Museum Tubuh Manusia – The Bagong Adventure Batu

Salah satu kreasi dari Grup Jatim Park ini sebenarnya sudah cukup lama dibuka yaitu pertengahan Desember 2014, cuma karena belum ada waktu maka baru kali ini kami ke Museum Tubuh ini.

Lokasi Museum Tubuh ini satu area dengan Jatim Park 1, yaitu di Jalan Kartika no. 2 Batu dengan jam buka 8:30 – 16:30. Jadi kalau kesulitan cari lokasinya sebaiknya cari saja dulu Jatim Park 1, karena tempat parkirnya juga ditempat yang sama.

Saat kami datang ke sana ternyata sedang ada promo paket Pahe 4 istilah mereka yaitu cukup membayar 50rb untuk weekday dan 80rb untuk weekend kita akan bisa masuk ke 2 lokasi wisata. Pilihannya Museum Tubuh dan Jatim Park 1 atau Museum Tubuh dan Predator Fun Park. Nah karena kami juga belum pernah ke Predator Fun Park ya sudah kebetulan, sekalian saja ambil paketnya.

Sebelum masuk ke The Bagong Adventure alias Museum Tubuh jangan lupa untuk berfoto didepan gedungnya karena bentuk gedungnya lucu banget, seperti Bagong yang sedang tidur dengan mulut membuka lebar dan tangan yang menyapa kita. Uniknya lagi pintunya adalah mulut si Bagong, jadi seakan-akan kita benar-benar masuk kedalam tubuh si Bagong dan menjelajah didalam organ tubuh si Bagong  😀

pintu masuk museum tubuh bagong adventure batu

Suasana di pintu masuk Museum Tubuh

Sejak awal masuk kedalam mulut sudah banyak ilmu yang bisa kita baca di dinding, jadi jangan cepat-cepat masuk ya. Lokasi loket ada disebelah kanan, silahkan memilih paket yang hendak dibeli. Seperti di awal tadi kami memilih paket Pahe 4 seharga 80rb per orang. Jangan lupa melihat ke atas ya, karena diatas atap ada otak si bagong yang sedang di gantung hehehe dan di tengah ruangan ada potongan tubuh manusia yang diiris tipis dan ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai orang tidur.

Ruang pertama yang kami masuki adalah ruang lidah, disini kita bisa belajar mengenai titik-titik di sebelah mana rasa manis, pahit, asin dirasakan oleh lidah. Bagusnya lagi disetiap ruangan terdapat kakak-kakak penjaga yang menerangkan dengan jelas  dan detail setiap organ tubuh yang kami masuki. Setelah dari ruang lidah dilanjut ke ruang telinga, disini sama seperti lidah kami diberi tau bagaimana cara membersihkan telinga yang baik dan benar, bagaimana suara bisa kita dengar dan sebagainya.

museum tubuh di ruang mulut dan telinga

Ruang mulut, penjelasan kakak penjaga diruang telinga dan ruang hidung

Naik satu lantai melalui lift kita masuk ke ruang hidung. Lucunya pintunya berbentuk lubang hidung dan ada bulu hidung sebagai tirainya 😀 Setelah kami diterangkan mengenai hidung dan cara merawat hidung dan cara pertolongan bila mimisan perjalanan dilanjutkan ke ruang berikutnya yaitu otak. Disini kami diuji apakah menggunakan otak kiri ataukah kanan dan dihubungkan dengan sifat keseharian kita. Kalian bisa juga melakukan test otak dengan mengikuti cara dibawah ini.

test otak ala museum tubuh batu

Test otak ala Museum Tubuh (klik gambar untuk memperjelas)

Zona berikutnya adalah zone mata, disini kalian bisa melakukan test apakah mata kalian masih sehat atau sudah harus pakai kacamata, bagi yang mempunyai anak kecil dan takut dengan dokter tidak ada salahnya coba-coba saja test apakah anak kalian matanya masih sehat.

