Changsha dan Changde – Hunan China

Dari Bandar Seri Begawan seperti cerita saya sebelumnya, kami take off pukul 19.40 menggunakan pesawat Royal Brunei kembali. Kali ini kami mendapat hidangan dinner yang cukup mewah. Diawali dengan cemilan kacang dan welcome drink jus buah setelah itu dilanjutkan dengan makanan utama dan sebagai penutupnya es krim. Hmm betul-betul dimanjakan. Setelah kenyang waktunya lihat film yang tadi pagi belum selesai di tonton.

Menu dinner di Royal Brunei

Setelah terbang menembus malam selama hampir 4 jam akhirnya kami landing juga di Changsa, salah satu kota terbesar di propinsi Hunan China. Waktu menunjukkan pukul 23.30 dan kami masih harus antri imigrasi dan mengambil bagasi. Lagi-lagi guide sudah siap didepan bandara dengan memegang tulisan nama grup kami. Cepat-cepat deh naik ke bus karena udah ngantuk daaaann jreng-jreng-jreng begitu masuk bus ternyata wow busnya VIP punya wkwkwkwk. Gila nih tempat duduknya model sofa dengan kursi 2-1. Mantap nih bus yang bakal kami pake selama 9 hari lho.

Bus VVIP yang mengantar kami selama 9 hari kedepan

Setelah berjalan sekitar 40 menit akhirnya tiba juga kami semua di Longchamp Garden Hotel. Nih hotel bintang 5 gaes dan kamarnya sangat besar. Kalo saya bilang nih fasilitasnya hampir sama dengan apartemen lha sampai meja setrika baju pun disediakan disini hahaha. Dah bakal pules deh malam ini tidur saya.

Long Champ Hotel Changsa

HARI KEDUA

Pukul 7 morning call, mandi langsung breakfast. Pukul 9 kami langsung berangkat menuju ke kota Changde. Perjalanan cukup santai sehingga kami bisa kembali istirahat. Pukul 12 akhirnya tiba juga di Changde, makan siang dulu yah supaya kembali semangat. Lagi-lagi menu makanan yang super lengkap ada di depan kami.

Menu makan siang yang wow

Setelah makan destisasi pertama di Changde yaitu Poem Wall. Sebuah dinding yang berisikan tulisan puisi yang merupakan terpanjang di dunia dan mendapatkan sertifikat Guiness Book of Record. Dinding ini mempunyai panjang 3 kilometer dimana sepanjang tembok dihiasi aneka macam tulisan dan puisi dari berbagai seniman di China. Dinding ini berada di sepanjang sisi sungai Yuanjiang

Poem Wall Changde

Dari Poem Wall kami menuju ke Willow Lake. Disini kami menikmati keindahan danau yang sangat bersih. Ditengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang hanya bisa dijangkau dengan menaiki perahu. Penyeberangan hanya memerlukan beberapa menit saja dan kami sudah tiba di pulau kecil tersebut.

Willow Lake Changde

Ternyata di tengah pulau terdapat sebuah café dengan ruangan yang sangat artistic dan ber AC. Kami bersantai sejenak di café ini sambil menikmati beberapa minuman yang bisa di pesan. Capek hilang dan kamipun kembali ke darat dengan menggunakan kapal kembali.

Tujuan berikutnya ke German Town, sebuah komplek perbelanjaan yang mengusung thema toko ala German. Dibeberapa titik tampak patung-patung berciri khas Jerman, begitu juga dengan toko yang ada di sana. Toko toko ini menjual berbagai macam merek terkenal dunia seperti Braun Buffel dan merek terkenal lainnya. German town ini terletak di samping aliran sungai yang juga bagus untuk di lihat karena airnya bersih dan banyak bunga-bunga bermekaran disana.

Cerman Town Changde

Dari German town kami kembali ke parkiran bus. Disamping parkiran bus in terdapat Changde DaXiao Road yaitu pasar malam  yang menjajakan aneka jajanan disepanjang jalan dengan bangunan model china kuno. Dibeberapa titik terdapat patung-patung tembaga berukuran orang dewasa yang bisa kamu gunakan untuk foto.

DaXiao Road Changde

Udah sore udah capek, waktunya makan malam. Setelah makan baru kami diantar ke hotel. Kali ini hotelnya berada di tengah kota nih, asyiknya persis disebelah hotel ada Hypermart dimana kamu bisa membeli oleh-oleh. Btw saya sudah membuktikan bahwa membeli oleh-oleh makanan tuh yang paling murah di setiap negara adalah di supermarket.

Makan malam dan mall di depan hotel

Selain disebelah Hypermart jalan 100 meter lagi terdapat perempatan yang terdapat mall cukup besar. Kamu bisa cuci mata disana juga.

Zeyun hotel Changde

Ok sampai jumpa besok di artikel berikutnya. Jangan lupa follow terus ya. Saya mau belanja dan cuci mata dulu ke seberang hotel.