Goa Kek Look Tong, Ipoh – Malaysia

Kek Look Tong Cave Temple ini lokasinya paling dekat dengan kota, sehingga di rute perjalanan yang saya susun, saya letakkan pada urutan paling akhir. Karena apabila sudah terlalu sore pun Grab masih tetap ada, beda dengan Goa Tempurung yang sangat jauh. Sebenarnya saya sih ngga ada rencana ke tempat ini, cuma karena sejalan jadi apa salahnya, lagian waktu masih banyak daripada mubazir terbuang. Tapi ternyata tempai ini lebih bagus dari yang saya bayangkan.

Dari Kellies Castle perjalanan ditempuh sekitar 30 menit dengan biaya 20 RM pake Grab. Kek Look Tong ini adalah kuil atau klenteng yang terletak didalam goa alami yang banyak betebaran di seputaran Ipoh ini.

Cukup unik emang, karena dari depan tampak dinding batu yang tinggi menjulang dengan lubang alami yang sudah di modifikasi sehingga terdapat lantai dan tangga yang bagus. Didepan tampak beberapa patung Budha dan dewa-dewa. Rasanya goa ini masih hidup, karena dibeberapa titik masih terdapat tetesan-tetesan air yang membuat staglatit dan staglakmit. Jadi kita harus pandai-pandai melangkah supaya tidak terkena ranjau tetesan air dari atas hehehe.

Setelah melalui beberapa anak tangga dan ranjau air netes akhirnya kami sampai juga di pintu goa sisi dalam daaaaann dibalik gunung ternyata ada hamparan taman dan danau berisikan bunga teratai yang sangat luas. Unik dan indah memang Kek Look Tong Cave Temple ini. Kalo saya bilang seperti dalam film-film yang awalnya gelap dan kusam tapi setelah melewati goa ternyata terdapat sebuah taman atau pemandangan yang sangat indah.

Di taman belakang terdapat gazebo dan patung-patung Budha dengan berbagai posisi. Rupanya patung itu baru dibuat karena ada beberapa yang masih dalam tahap pengerjaan.

Enak sebenarnya duduk di gazebo sambil menikmati suasana sekitar apalagi saat kami datang tidak terlalu banyak pengunjung.

Oh ya, di lokasi ini tidak di pungut biaya alias gratis ya, cuma karena salah satu tempat ibadah maka kita harus tetap sopan dan menjaga aturan yang ada.

Bagi yang pengen tau secara visual bisa dilihat di chanel youtube kami ya, cuma ini saya ambilnya dari dalam keluar hehe.

Penampakan dari depan dan goa pertama

Halaman belakang dari Kek Look Tong

 

klik for info

Klik for info

klik for info

Klik for info

Klik for info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *