Goa Tabuhan – Pacitan

Salah satu Goa yang cukup kondang di Pacitan selain Goa Gong adalah Goa Tabuhan. Letaknya di desa Bomo Kecamatan Punung, Pacitan. Sebenarnya sangat mudah untuk mencapai tempat ini karena satu jalan dengan pantai Klayar dan Goa Gong. Dari Pacitan kota kita tinggal jalan saja ke arah Solo (Raya Pacitan-Solo) sekitar 16 km sampai menemukan jalan  punung goa gong di sebelah kiri (acuannya sebelum SPBU), karena Goa Tabuhan ini cukup terkenal jadi jangan kuatir tersesat, ngga begitu jauh dari Goa Gong, cuma berjarak sekitar 30 menit perjalanan naik mobil.

Karena Goa Tabuhan ini paling mudah di jangkau dan paling luar, maka saya kunjungi paling akhir. Cukup membayar tiket masuk 5rb/orang dewasa dan 3 rb untuk anak plus parkir 5 rb kita sudah bisa masuk ke dalam.

goa tabuhan pacitan

Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan tidak sebesar Goa Gong, hanya mulut goa saja yang besar tetapi ujungnya mengerucut dan akhirnya buntu didalam.  Pengelolaan Goa Tabuhan tidak sebagus  Goa Gong hal ini dapat dilihat dengan tidak adanya lampu hias didalam Goa sehingga goa gelap gulita. Tapi kita bisa menyewa lampu senter ke guide dengan harga 5rb saja dan tips guide sukarela.

Konon goa tabuhan ini adalah tempat bertapa dari Sentot Prawirodirjo, seorang panglima perang di jaman Pangeran Diponegoro tahun 1825. Tetapi jauh sebelum itu goa ini sudah dihuni oleh manusia prasejarah ribuan tahun silam.

Goa tabuhan

Stalaktit diatas papan petunjuk ini yang berbunyi jika ditabuh

Bagi yang mau mendengarkan suara tabuhan mirip gamelan bisa membayar sebesar 150rb kepada guide, nanti anda akan bisa menikmati alunan musik dari stalaktit yang dipukul kurang lebih 6 lagu.

Sebenarnya masih ada beberapa obyek wisata goa lagi yang ada seperti yang saya baca yaitu Goa Putri dan lainnya tetapi waktu sudah tidak memungkinkan untuk berkunjung ke sana.

brosur wp

agoda2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s