang sesuai dengan kriteria kamu. Pada umumnya seingat saya loket terbagi atas ASEAN, penduduk Malaysia, pekerja dan orang yang paspornya menggunakan visa seperti diluar negara ASEAN.

Nah siapkan aja paspor kamu, setelah paspor di stempel maka resmilah kamu memasuki negara Malaysia. Setelah keluar dari ruang Imigrasi kamu langsung memasuki gedung pertokoan seperti mall. Jalan aja terus ke arah luar menjauhi tempat imigrasi dan turun ke level 1.

Salah satu peta lantai di KLIA2. Klik untuk memperbesar.

Kalo udah sampai level 1 cari  loket yang berjajar disana untuk membeli tiket bus ke KL Sentral. Sejauh harga belum di revisi harga bus KLIA2-KL Sentral adalah 11 RM/orang dengan waktu tempuh 1 jam persis. Setelah membeli tiket langsung aja keluar menuju bus yang ada. Tunjukkan tiket pada kondektur dan langsung masuk bus. Nanti begitu bus penuh atau bila sudah waktunya maka bus langsung jalan menuju KL Sentral.

Loket penjualan tiket bus berjajar. Bilang aja beli tiket bus ke KL Sentral. Jangan salah loket taxi lho ya.

Oh ya, kalo kamu udah lapar sebaiknya makan dulu di KLIA2 sebelum membeli tiket bus. Di KLIA2 ada tempat makan  yang murah meriah, namanya NZ Curry House. Dijamin harganya bersahabat dengan kantong kamu. Lokasinya selantai dengan loket bus di ujung kanan. kalo kamu lihat peta lantai diatas, yang warna kuning itu (kanan bawah) lokasi NZ Curry House.

Tampak depan NZ Curry House

Beberapa pilihan menu yang ada

NZ Curry House ini spesialis menjual masakan khas India, jadi bagi kalian yang muslim tempat ini sangat cocok karena semua makanan di sini halal.

Kita kembali ke cerita awal ya, setibanya di KL Sentral dan turun dari bus, kamu wajib naik ke atas. Gunakan / cari eskalator yang menuju ke atas karena ini satu-satunya jalan menuju ke transportasi berikutnya.

KL Sentral

Setelah naik eskalator dan bila kamu melihat ruangan seperti ini berarti jalanmu udah benar hahaha.

Sekarang tinggal tentukan tujuan kamu hendak kemana. Biasanya tempat bermalam yang paling strategis dan banyak di tuju orang adalah Bukit Bintang karena disana ada banyak hiburan, makanan dan hotel tentunya. Mulai dari hotel bintang lima, apartemen hingga ala backpacker dorm tersedia disana.

Eh, sebelum keliling Kuala Lumpur ada baiknya kamu download dulu peta transportasi yang ada disana supaya mudah.

Peta sistem transportasi di KL by Wonderful malaysia

Sesuai peta yang ada untuk menuju ke Bukit Bintang kamu harus naik monorail (peta: line hijau muda). Untuk naik monorail kamu harus masuk ke pertokoan / mall yang ada di gedung sebelah. Jadi naik eskalator lagi untuk menuju Monorail Station. Kalo ngga tau tanya saja pada sekuriti yang ada atau orang orang., jangan kuatir karena mereka menggunakan bahasa melayu kok.

Untuk menggunakan sarana transportasi di Kuala Lumpur kita harus membeli tiket terlebih dahulu di mesin yang ada.

Caranya adalah:

