Wisata Air Umbul Ponggok – Klaten, Jawa Tengah

Udah ada yang pernah dengar wisata air Umbul Ponggok? Kalo saya sih udah dari dulu, cuma baru kali ini sempat datang kesana. Dalam bahasa jawa umbul artinya mata air, sedangkan ponggok adalah nama desa dimana mata air itu berada, yaitu di Klaten Jawa Tengah.

Terus disana ada apa sih yang menarik? Sebenarnya jaman dulu air yang keluar dipergunakan sebagai irigasi perkebunan, tapi sekarang mata air ini juga digunakan sebagai wisata air yang cukup unik. Nah menariknya air yang keluar ditampung dalam kolam batu berukuran sekitar 40×70 meter dengan kedalaman 1,5 meter, berisikan aneka ikan berwarna warni sehingga para pengunjung bisa berenang dan berfoto bersama ikan-ikan tersebut.

Tapi sebenarnya wisata utamanya adalah foto didalam air dengan menggunakan berbagai macam asesoris yang tersedia disana (dengan sewa tentunya).

Biar jelas, saya ceritakan mulai dari awal ya pengalaman kami.

Umbul ponggok terletak di kota Klaten dengan maps https://goo.gl/maps/CLXe7T1CzSS2 ikuti saja peta dari google maps ini agar tidak tersesat, karena lokasinya agak masuk ke dalam desa. Untuk parkir motor lebih mudah, tetapi parkir mobil agak susah karena jalan didepannya tidak terlalu lebar, untung kami ke sini pada saat low season sehingga dapat parkir dihalaman rumah penduduk yang memang di sewakan untuk parkir umum dengan biaya parkir mobil 10rb.

Saat kami membayar biaya parkir datanglah seseorang yang menawarkan foto dalam air dengan model ala calo 😀 dengan biaya 60 rb/30 menit/asesoris atau 100rb/1,5 jam/2 asesoris. Harga itu belum termasuk biaya asesoris yang dipilih. Juga belum termasuk makanan ikan sebagai umpan. Nah karena orangnya ngga meyakinkan maka kami bilang pikir-pikir dulu aja sambil masuk ke dalam, pikir kami nanti di dapampasti ada juga kan tukang fotonya. Si bapak bilang kalo emang berminat nanti datang aja ke warung / stand nomer 12 dipinggir kolam.

Akhirnya kami jalan saja menuju loket masuk untuk membeli tiket masuk yaitu 15rb/orang plus mendapat snack seperti kripik. Nah benerankan, didalam ada loket foto. Tapi setelah kami tanya kok rasanya lebih mahal ya? untuk satu asesoris sih sama harganya 60rb/30 menit/asesoris. Tapi untuk 2 asesoris jadi 120rb/60 menit/2 asesoris. Jadi artinya cuma di kali 2 aja, plus ditambah 2 rb untuk makanan ikan. Sedangkan si bapak yang diluar tadi 100rb/1,5 jam/2 asesoris hehehe.

Jadi mikir nih kita, ujung-ujungnya kita putuskan ambil paket di tempat si bapak di warung nomer 12 plus bonus makanan ikan 😀

Untuk asesoris kami pilih motor Vespa warna merah kuning biar warnanya menyolok saat di foto. Oh ya, saran kami sebaiknya kalian menggunakan pakaian yang sesuai dengan tema yang di pilih, jadi menggunakan pakaian biasa, jangan pakaian renang karena ntar jadinya konyol ya ngga sesuai asesoris yang ada.

Awalnya kami berencana ambil 2 asesoris tapi berhubung saat satu asesoris dilalui rasanya kok napas udah pada abis hehe akhirnya aksesoris ke dua batal deh, untung sebelumnya udah janjian dulu sama si bapak.

Selain free makan ikan kami juga diberi free locker untuk menyimpan pakaian dan barang-barang kami selama foto-foto berlangsung.

Sebenarnya selain foto dalam air banyak juga fasilitas lain di Umbul Ponggok ini yaitu ponggok warrior, diving, under water walker dan persewaan google, sepatu katak, pelampung, kamera dll.

Nah bagi kalian yang mau ke Umbil Ponggok sebaiknya hari biasa deh karena kalo hari libur atau high season bisa-bisa antrinya lama atau paling ngga latar belakangnya ngga bisa bersih karena ada orang lain yg berfoto juga.

Pengeluaran kami di Umbul Ponggok:

  1. Parkir mobil 10rb
  2. Tiket masuk 15rb/orang
  3. Paket foto 60rb/30 menit/1 asesoris (Paket foto udah termasuk dengan fotografernya lho ya)
  4. Sewa asesoris Vespa 50rb
  5. Toilet untuk ganti dan mandi 2rb/orang

Semua hasil foto diberikan pada kita ya, baik yang bagus maupun yang jelek. Selain foto kami juga diberi video under water, jadi jangan lupa bergaya saat dibawah air hehe.

Eh ketinggalan ada yang belum di ceritakan. Jadi nanti bila kamu ambil asesoris misalkan vespa seperti punya kami, nah baru vespanya dimasukkan kedalam air. Jadi ngga semua asesoris itu ada didalam air lho, yang di pake baru dimasukkan. Ribet juga ya harus keluar masukkan asesoris segede gitu 😀 tapi kalo ngga gitu ya bisa-bisa penuh juga kolamnya.

Setelah asesoris siap barulah kami masuk kedalam kolam. Sebelum menyelam pinggang kami diberi ikat pinggang besi dengan berat sekitar 6 kg. Fungsinya agar kami lebih mudah tenggelam dan mudah bergaya didalam air sehingga ngga langsung mengambang. Jangan lupa tetap tersenyum walaupun didalam air.

Daftar harga asesoris

Bisa diving juga

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s