Pulau Rinca – Pulau Komodo

Akhirnya saya bisa juga mewujudkan impian saya melihat si komodo di habitat aslinya. Pulau Rinca ini adalah salah satu pulau utama dan wajib di kunjungi saat berlayar di kepulauan komodo, ya pasti lah karena untuk melihat dan berfoto dengan si komo cuma bisa di pulau Rinca ini.

Pukul 16 waktu setempat kami tiba di dermaga pulau Rinca. Pulau Rinca ini adalah salah satu dari empat pulau yang dihuni oleh komodo. Pulau yang lain adalah pulau Komodo, pulau Padar dan gili Motang. Tetapi hanya di pulau Rinca inilah kita bisa melihat Komodo dengan jelas dibantu para Ranger.

Wilayah tempat para Ranger ini berada bernama Loh Buaya. Konon di sini dulunya berupa rawa rawa dimana banyak buaya yang hidup di area ini. Untung saat ini sudah jarang terlihat buaya, kalo ngga bisa bisa turis yang datang melewati dermaga di sergap buaya  😀

Taman Nasional Komodo (Komodo National Park) ini merupakan salah satu suaka marga satwa yang ada di Indonesia dan merupakan World Heritage Site yang sangat terkenal di dunia.

Dermaga pulau Rinca, jalan setapak menuju pulau, gerbang Loh Buaya pulau Rinca

Karena waktu sudah sore, kami bergegas memasuki pulau rinca ini. Dari dermaga kami harus berjalan kaki cukup jauh melewati jalan setapak ditengah padang savana. Ditengah padang savana tampak beberapa bangunan yang merupakan rumah pada ranger. Disini kami di briefing oleh seorang ranger. Intinya kami harus selalu berjalan dalam satu grup jangan sampai terpencar, bagi wanita yang sedang datang bulan sebaiknya lapor pada ranger agar mendapatkan pengawasan yang lebih ketat.

Karena jumlah kami cukup banyak, maka kami mendapatkan pengawalan dua orang ranger, satu didepan dan satu dibelakang. Opsi yang ditawarkan ada 3 jenis trip, long, medium dan short. Karena kami udah kesorean maka cukuplah yang short saja toh yang penting kami udah merasakan jalan di pulau Rinca ini 😀

Briefing oleh ranger, komodo di sekitar rumah ranger

Didalam hutan kami sempat mampir ke sarang Komodo, ternyata komodo ini adalah binatang individual dimana mulai dari bayi hingga dewasa berdiri sendiri tanpa koloni tanpa keluarga dan saling kanibal. Sehingga anak komodo setelah lahir hidupnya diatas pohon untuk menghindar dari pemangsa, termasuk ayahnya sendiri dan setelah tua akan dikanibal oleh sesama komodo saat mati. Uniknya komodo ini tidak bisa memangsa babi hutan karena kalah lihai dan kalah cepat larinya.

Setelah satu putaran rute pendek kami akhirnya berkesempatan untuk ber foto bersama si komo ini. Lokasi foto selalu ada di sekitar rumah panggung para ranger. Komodo yang menjadi obyek foto ini ada sekitar 5 ekor dan lucunya tiap hari mereka ada disana. Hal ini karena tiap pagi mereka mencium bau masakan yang sedang di masak para ranger di pagi hari. Sedangkan saat malam mereka balik ke hutan. Oh ya, sekedar info bahwa Komodo ini adalah binatang siang hari, artinya saat malam mereka tidak beraktifitas karena jarak pandang mereka terganggu saat malam hari jadi mereka termasuk golongan rabun senja hahahaha.

Setelah berfoto kami sempat untuk naik ke atas bukit menyaksikan matahari terbenam dan melihat pemandangan dari atas puncak bukit di pulau Rinca ini. Sungguh pemandangan yang sangat langka.

Pemandangan dari atas pulau Rinca

Karena sudah sore maka kapal tetap bersandar di dermaga pulau Rinca ini. Ternyata banyak juga kapal yang memang sengaja bersandar di dermaga Pulau Rinca untuk bermalam. Nah kesempatan langka bagi saya bermalam di sebuah pulau yang bisa dibilang buas ini.

Cerita masih belum berakhir ikutin cerita selanjutnya ya. Jangan lupa untuk follow IG saya juga.

 

klik for info

Klik for info

klik for info

Klik for info

Klik for info

 

 

 

Iklan

One thought on “Pulau Rinca – Pulau Komodo

  1. Ping-balik: Pulau Padar, Kepulauan Komodo – Labuhan Bajo | Roda dan Roti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s