  1. Tentukan dulu sarana transportasi yang hendak kamu naiki apakah monorail, komuter ataukah lainya. Bila hendak naik monorail tekan saja gambar monorail yang berwarna hijau muda.
  2. Setelah memilih jenis transportasinya berikutnya adalah memilih stasiun tujuan. Misal hendak ke KL Sentral maka tekanlah tulisan KL Sentral yang ada.
  3. Langkah berikutnya adalah memasukkan berapa tiket/orang yang hendak dibeli. Masukkan jumlah tiket yang hendak dibeli, nantinya disana akan keluar berapa ringgit yang harus kamu bayar.
  4. Tekan tulisan tunai atau cash pada sisi bawah layar. Setelah itu akan terlihat uang dengan nominal berapa yang bisa diterima oleh mesin tersebut.
  5. Masukkan uang sesuai jumlah tagihan yang ada. Ingat, JANGAN sampai memasukan uang yang tidak bisa diterima oleh mesin. Jadi misal tagihan kita sebesar 39RM tetapi nominal terbesar yang diterima oleh mesih adalah 20RM maka masukkan 2 lembar 20RM (atau 10RMx4 atau 20RM dan 2 10RM dll. ) jangan memaksa memasukkan nominal 50RM karena pasti akan tertolak. Masukkan uang yang bagus dan tidak terlipat pada sisi kanan mesin.
  6. Tunggu proses hingga selesai, nantinya di laci bawah akan keluar tiket sejumlah yang kita beli (berupa koin biru) dan uang kembalian.
  7. Koin biru itu merupakan tiket kamu. Nantinya di pintu masuk koin itu di tempelkan pada mesin yang ada sehingga pintu dapat terbuka. Setelah sampai ditujuan koin itu kembali digunakan untuk membuka pintu keluar, caranya adalah dengan memasukkan koin kedalam mesin pintu yang ada. Jadi jangan sampai koin biru itu hilang di tengah jalan atau dibawa pulang 😀

Untuk jelasnya bisa disimak di video dibawah ini.

Beberapa lokasi wisata  di Kuala Lumpur yang bisa dijangkau oleh train antara lain:

  1. Batu Cave menggunakan KTM Komuter
  2. Masjid Jamek (Wisatanya Masjid Jamek, Dataran Merdeka dan Bangunan Sultan Abdul Samad) menggunakan Kelana jaya Line.
  3. KLCC (Wisatanya Menara Petronas) menggunakan Kelana Jaya Line.
  4. Pasar Seni (Wisatanya Pasar Seni, Petaling Street dan Sri Mahamariamman Temple) menggunakan Kelana jaya Line.
  5. IMBI (Wisatanya Berjaya Time Square) menggunakan Monorail Line
  6. Bukit Bintang (Wisatanya Jalan Alor tempat makanan, Aneka Mall dan apartemen seperti Fahrenheit, Sungei Wang, Pavilion dll.) menggunakan Monorail Line.
  7. Putrajaya mengunakan KLIA Line

Selain menggunakan sarana transportasi train seperti diatas masih ada beberapa tempat wisata yang bisa dijangkau dengan menggunakan bus gratisan yang tersedia yaitu Go KL. Bus Go KL juga mempunyai beberapa rute yang bisa disimak di peta dibawah ini.

Peta Go KL by spad.gov.my

Dengan menggunakan Go KL kamu bisa keliling Kuala Lumpur dengan gratis cuma karena bus Go KL tidak banyak sehingga biasanya menunggu bus lewat agak lama.

Bus Go KL by static.asiawebdirect.com

Eh, ada satu lagi namanya Kuala Lumpur Hop On Hop Off, yaitu bus bertingkat dengan open deck diatasnya. Harganya sih lumayan untuk ukuran saya. Karena belum pernah punya pengalaman jadi yang minat silahkan langsung meluncur ke https://www.myhoponhopoff.com/kl/visitor.php

Nah sudah jelaskan, jadi sekarang kamu siap keliling Kuala Lumpur dengan transportasi umum yang ada.

Bagi yang kepo pengen tau kisah perjalanan kami dapat disimak di https://rodadanroti.com/category/luar-negeri/malaysia/

NB: Mungkin tulisan saya ini jauh dari sempurna, nah bagi yang punya info tambahan jangan sungkan untuk memberi komen di bawah agar teman teman yang lain dapat semakin mudah dalam berkeliling Kuala Lumpur ya.

Jangan lupa follow IG @rodadanroti ya

Iklan

3 thoughts on “Cara keliling Kuala Lumpur – Malaysia dengan mudah

  1. Ping-balik: Cara Naik Bus Antar Kota di Malaysia | Roda dan Roti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s