Air Terjun Cunca Wulang, Labuhan Bajo – Flores

Kemarin mendapat notif dari FB kalau bulan ini ada kenangan posting 1 tahun yang lalu pergi ke Hainan dan beberapa hari kemudian ada notif lagi tantang postingan 3 tahun lalu ke Hanoi. Nah sekarang saya juga sedang trip ke Labuhan Bajo.

Trus apa hubungannya? hehehe…… Hubungannya yaitu semua trip diatas berlangsung pada bulan October dan sama-sama saya dapatkan dengan harga yang super duper ngga masuk akal. Saya baru sadar setelah ada notif dari FB.

Nah kalo cerita Hainan tour murah kamu bisa klik disini dan cerita trip Hanoi Vietnam di sini. Sekarang saya cerita trip ke labuhan bajo dan kepulauan komodo ya.

Jadi ceritanya saya kali ini cukup beruntung karena terpilih mendapatkan perjalanan gratis 3 hari 2 malam ke kepulauan Komodo yang diadakan oleh grup Backpaker Nusantara dan Be Borneo Tour.

Supaya ngga rugi harga tiket pesawatnya jadinya saya bersama beberapa peserta menambah satu hari trip keliling Labuhan  Bajo dengan menyewa mobil di satu hari sebelumnya.

Karena ini trip tambahan jadinya peserta hanya 5 orang yang kebetulan datangnya pas di jam yang sama. Tujuan pertama yaitu air terjun Cunca Wulang. Dalam bahasa setempat cunca berarti air terjun sehingga banyak cunca-cunca lainnya di pulau Flores ini. Kebetulan salah satu yang cukup dekat dan cukup bagus adalah Cunca Wulang ini.

Perjalanan dari bandara menuju cunca wulang ini ditempuh sekitar 1 jam lebih. Jalan yang di lalui cukup terik dan berkelok-kelok. Untunglah kami akhirnya sepakat menyewa mobil, karena pada awalnya kami berniat untuk naik motor saja. Saran saya bagi yang tidak terbiasa naik motor sebaiknya mending sewa mobil saja karena sering kejadian turis terjatuh karena tidak menguasai medan jalan yang cukup curam dan berkelok-kelok.

Pukul 11 waktu setempat akhirnya kami tiba juga di Cunca Wulang. Untuk masuk di cunca wulang ini harga tiketnya tergantung jumlah peserta rombongan, semakin banyak rombongan semakin murah. Sesuai ketentuan, setiap rombongan harus disertai dengan minimal seorang guide penduduk lokal.

Setelah mobil di parkir, selebihnya kami harus berjalan kaki untuk menuju air terjun cunca wulang. Sebenarnya ngga terlalu jauh sih, cuma karena medannya naik turun jadinya kamu-kamu yang hendak kesini siap siap napas ya 😀 atau setidaknya siapkan fisik dari rumah hehehe……

Selama perjalanan ada dua jembatan gantung yang baru di buat, cukup membantu sih sehingga wisatawan yang hendak menuju air terjun ngga perlu susa-susah sampai harus turun ke sungai lagi.

Sekitar 15 menit kami berjalan dan tiba juga di lokasi. Untuk jalan masuk cukup mudah karena kebanyakan jalannya menurun sehingga lebih cepat sampai.

Kalo sudah sampai di lokasi jangan sampai ngga berenang ya, karena kamu bakal rugi. Sebaiknya persiapkan memakai baju renang mulai dari mobil, karena di lokasi ngga ada tempat ganti baju.

Bagi kamu yang berani lompat disana juga disediakan titik-titik tempat kamu melompat. Nah dibawah ini beberapa foto yang dapat kamu lihat betapa unik dan indah air terjun cunca wulang ini.

Jadi bila kamu sudah datang ke Labuhan bajo sebaiknya sekalian saja ke air terjun cunca wulang iki karena tidak terlalu jauh dari Labuhan Bajo, sekalian buang waktu sembari menunggu waktu sailing.

Foto foto silahkan di lihat di bawah ini ya dan di tunggu cerita destinasi lanjutannya.

Terima kasih untuk para sahabat baru saya Suwardi, Dicky, Syahban dan Lily yang udah saling support selama trip.

Harga tiket masuk Cunca Wulang

Pintu masuk Cunca Wulang

Jembatan gantung pertama

Jembatan gantung kedua yang sudah dekat air terjun

Air Terjun diambil dari atas jembatan

Cunca wulang di beberapa titik

 

Foto diambil di tengah sungai dengan berenang tentunya ya

Foto diambil dari jumping area

View this post on Instagram

Cunca Wulang Waterfall, salah satu lokasi wisata yang cukup dekat dengan Labuhan Bajo. . Dalam bahasa setempat cunca berarti air terjun sehingga banyak cunca-cunca lainnya di pulau Flores ini. Kebetulan salah satu yang cukup dekat dan cukup bagus adalah Cunca Wulang ini. #CuncaWulang #Cuncawulangwatefall #labuanbajo #komodoisland #waterfall #swimming #MerahPutih #travel #adventure #backpackernusantara #holiday #sunset #SunRise #TravelBlogger #TravelBlog #AyoPiknik #wonderfulindonesia #indonesiadestination #instatravel #travelgram #IGTravel #ig_travel #komodotrip #kompasnusantara #indonesiantourism #BenderaMerahPutih #photooftheday #PhotoStory

A post shared by Roda dan Roti Travel Blog (@rodadanroti) on

 

klik for info

Klik for info

Klik for info

Klik for info

 

 

5 thoughts on “Air Terjun Cunca Wulang, Labuhan Bajo – Flores

  1. Pingback: Goa Batu Cermin – Labuhan Bajo | Roda dan Roti

  2. Pingback: Pulau Kanawa, Kepulauan Komodo – Labuhan Bajo | Roda dan Roti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *