The Onsen Resort – Batu

Mimpi bisa ke Jepang? yah sementara untuk menghibur diri, bagi orang Jawa Timur sekarang ada yang namanya The Onsen Resort. Letaknya di Jalan Arumdalu Songgoriti.

Kalian pasti tau kan apa itu onsen? Di Jepang, onsen itu adalah tempat berendam di air panas dalam keadaan bugil sehingga ada onsen khusus laki dan onsen khusus wanita. Oh ya, bagi yang mempunyai tatto tidak diperbolehkan untuk memasuki dan menikmati onsen.

Nah  The Onsen Resort ini mengadopsi onsen yang ada di Jepang persis seperti aslinya. Begitu masuk kami sudah langsung disambut dengan suasana Jepan. Mulai dari resepsionis, taman, kolam, resto hingga cottage semuanya sudah sangat Jepang banget.

Karena sebelumnya sudah booking jadi kami tinggal lapor saja ke resepsionis untuk kedatangan kami. Terdapat welcome drink di resepsionis yang bisa kita minum sepuasnya 😀 , untuk breakfast esok pagi kami diberi 3 opsi, mau menu ala western, indonesia atau jepang. Saya sih mencoba yang ala Jepang tentunya, udah memasuki nuansa Jepang masa breakfastnya Indonesia.

Setelah semua proses administrasi selesai, dengan tidak sabar kami segera menurunkan koper dan tas dari mobil untuk dibawa ke kamar. Uniknya kami mendapat fasilitas antar jemput naik mobil golf, mungkin karena untuk menuju cottage agak jauh dan rasanya cukup sulit bila harus geret-geret koper menuju cottage yang ada.

Kebetulan cottage kami bernama Kyoto. Semua cottage dinamai sesuai kota-kota yang ada di Jepang seperti Kobe, Tokyo, Osaka dan lain-lain.

Untuk type cottage ada dua macam, ada yang 2 kamar dan ada yang 3 kamar. Karena kami ber 6 jadinya kami ambil yang 3 kamar. Untuk yang 3 kamar terbagi atas 1 kamar utama dengan toilet dalam, sedangkan 2 kamar lainnya tanpa toilet jadi menggunakan toilet luar atau toilet bersama.

Begitu memasuki cottage, suasana Jepang langsung terasa jauh lebih kental. Ruang tengah terdapat sebuah meja dengan bantal duduk sebagai alas duduknya.

Semua cottage menghadap ke lereng gunung dimana bila pagi kita dapat melihat paralayang yang sedang terbang.

Nah dimana onsennya? Disetiap cottage terdapat private onsen, sehingga bila kita mau bugil seperti di Jepang asli pun tidak ada yang bisa melihat karena onsennya berada didalam cottage masing-masing. Cuma sayang saat ini onsen hanya dinyalakan malam hari saja mulai pukul 19 hingga 21. Air onsen ini berasal dari air sumber asli pegunungan yang mengandung belerang, sehingga air yang keluar agak sedikit keruh.

Ditiap kamar udah disediakan kimono sebagai salah satu asesoris bila kita mau foto-fotoan.

Karena waktu masih sore ngga pake lama kami segera aja keliling lokasi untuk melakukan foto-fotoan. Ngga mau rugi sih hahahaha.

Nah ini beberapa foto yang kami lakukan, silahkan dinikmati. Semoga foto-foto yang ada dapat membantu bagaimana suasana di The Onsen Resort ini ya.

Resepsionis The Onsen Resort

Golf Car yang mengantar tamu ke depan cottage

Deretan cottage dengan nama kota di Jepang

Ruang tengah cottage

Teras belakang yang terdapat kolam onsen private

Kamar utama cottage, ditiap kamar sudah tersedia kimono

Toilet bersama

Teras cottage yang langsung menghadap gunung

Beberapa lokasi spot foto

Beberapa spot foto

Fushimi resto, tempat lokasi makan pagi

Nah ini dia kami sedang menikmati onsen

Suasana di pagi hari

Suasana pagi hari sebelum saya breakfast

Fushimi Resto tempat breakfast

Menu Breakfast, kiri Japan Style kanan Indonesian style

Sebenarnya bila kita tidak mau bermalam tapi hanya mau berendam saja bisa, karena The Onsen Resort menyediakan public onsen. Tetapi saat ini public onsen masih belum dibuka. Mungkin Desember 2017 baru akan dibuka untu menyambut natal dan tahun baru, tetapi rasanya dengan kolam onsen yang tidak terlalu besar pasti akan dibatasi pengunjung yang masuk.

Genki Onsen, public onsen yang saat saya datang belum buka

Public onsen, tempat membilas badan sebelum masuk kolam

Ini public onsen yang bakal dibuka nantinya

Selain itu rasanya The Onsen Resort juga punya gedung pertemuan atau meeting room, letaknya disebelah Fushimi resto. Bushido room atau Bushido hall.

Bushido hall

Pasir unik antara Fushimi Resto dengan Bushido Hall

Untuk harga saat saya berkunjung kemarin 8 November 2017:

Untuk 3 kamar Rp 3.950.000,-

Untuk 2 kamar Rp 3.000.000,-

Discount 50% untuk hari senin-kamis, discount 30% untuk hari jumat dan discount 20% untuk hari sabtu-minggu.

Fasilitas tambahan:

  1. TV Cable cukup banyak pilihannya
  2. WiFi cukup kencang
  3. Mineral water tersedia 6 botol
  4. Kopi, teh tersedia dalam sachet.
  5. Telpon ke resepsionis bisa digunakan untuk meminta bantuan mobil golf bagi yang tidak kuat jalan atau membawa koper saat check out.

Bila bingung cari lokasinya, masuk saja ke kompleks wisata Songgoriti, jalan saja terus menuju pintu keluar. Nah The Onsen Resort ini berada paling 500m sebelum pintu keluar.

Info tambahan:
Menurut info terbaru dari Grup Liburan di FB, saat ini untuk masuk dan sekedar foto di The Onsen Resort dikenakan biaya sebesar 50rb/orang.

Disclaimer:
Review dari penulis hanya berdasarkan pengalaman yang didapat penulis selama bermalam dan menggunakan fasilitas yang ada. Bisa jadi pengalaman setiap orang berbeda dikarenakan beda waktu, beda kamar dan beda suasana sehingga tidak dapat diambil sebuah kesimpulan akan mendapat pengalaman yang sama persis.
PENULIS BUKAN MARKETING ATAU PEMILIK HOTEL, Tetapi hanya sebatas sebagai reviewer saja.

Klik foto for info (android)

Iklan

7 thoughts on “The Onsen Resort – Batu

  1. Tepuk tangan..
    Saya suka banget foto-foto resort ini (meskipun harusnya bisa lebih fotogenik).
    Sempurna banget buat bikin photo session a la Jepang, dan kimono pinjemannya itu mantap. Mau tanya, tiap cottage ada fasilitas dining room atau pantry gitu kah? Ada kompornya kah? Harganya terlampau ajib menurut saya, kalau cuma jual suasana keJepang-jepang-an..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s