Pantai Sendang Biru, Goa Cina, Bajul Mati

Liburan lebaran kali ini mencoba berkunjung ke Pantai Sendang Biru, Goa Cina dan Bajul Mati. Dimana tempatnya? pantai-pantai tersebut terletak di malang selatan, tepatnya berada di pantai laut selatan. Jarak dari Surabaya ke sana sekitar 180km atau sekitar 3,5 jam perjalanan dengan mobil. Sesampainya dimalang ambil jalan menuju Desa Gondanglegi / Turen nanti dari sana ada petunjuknya kearah Sendang Biru sekitar 48 km lagi. Setelah menempuh jalan yang berliku dengan naik turun 2 gunung akhirnya sampai juga di sendang biru yang merupakan dermaga perahu tradisional. Dipintu masuk kita harus bayar 11rb/orang dan diparkiran bayar 5rb/mobil.

Disana kita bisa naik perahu menuju Pulau Sempu atau hanya berkeliling naik perahu. Untuk sewa perahu dipatok tarif 100rb/perperahu isi maksimal 11 orang. Atau menuju pulau sempu dan akan dijemput bila sudah selesai dengan cara menelopn tukang perahunya. Disarankan bawa makan dan minum dari rumah karena disekitar sana hanya ada makanan/minum yg sangat sangat sederhana.

Pantai Sendang Biru dengan latar belakang Pulau Sempu

Setelah cukup foto-fotoan kita jalan lagi ke Pantai goa cina yg cuma berjarak 5 km an dari sendang biru. Awalnya jalannya mulus karena jalan baru, tapi ditengah jalan ada petunjuk kekiri tempat pantai goa cina berada dan ternyata jalannya masih makadam dan tadi pagi baru saja ujan OMG !!! ditengah jalan makadam ada jalan yg tidak berbatu sepanjang 20m an jadi kl tidak hati2 mobil kita bisa masuk lumpur dan ngga bs jalan.

Jalan masuk ke Pantai Goa Cina yg masih makadam dan berlumpur

Tapi urusan jalan makadam dibayar dengan pemandangan yg bagus dan pantai yang putih bersih. Untuk harga karcisnya  5rb/orang dan parkir 7rb/mobil.

Pantai Goa Cina diambil dari depan Goa

Terdapat banyak orang jual kelapa muda seharga 8rb/buah. Juga tersedia gubug2 untuk kita istirahat.

Kenapa disebut Goa Cina, konon disana dahulu kala ada seseorang tionghoa yang bertapa disalahsatu goa disana hingga mencapai suatu titik kesaktian dan akhirnya moksa. Sekarang goa tersebut sering digunakan orang-orang untuk bertapa juga. Banyak dupa yang masih tertinggal disana bekas sembahyang beberapa orang.

Saya didalam Goa Cina dengan latar belakang sisa-sisa sesajen

Dari goa cina menuju Pantai Bajul Mati hanya berjarak 1-2 km saja pantai Bajul mati lebih banyak rerumputan dan tidak terlalu berombak. Sayang tidak ada fotonya karena kita ngga masuk hanya berhenti sebentar. Untuk karcisnya 5rb/orang.

Mengingat waktu sudah sore akhirnya kita balik ke Surabaya, tapi sebelumnya sempat beberapa saat foto2an di jembatan bajul mati yg rada unik disainnya. berbentuk setengah lingkaran

Update 07-2015:
Saat ini sudah ada jalan terhubung antara sendang biru, Pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati dengan Pantai Balekambang dan Pantai Kondang merak. Semoga jalan penghubung ini bertahan lama dan tidak cepat rusak.

Follow Instagram kami di RodaDanRoti

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s