Zona berikutnya cukup unik, karena ada si robot lucu yang bisa bercerita mengenai pilek dan influenza, juga ada bermacam alat peraga yang bisa dipinjam seakan-akan kita menjadi pasien dan dokter. Di zona pembuluh darah ada screen yang besar yang menceritakan tentang darah. Lanjut lagi berikutnya kita memasuki zona jantung, paru-paru, hati, lambung, usus, dan ginjal. Jangan lupa selain membaca dan mendengarkan penjelasan dari kakak-kakak penjaga kalian juga harus berfoto disetiap zona ya karena tempatnya sangat unik, kapan lagi bisa foto dengan organ tubuh raksasa hehehe.   Untung karena minggu biasa sehingga pengunjung tidak terlalu banyak, jadinya kami dapat menerima penjelasan dengan baik dan bisa foto tanpa banyak orang yang lalu lalang. Sayang sudah ada beberapa alat peraga yang rusak padahal baru berumur kurang dari satu tahun.

Museum tubuh, alat peraga untuk selfie

Beberapa alat peraga untuk selfie

Setelah  keluar dari zona ginjal jangan langsung turun karena di ruangan ini ada fasilitas cek darah gratis sodara-sodara 😀 . Ya, beneran gratis lho. Awalnya daftar dulu dimeja paling kanan sekalian pertisa tekanan darah, abis gitu kami disuruh memilih mau periksa gula darah, asam urat atau kolesterol. Jadi 1 pengunjung cuma bisa memilih 1. Untuk anak-anak bisa memanfaatkan periksa golongan darah, siapa tau papa mamanya golongan darah A dan anaknya golongan darah B artinya anak anda adalah anak tetangga wkwkwk.

Diruangan ini kita juga bisa melakukan cek osteoporosis secara gratis, timbang berat badan dan mengukur tinggi badan. Uniknya saat ukur tinggi badan di tiap centinya terdapat nama-nama artis yang tingginya seukuran itu.

periksa darah du museum tubuh

Atas: Ruang paru dan pembuluh darah. Bawah: ruang laboratorium, periksa darah gratis

Setelah dari ruangan ini, kami turun ke bawah menggunakan lift menuju Cinema 3D. Diruangan ini sekali lagi terdapat alat peraga seperti ruang operasi dan patung ibu hamil yang bisa digunakan untuk foto-fotoan. Terdapat penjelasan mengenai DNA, ukuran kehamilan dan kondisi bayinya dan berbagai macam tentang bayi dan kehamilan. Diujung ruang ini cinema 3D berada, ternyata filmnya bercerita tentang bagaimana sel sperma bisa membuahi sel telur.

ruang DNA dan proses melahirkan museum tubuh

Ruang DNA dan proses melahirkan

Keluar dari cinema 3D kami turun lagi ke lantai 1 dimana terdapat zona terakhir yaitu tulang dan zona exhibition. Pada zona exhibition ini ada Cadaver dimana anak-anak dilarang masuk dan kami tidak diperbolehkan membawa kamera. Cadaver adalah tubuh manusia asli yang dimumifikasi sedemikian rupa untuk ilmu pengetahuan, jadi terdapat irisan-irisan yang memperlihatkan isi tubuh saat kita bergerak seperti saat balet, bermain bola dan lain-lain. Bagi yang tidak kuat disarankan sebaiknya tidak usah masuk sajalah daripada nantinya mimpi buruk. Ruangan ini dijaga sangat ketat, jadi keluar masuk harus bergantian dengan pintu tertutup yang dijaga.

Cukup lama juga kami berada di Museum Tubuh ini, sekitar 2,5 jam. Padahal tidak semua keterangan kami baca, mungkin bila musim libur dan semua keterangan dibaca satu persatu bisa memakan waktu 3-3,5 jam ya. Jadi bila mau datang hitung saja dulu waktunya.

brosur wp

Agoda

Iklan

2 thoughts on “Museum Tubuh Manusia – The Bagong Adventure Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s